Bagi pemilik mobil tentunya kondisi dari kendaraan roda empat tersebut menjadi hal yang penting. Terlebih jika mobil tersebut merupakan sarana transportasi yang Anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Tentunya akan sangat menyebalkan jika tiba-tiba mobil mogok saat akan digunakan atau sedang berada di tengah jalan. Hal yang paling umum terjadi adalah adanya bagian komponen atau onderdil pada mobil yang tidak berfungsi sebagaimana harusnya.

Selama ini mungkin Anda hanya memperhatikan rem dan aki saja sehingga untuk onderdil mobil yang lainnya sering lupa melakukan perawatan atau penggantian sampai terjadinya masalah.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Masing-masing mobil memang memiliki spesifikasi sehingga awet dan tidaknya onderdil akan dipengaruhi oleh spesifikasi dari kendaraan tersebut. Selain itu umur dari onderdil juga dipengaruhi oleh intensitas penggunaan kendaraan roda empat tersebut. Mobil yang lebih sering dipakai maka wajar jika onderdilnya akan cepat aus.

Untuk menghindari mobil tiba-tiba mogok pada saat digunakan maka ada beberapa bagian atau onderdil pada kendaraan yang harus diganti secara rutin. Onderdil mobil tersebut antara lain adalah :

Onderdil Mobil Yang Secara Berkala Harus Diganti

Penyaring Pada Oli Mesin

Onderdil penyaring pada oli mesin ini sesuai namanya memiliki fungsi untuk menyaring oli sebelum oli masuk ke dalam sistem mekanis untuk pelumasan mesin. Idealnya penyaring oli mesin ini diganti setahun 2x atau saat kendaraan sudah menempuh jarak sebanyak 4500 hingga 7500 kilometer.

Karet Wiper

Cara membersihkan kaca mobil bagian depan pada saat mobil dalam perjalanan adalah dengan wiper. Wiper berfungsi sebagai pengering atau penyapu air yang jatuh dan menempel pada kaca mobil.

Fungsi wiper ini bisa sangat urgen pada saat musim hujan karena jika wiper tidak berfungsi dengan baik maka akan mengganggu pandangan Anda ke jalan dan kendaraan lainnya.

Kurang bagusnya kualitas wiper bisa menjadi penyebab kecelakaan yang fatal. Untuk itu agar wiper bisa secara maksimal membersihkan kaca mobil maka karet pada wiper atau disebut dengan wiper blade harus secara rutin diganti. Minimal 2 tahun sekali gantilah wiper blade atau karet wiper pada mobil Anda.

Filter Atau Penyaring Udara

Untuk mencegah masuknya debu dan kotoran lainnya yang berasal dari luar maka pada mobil dipasang onderdil yang disebut penyaring udara. Fungsinya adalah untuk mencegah kotoran masuk ke dalam sistem pembakaran dari kendaraan sehingga akan mengganggu dan mengurangi performa dari mesin.

Mirip dengan fungsi penyaring udara pada AC ruangan yang jika sudah berumur cukup lama dan tidak dibersihkan maka sistem outputnya akan terganggu. Pada mobil jika penyaring udara tidak diganti setelah sekian lama pemakaian maka kotoran yang menempel pada saringan tersebut akan membuat sedikit demi sedikit kotoran masuk ke dalam mesin mobil.

Kalau ini terjadi dan dibiarkan saja maka mesin mobil akan menjadi lebih cepat panas. Mesin yang cepat panas akan membuat onderdil lainnya cepat aus dan tentu saja akan menjadi lebih boros bahan bakar. Lakukan penggantian filter atau penyaring udara setidaknya selama 4 tahun sekali.

Kanvas Rem

Rem adalah onderdil atau komponen kendaraan yang sangat vital. Banyak kecelakaan fatal akibat rem yang tidak berfungsi dengan baik atau blong. Yang perlu diingat bahwa kampas rem pada jenis mobil dengan bodi yang besar akan lebih cepat aus dibandingkan dengan kanvas rem pada mobil berbodi kecil.

Penggantian kanvas rem yang ideal adalah sekitar 3 tahun dan jangan lebih dari 5 tahun. Atau saat mobil telah memiliki jarak tempuh 50.000 – 105.000 kilometer.

Ban Mobil

Ban mobil juga merupakan bagian yang harus diperhatikan dan diganti secara berkala. Permukaan ban yang sudah aus akan menjadi licin dan tentunya akan sangat membahayakan pengendara mobil apalagi saat musim hujan.

Sebaiknya ganti ban mobil maksimal setiap 7 tahun sekali meskipun tidak semua ban memiliki waktu penggantian yang sama. Umur dari ban juga dipengaruhi oleh merk ban itu sendiri dan bagaimana cara Anda mengemudikan mobil selama ini.

Aki Mobil

Untuk penggunaan kendaraan yang normal dan pada suhu yang tidak terlalu panas aki bisa tahan hingga 5 tahun. Tapi karena peran aki ini sangat penting pada mobil maka sebaiknya ganti aki setelah pemakaian selama 2-3 tahun.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!