fbpx

Jenis Jenis Karpet Mobil dan Tips Memilih Karpet Mobil

by | Dec 8, 2018 | Karpet Mobil

Karpet mobil mau tidak mau menjadi salah satu komponen penting di dalam mobil. Mekipun letaknya di bawah, karpet ini sangat berguna. Selain untuk mempercantik interior mobil, karpet juga berfungsu untuk menghalau kotoran dari pengemudi dan penumpang. Kotoran dari alas kaki tidak langsung mengenai mobil tapi mengenai karpet mobil.

Hal ini tentu tidak menjadi masalah karena karpet mobil mudah pencuciannya. Anda hanya perlu melepaskannya lalu mencuci seperti pencucian pada umumnya. Setelah selesai tinggal dikeringkan dan digunakan kembali. Karpet mobil ternyata juga dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsi dan bahan pembuatnya. Apa saja jenis yang dimaksud? Simak penjelasan di bawah ini.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Karpet Mobil Universal

Penjelasan pertama tentang karpet mobil universal. Karpet mobil universal sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti yang akan dijelaskan berikut ini. Sebenarnya tidak hanya karpet universal. Hampir semua karpet mobil memiliki jenis yang akan disebutkan. Jenis karpet yang dimaksud dibedakan berdasarkan fungsinya.

– Karpet Mobil Dasar

Karpet mobil dasar merupakan karpet mobil yang melingkupi dasar mobil. Jika tidak ada karpet dasar, maka lempengan plat lantai mobil akan terlihat. Karpet dasar ini biasanya terbuat dari bahan fabric. Karpet fabric ini akan sangat dijaga kebersihannya karena harganya yang cukup mahal. Bentuknya pun dibuat sesuai dengan alas mobil.

Karpet mobil dasar biasanya termasuk dalam barang bawaan jadi saat Anda membeli mobil, karpet sudah ada. Namun ada juga yang tidak. Sehingga Anda juga bisa menggantinya dengan membeli karpet yang baru. Nanti penjual akan memasangkannya di mobil Anda dan membuat pola karpet. Pola karpet yang telah didapat nantinya dipotong baru kemudian dipasang di mobil Anda.

Sebenarnya jarang ada yang membeli karpet mobil dasar. Para pemilik mobil biasanya membeli karpet pelapis yang bentuknya berupa potongan-potongan yang tinggal diletakkan di bagian bagian tertentu. Untuk pembahasan selanjutnya khusus tentang karpet pelapis.

– Karpet Pelapis

Karpet pelapis ini berfungsi untuk melindungi karpet yang di bawahnya. Mengapa? Karena membersihkannya lebih mudah dibanding karpet di bawahnya. Karena bentuknya potongan-potongan, tidak menyatu maka membersihkannya sangat gampang. Anda hanya perlu mengambilnya, mencuci, mengeringkan, dan mengembalikan karpet mobil ke dasar mobil.

Material yang digunakan untuk membuat karpet mobil pelapis sangatlah banyak seperti wol karet, karet, plastik, kulit sintetis, dan masih banyak bahan lainnya. Bahan yang dipilih merupakan bahan yang mudah dibersihkan. Ada sebenarnya bahan yang tidak mudah dibersihkan karena memang dibuat untuk hiasan saja. Karpet yang demikian hanyalah mementingkan nilai seninya.

Bentuk karpet mobil pelapis juga banyak macamnya. Ada yang dibuat garis-garis, totol-totol, dan lain sebagainya. Bentuk motif tersebut biasanya dibuat agar kotoran mudah dari alas kaki mudah nyangkut di karpet sehingga tidak mengotori alas mobil. Semakin kasar alas karpet, semakin mudah kotoran di alas kaki luruh.

