Cover mobil memiliki berbagai macam bahan dari yang biasa hingga yang premium kualitasnya. Secara garis besar dibagi menjadi 2 jenis mendasar yaitu cover mobil dengan bahan serat sintesis. Yang kedua adalah cover mobil bahan fabric yang memiliki sifat dan karakter berbeda dari cover berbahan serat sintetis seperti poliester atau parasut dan lainnya.

Yang dimaksud dengan bahan fabric adalah bahan yang terbuat dari kain bukan kulit. Cover mobil dari bahan fabric sebenarnya memang lebih pas untuk penggunaan indoor karena sifat anti airnya yang tidak terlalu baik. Akan tetapi ternyata cukup banyak juga pemilik kendaraan yang lebih memilih bahan fabric dibandingkan dengan cover bahan sintetis.

Mungkin anda termasuk yang bingung akan lebih memilih cover mobil dari bahan yang mana. Agar tidak ragu dalam memilih, ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan cover mobil bahan fabric seperti berikut ini.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Kelebihan Cover Mobil Bahan Fabric

Mudah Untuk Dicuci Dan Disimpan

Karena digunakan sebagai penutup bodi mobil maka cover mobil rawan terkena kotoran. Beberapa orang pemilik kendaraan mungkin risih dengan kotoran yang menempel pada cover mobilnya, sehingga sering mencucinya. Cover mobil bahan fabric karena terbuat dari kain maka akan lebih mudah untuk dicuci kemudian juga lebih mudah cara melipatnya untuk disimpan.

Lebih Aman Tidak Mudah Menggores Permukaan Cat Mobil

Bahan sintetis seringkali memiliki permukaan tidak selembut dan sehalus bahan fabric yang cenderung lebih empuk. Permukaan cover mobil yang lebih empuk akan lebih aman bagi permukaan cat mobil dalam jangka waktu yang lama, karena cat tidak akan mudah tergores oleh cover mobil itu sendiri.

Permukaan Lebih Berpori

Untuk mobil yang lebih sering diparkir di dalam ruangan atau indoor memang sebaiknya menggunakan cover dari bahan fabric. Kelebihan bahan fabric adalah memiliki permukaan yang berongga dan berpori sehingga uap dan panas yang berasal dari dalam mobil atau mesin mobil bisa dikeluarkan dengan baik.

Meskipun lebih disarankan untuk pemakaian indoor tetapi beberapa merk cover mobil terkenal juga mengklaim bahwa cover mobil bahan fabric produknya bisa digunakan untuk pemakaian outdoor. Tentunya dengan risiko yang sudah diperhitungkan sebelumnya.

BACA LAGI  Mesin Cortez 1.5L Berbeda dengan Confero? Ini Penjelasannya

Tidak Mudah Robek

Bahan fabric terutama yang premium biasanya selain memiliki permukaan yang empuk dan halus yang akan melindungi permukaan cat mobil dari goresan juga memiliki tekstur bahan yang kuat. Hal ini membuat cover mobil jenis ini akan lebih awet tidak mudah robek jika dibandingkan dengan bahan sintesis terutama yang harganya murah.

Kekurangan Cover Mobil Bahan Fabric

Sebagaimana sisi mata uang maka hampir semua hal selalu memiliki sisi kelebihan dan kekurangan masing-masing begitupun dengan cover mobil bahan fabric tersebut. Adapun kekurangan bahan fabric adalah sebagai berikut :

Mudah Menyerap Air

Sifat dasar kain memang menyerap air sehingga kemampuannya dalam menahan air kurang begitu baik. Itulah kenapa cover bahan fabric kurang direkomendasikan untuk penggunaan outdoor apalagi full outdoor.

Debu Dan Kotoran Lebih Mudah Menempel

Karena permukaan dari cover bahan fabric tidak licin seperti pada permukaan cover mobil bahan sintetis maka debu dan kotoran yang mengenainya akan lebih mudah menempel di permukaan cover. Jika tidak sering dibersihkan atau dicuci lama-lama bisa merusak dan mengganggu kualitas dari cover mobil tersebut.

Harga Yang Relatif Lebih Mahal

Mayoritas cover mobil bahan fabric dijual dengan harga yang lebih mahal dari bahan sintetis meskipun hal tersebut tidak mutlak tergantung juga pada kualitas kainnya.

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan bahan fabric yang digunakan sebagai pembuat cover mobil maka anda akan lebih mudah memutuskan cover mobil jenis yang manakah yang lebih sesuai dengan kebutuhan kendaraan anda. Memang tidak ada sesuatu yang sempurna termasuk dalam bahan pembuat cover mobil.

Dalam beberapa referensi disebutkan bahwa cover mobil bahan fabric lebih cocok untuk pemakaian indoor tetapi beberapa merk juga berani memberikan jaminan bahwa bahan fabric pada cover mobil buatannya aman digunakan untuk luar ruangan atau indoor. Untuk lebih meyakinkan kebenarannya tidak ada salahnya jika bertanya kepada mereka yang lebih paham dan menguasai tentang hal ini.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!