fbpx

Mobil adalah kendaraan roda empat favorit. Fungsinya yang mumpuni sebagai alat transportasi, pengangkut barang, bahkan sebagai investasi. Supaya fungsinya lebih maksimal, perawatan maksimal pun harus dilakukan.

Kalau mobil yang dimiliki warnanya sudah pudar karena terlalu sering terpapar sinar matahari saat diparkir di luar ruangan, atau tidak ditutup dengan cover mobil saat dibiarkan dalam jangka waktu yang lama di luar ruangan, sebaiknya segera make over penampilan luarnya dengan cara mengecat mobil sendiri.

Bisakah mengecat mobil sendiri? Sangat bisa! Selain bisa mengontrol kualitas cat yang digunakan, pemilik mobil bahkan bisa menghemat biaya pengecatan alat transportasi tersebut.

Sebelum mulai mengecat, persiapkan hal-hal sebagai berikut:

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Pertama, persiapkan waktu. Pekerjaan mengecat bisa memakan waktu mulai dari beberapa hari hingga beberapa akhir pekan, jadi menemukan lokasi untuk dijadikan gudang atau garasi — atau sesuatu yang terlindung dari elemen lain seperti debu – debu yang beterbangan— adalah nilai tambah yang menguntungkan.  

Setelah waktu dan gudang atau lokasi yang terlindung, hal lain yang diperlukan adalah

#1 CAT

Cat mobil berbeda dengan cat tembok apalagi cat kayu. Meskipun demikian, cat mobil masih bisa dibeli di toko khusus cat. Tapi, kalau menginginkan hasil yang lebih maksimal, belilah cat mobil di toko – toko khusus eksterior mobil.

Jangan ragu untuk menanyakan bagaimana cara menggunakan cat tersebut supaya hasil dari cara mengecat mobil bisa lebih maksimal.

Jenis – jenis cat yang bisa digunakan untuk mengecat mobil adalah:

Nitro cellulose ( biasa digunakan untuk truk, dan kendaraan niaga. Jenis cat adalah cepat kering tapi tidak mengilap ).

Poly urethane ( sulit kering, harus dioven, hasil sangat kinclong, tahan goresan dan ekselen.)

Lacquer ( murah, cepat kering, warna cepat pudar)

#2 AMPLAS

  • Amplas basah
  • Amplas kering
  • Amplas listrik

Ukuran amplas kering yang digunakan adalah amplas 1500 dan 2000.

#3 Selotip

Selotip yang biasa digunakan sebagai bagian dari cara mengecat mobil adalah selotip yang tidak meninggalkan bekas pada permukaan body mobil.  

#4 Kompresor udara dan pistol semprot

Pistol semprot atau spray gun dan kompresor alat untuk meratakan cat saat melakukan pengecatan permukaan mobil. Peralatan in sangat wajib karna cara mengecat mobil tidak mungkin menggunakan kuas untuk mengecat mobil yang diiniginkan.

#5 Koran

Bahan habis pakai satu ini terlihat sederhana dan sepele. Tapi, sebenarnya, kegunaannya sangat besar lho. Jika sebuah mobil akan dicat dengan berbagai warna, misalnya, koran ini digunakan untuk menutup permukaan yang tidak menjadi sasaran warna tertentu.

Kalau di rumah tidak berlangganan koran, belilah kiloan di toko loak. Mereka akan menjual koran bekas dengan senang hati.

#6 Koran Masker wajah

Peralatan ini adalah bagian dari Keselamatan pada Lingkungan Kerja. Jangan sampai karna ngebet ingin punya mobil dengan suasana eksterior baru atau ingin terlihat hype, malah mengabaikan kesehatan organ dalan seperti paru-paru dan kawan-kawannya.

Jadi, walaupun wajah ganteng jadi tertutup masker, paling tidak paru-paru yang di dalam tubuh masih sehat, badan sehat, dan bisa mengendarai mobil hasil dari cara mengecat mobil sendiri dengan lebih nyaman.

#7 Kacamata pengaman

Sama seperti masker wajah, kacamata pengaman adalah bagian penting dalam eksekusi cara mengecat mobil.

Fungsinya? Untuk melindungi mata, tentu saja, supaya mata lebih terlindung dari partikel cat yang keluar saat disemprotkan dari pistol semprot yang bisa jadi berbahaya untuk kesehatan mata.

