Penampilan mobil memancarkan kepribadian pemiliknya. Jadi jika mobil Anda nampak bersih dan terawat, maka orang yang melihat bisa merasakan kepribadian Anda yang teratur dan menyenangakan. Penampilan ini bukan berarti harus ditampilan lewat mobil yang mahal, tetapi mobil yang terawat. Salah satunya adalah kaca mobil yang memang paling rawan kotor.

Anda tentu sering melihat di jalan berseliweran mobil dengan kaca yang sangat kotor hingga kita bisa menuliskan sesuatu di atas kaca tersebut. Keadaan seperti ini bukan hanya mengurangi keindahan tetapi juga bisa mengurangi performa kaca itu sendiri. Bukan hanya karena pandangan berkurang, tetapi juga bisa menimbulkan goresan.

Maka dari itu, perawatan kaca mobil menjadi salah satu perawatan yang kerap kali dipilih oleh para pemilik mobil. Anda bisa melakukan pembersihan kaca lewat jasa di bengkel maupun mengerjakannya sendiri.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Langkah Membersihkan Kaca Mobil

Membersihkan Bagian Luar Kaca Depan Mobil

Apabila Anda ingin membersihkan kaca mobil, maka hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mengangkat penyeka atau wiper. Pastikan dahulu area di bawah wiper tersebut sudah bersih sebelum Anda menyemprotkan cairan pembersih kaca. Jika sudah, Anda dapat menyemprotkan cairan pembersih kaca secara menyeluruh.

Anda dapat membersihkan dari sisi kanan maupun sisi kiri terlebih dahulu. Hanya saja, pastikan seluruh area kaca mendapatkan semprotan cairan pembersih tersebut. Anda dapat menyemprotkan hingga lima kali semprotan untuk kaca dengan penampang yang luas.

Selalu gunakan kain bersih yang memiliki permukaan halus dan daya serapnya tinggi, untuk hasil terbaik gunakan kain mikrofiber. Untuk melakukan pembersihan kaca, lakukan gerakan vertikal lurus. Lakukan dari ujung atas ke ujung bawah dalam usapan searah. Lakukan cara ini hingga seluruh permukaan kaca sudah Anda bersihkan.

Jangan membersihkan kaca dengan gerakan melingkar, hal ini memperbesar kemungkinan timbulnya goresan karena kotoran yang ada di kaca. Lakukan gerakan melingkar hanya untuk proses finishing.

Ketika proses pembersihan menggunakan semprotan cairan sudah selesai, lakukan proses pengkilapan kaca dengan menggunakan kain mikrofiber yang baru. Lakukan proses ini dengan gerakan melingkar dari satu sisi ke sisi yang lain hingga seluruh permukaan kaca terjangkau semuanya.

Membersihkan Sisi Dalam Kaca Mobil

Jika kaca luar sudah berhasil dibersihkan, maka ini saatnya membersihkan kaca di bagian dalam. Terkadang banyak pemilik mobil yang malas melakukan kegiatan ini karena dianggap tidak terlalu penting. Padahal, kaca yang kotor bukan hanya terjadi di bagian luar saja. Tentunya percuma jika kaca luar sudah bersih namun kaca dalam masih kotor. Jarak pandang Anda pasti akan tetap berkurang.

Sebelum menyemprotkan cairan, alasi dashboard Anda dengan kain mikrofiber, sehingga tidak ada cairan yang akan mengotori dashboard. Untuk kaca bagian dalam, Anda dapat menggunakan spons untuk membersihkannya. Anda dapat memulai pembersihan kaca ini dari sisi kiri atas. Lakukan gerakan lurus ke bawah seperti ketika Anda membersihkan kaca bagian luar.

Kerjakan semua proses ini hingga mencapai sisi kanan dan keseluruhan kaca sudah dibersihkan. Setelah selesai, Anda dapat menggunakan kain mikrofiber bersih untuk mengelap sisa cairan yang ada di kaca dan juga berfungsi untuk mengkilapkan kaca. Lakukan dengan gerakan melingkar.

Merencanakan Pembersihan Kaca Depan Mobil

Sebelum melakukan pembersihan, maka hal yang harus dilakukan adalah memilih cairan pembersih yang terbaik. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih produk adalah melihat komposisi. Jangan pilih produk yang memiliki kandungan amonia yang pekat. Sifat dari bahan ini malah dapat memudarkan warna kaca. Jika kaca mobil Anda termasuk dalam jenis yang berwarna maka pilihlah carian yang ramah terhadap kaca berwarna.

Proses pembersihan kaca mobil adalah proses terakhir yang harus Anda lakukan setelah proses lainnya. Hal ini agar proses pembersihan badan mobil, maupun pemolesan dan pelapisan lilin tidak akan meninggalkan noda yang dapat mengotori kaca mobil.

Lakukan pembersihan kaca pada area yang tepat. Anda dapat melakukannya di area terbuka, hanya saja jangan ketika matahari sedang terik karena cairan pembersih bisa cepat menguap yang malah nantinya menghasilkan water spot. Jika mobil sudah selesai dibersihkan, maka jangan lupa menggunakan cover mobil anti air ketika menyimpan mobil di garasi.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!