Perjalanan jauh dengan menggunakan mobil tentunya menjadi hal yang banyak ditemui di sekitar kita. Selain mampu menampung banyak orang, perjalanan jauh dengan mobil ini dapat melindungi kita dari berbagai serangan cuaca yang menerpa selama perjalanan.

Banyak sekali orang yang lupa untuk merawat kondisi mobil mereka setelah melakukan perjalanan jauh. Padahal hal ini menjadi sebuah hal penting untuk mengembalikan kondisi mobil seperti semula. Bagaimana cara untuk menyegarkan kembali kondisi mobil setelah melakukan perjalanan jauh? Berikut penjelasannya.

Perawatan Mobil Yang Benar Setelah Digunakan Untuk Perjalanan Jarak Jauh

Cuci Sampai Bersih

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Perawatan pertama yang dapat Anda lakukan setelah melakukan perjalanan jauh dengan mobil Anda ialah dengan mencuci bagian mobil secara keseluruhan mulai dari kolong mobil, bodi mobil, mesin, jok mobil hingga ke seluruh bagian interior mobil untuk menjaga kenyamanan pemakaian di waktu yang akan datang. Usai dicuci, ada baiknya pula mobil ditutup dengan cover mobil supaya lebih awet.

Pada saat melakukan pembersihan secara mendetail atau di saat mobil diangkat maka lakukan pengecekan dengan cermat dan teliti. Adapun bagian yang harus diawasi terutama di bagian kaki-kaki dan juga berbagai tempat yang dimana terdapat bekas rembesan oli.

Saat melakukan perjalanan jauh biasanya kita sering kali melintasi sebuah jalan yang memiliki kondisi berlubang atau dengan kondisi yang bisa dibilang kurang baik untuk dilewati. Hal ini tentunya membuat beberapa komponen kaki-kaki menjadi rusak dan akhirnya membutuhkan pergantian komponen. Oleh karena itu, Anda bisa memeriksanya di tempat pencucian mobil sebelum dibawa ke bengkel terdekat.

Bagi Anda yang sangat memperhatikan mengenai tampilan cat serta bodi pada mobil maka setelah proses pencucian mobil maka Anda akan lebih mudah untuk mengamati apakah terdapat goresan pada cat mobil atau tidak. Perjalanan yang jauh dengan berbagai kondisi yang dilalui tentunya dapat dengan mudah meninggalkan sebuah bekas yang menyebabkan mobil kurang enak dipandang.

Ganti Oli

Oli biasanya menjadi bagian atau komponen yang sering kali diganti oleh mayoritas orang apabila mobil akan digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Akan tetapi, sebagian besar orang justru lupa untuk mengganti oli setelah melakukan perjalanan jauh dengan mobil mereka. Padahal selama perjalanan jauh tersebut kinerja dari mesin mobil telah bekerja dengan cukup keras.

Contoh kasusnya saja jika Anda mengganti oli setiap menempuh jarak 5.000 km dan total perjalanan pulang pergi Anda menempuh jarak 3.000 km maka kemungkinan terasa pelumas atau oli yang masih dapat digunakan sekitar 1.500 atau 2.000 km lagi. Namun, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal seperti macet karena pada saat berhenti maka oli pada mesin mobil akan tetap bekerja.

Periksa Rem Dan Kopling Mobil

Memeriksa rem dan kopling mobil ini menjadi salah satu hal yang harus dilakukan setelah melakukan perjalanan jauh. Perjalanan jauh dengan kecepatan yang cukup tinggi serta ditambah kondisi lalu-lintas yang macet akan membuat kopling semakin menipis. Meskipun masih bisa untuk dipakai lagi namun ada baiknya Anda tetap memeriksa bagian tersebut untuk keamanan perjalanan Anda.

Spooring Di Bagian Roda

Tak dapat dipungkiri bahwa saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil pasti Anda sudah menghantam sebuah lubang maupun batu di jalan. Untuk menambah kenyamanan dan tentunya supaya tidak bertambah semakin parah maka ada baiknya Anda melakukan spooring pada bagian roda mobil. Sebelum itu, pastikan Anda telah memeriksa kondisi di bagian kaki-kaki mobil.

Cek Berbagai Cairan Lain

Adapun cairan yang perlu dicek kondisinya setelah perjalanan jauh ialah oli transmisi, wiper, radiator serta minyak rem. Anda tidak akan pernah tahu mengenai apa saja yang telah terjadi pada berbagai komponen pada kap mesin mobil setelah perjalanan jauh. Jangan sampai hanya karena Anda lupa mengecek kondisi bagian tersebut membuat aktivitas sehari-hari Anda menjadi terganggu.

Tone Up

Apabila Anda telah memeriksa seluruh bagian atau komponen mobil secara menyeluruh maka jangan lupa untuk melakukan tone up secara rutin. Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dapat mengembalikan kondisi mobil supaya siap digunakan kembali.

Nah, itulah berbagai cara untuk merawat mobil Anda setelah digunakan untuk perjalanan jauh. Perawatan ini tentunya menjadi hal yang sangat penting mengingat saat perjalanan jauh ini mobil mengalami proses kerja yang lebih dibandingkan saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Tentunya dengan adanya perawatan ini mampu mengembalikan kondisi mobil menjadi siap digunakan kembali.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!