BACA LAGI  Apabila Anda Menggunakan Selimut Mobil, Hindari Beberapa Hal Berikut ini

#8 Pengencer cat

Fungsi dari cairan ini adalah untuk mengencerkan cat supaya mudah disemprotkan dengan pistol penyemprot. Selain itu, supaya hasil cat bisa lebih dikendalikan tebal tipisnya. Pengencer cat ini dapat dibeli bersama dengan cat mobil. Jangan lupa tanyakan cara menggunakan pengencer cat tersebut kepada penjual cat.

#9 Dempul

Dempul adalah adonan untuk menutup bagian yang berlubang untuk membuat permukaan body mobil menjadi lebih rata.

#10 POXY atau Epoxy

Poxy atau epoxy adalah cairan yang disemprotkan setelah bagian mobil yang didempul, setelah diamplas, sebelum dicat.

Ada hal lain yang diperlukan seperti ekstraktor debu. Tapi jika dirasa bisa menjaga kebersihan ruangan tempat pengecatan, ekstraktor debu tidak diperlukan lagi.

Kok jadi lebih mahal dan ribet, ya?

Sebenarnya tidak. Peralatan cara mengecat mobil sendiri ini masih bisa dipakai lain waktu. Tinggal cat, pengencer, dan amplas basah dan kering saja yang dibeli berulang kali. Tergantung  berapa kali mobil akan gonta-ganti warna cat.

Setelah peralatan utama dan pendukung terkumpul, sekarang waktunya cara mengecat mobil dari awal sampai akhir:

  • Sebelum semuanya dimulai, alangkah baiknya untuk mendesain eksterior mobil terlebih dahulu. Hal ini sangat penting karena jika tidak direncanakan terlebih dahulu, justru akan menambah biaya karna ketidak-tahuan mau dibawa ke mana desain luar mobil.

Perencanaan juga penting untuk menentukan langkah – langkah pengerjaan pendesainan mobil.

  1. Bersihkan mobil dari debu dan kotoran yang menempel
  2. Beri tanda bagian mobil yang tergores, tergesrek, atau bahkan dekok atau penyok. Apabila ada bagian luar mobil yang penyok, leboh baik dibetulkan terlebih dahulu sebelum dicat ulang.
  3. Untuk bagian luar mobil yang tidak rata, gunakan dempul untuk membuat permukaan body mobil kembali rata seperti semula. Pengaplikasian dempul harus benar-benar merata dan diberi penekanan saat melakukan pendempulan supaya dempul menempel dan menutup bagian yang tidak rata.
  4. Setelah didempul, biarkan dempul kering lalu diamplas menggunakan amplas kasar untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan lalu menggunakan amplas halus, untuk memperhalus permukaan. Setelah itu, amplas lagi permukaan mobil kali ini ditambah menggunakan air.
  5. Setelah dempul benar-benar kering, lanjutkan dengan step ini dengan penyemprotan Poxy kemudian diamplas lagi menggunakan air sehingga permukaan tampak halus dan rata.
  6. Step selanjutnya adalah pengecatan mobil. Untuk jenis cat yang digunakan adalah cat duco. Campurkan cat dengan pengencer kemudian cat tersebut dituang pada spray gun atau pistol semprot.

Perbandingan cat dan pengencer dapat menggunakan perbandingan 1:2 untuk cat yang sangat kental. Jika cat mobil sudah encer, maka gunakan perbandingan 1:1.

  • Semprotkan cat perlahan dengan intensitas stabil supaya hasil semprotan tidak memblok pada bagian tertentu dan tidak terlalu tebal sehingga warna mobil bisa bagus dan cantik.
  • Setelah pengecatan selesai, keringkan mobil sekering-keringnya.
  • Setelah cat mobil kering, lakukan varnishing yaitu dengan cara mencampur varnish clear dengan harderner.
  • Setelah campuran varnish selesai, lakukan pengecatan lagi, sekarang dengan menggunakan varnish.
  • Keringkan lagi lalu poles permukaan mobil supaya hasil lebih kinclong dan maksimal.

Mudah, kan, cara mengecat mobil? Selain bisa menekan biaya pengecatan, melakukan kegiatan seperti ini dapat melepas stress dari rutinitas sehari – hari. Jadi, tunggu apalagi? Mobil di garasi sudah menunggu untuk berganti warna baru.

Tips tambahan untuk pemula yang ingin melakukan cara mengecat mobil sendiri, pastikan tangan  terbiasa melakukan gerakan pengecatan menggunakan gun spray supaya hasil pengecatan tidak mengkerut.Bagi pemula dapat latihan menggunakan gun spray pada media lain yang mirip dengan permukaan mobil dengan menggunakan cat mobil sebagai pengisi gun spray tersebut.