Jenis Karpet Mobil

Sebelumnya telah dibahas berbagai jenis karpet mobil berdasarkan fungsinya yaitu karpet dasar dan karpet pelapis. Untuk kali ini akan dibahas khusus tentang jenis karpet mobil berdasarkan bahan yang digunakan. Karpet mobil yang dimaksud disini adalah karpet mobil pelapis, bukan yang dasar. Langsung saja, berikut berbagai jenis karpet mobil berdasarkan bahan pembuatnya.

– Karet asli

Bahan pertama yang sering digunakan untuk membuat karpet mobil yaitu bahan karet asli. Karpet dari bahan karet ini tentu mudah dibersihkan. Kelebihan lainnya terletak di keawetannya. Karena dari karet asli, maka karpet akan tahan lama. Untuk harganya, karpet karet ali biasanya tergolong sangat mahal. Namun, hal tersebut wajar karena memang kualitasnya yang bagus dan tak tertandingi.

– Karet sintetis

Selain karet asli, ada juga karpet mobil yang terbuat dari bahan karet sintetis. Karet sintetis ini banyak diminati karena memang mudah dibersihakan dan harganya tentu tergolong murah. Bentuk yang disediakan pun banyak, Anda bisa memilih yang Anda suka.

Bahan karpet mobil dari karet sintetis juga nyaman digunakan karena tidak bau. Mungkin hanya bau di awal pembelian. Setelah digunakan beberapa kali dan dicuci, karpet dari karet sintetis ini tidak akan bau. Beberapa karpet bahkan akan menyerap bau kaki yang menggunakannya dan menyebarkannya. Nah hal tersebut tidak berlaku untuk karet sintetis. Jika penumpang Anda memiliki bau kaki dan meletakkan kakinya di karpet karet sintetis, maka baunya tidak akan tersebar ke seluruh bagian mobil.

– PVC

Ada juga karpet mobil yang terbuat dari bahan PVC. Karpet yang terbuat dari bahan satu ini tidak memiliki bau yang menyengat sehingga bau di mobil tetap segar seperti biasanya. Anda tentu tidak mau mobil Anda dipenuhi bau yang tidak sedap bukan? Karpet dari PVC ini juga memiliki berbagai macam pilihan mulai dari yang desainnya biasa hingga yang desainnya keren. Ada juga pilihan terkait komposisi PVC nya, ada yang 100 persen ada pula yang tidak. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Bahan Kain

Ada juga karpet mobil yang terbuat dari bahan kain. Karpet satu ini tentu lebih murah dibanding karpet yang lainnya. Untuk karpet dari bahan kain biasanya tetap digabungkan dengan bahan lain seperti karet sintetis. Karet sintetis digunakan sebagai alas sedangkan kainnya untuk bagian atas. Pencuciannya memang tidak semudah karpet karet tapi untuk nilai seninya lebih tinggi.

Karpet dari bahan kain bernilai seni lebih tinggi karena bisa dibentuk model apapun yang bagus dan cantik. Karpet jenis ini sangat cocok bagi mereka yang sangat peduli dengan desain interior mobil. Karpet kain bisa mempercantik interior mobil. Beberapa produsen bahkan memproduksi karpet yang bergamabar karakter lucu. Karpet mobil dengan desain tersebut ditujukan untuk konsumen anak-anak.

– Campuran berbagai bahan

Selain menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas, berbagai produsen juga mencampurkan berbagai bahan saat pembuatan karpet mobil. Salah satu campuran bahan sudah dijelaskan di atas yaitu penggunaan karet dan kain. Namun, karpet kain tidak sepenuhnya dicampur, karena hanya ditumpuk pembuatannya.

Bahan yang benar-benar dicampur biasanya yaitu karet asli dengan karet sintetis ataupun PVC dengan bahan lainnya. Pencampuran bahan ini dilakukan untuk menghemat bahan dan juga memperkuat daya tahan karpet mobil. Harga yang dibanderol untuk karpet dengan bahan campuran sangat beragam tapi tergolong murah.

Oleh karena itu, ada beberapa bahan yang digunakan untuk membuat karpet mobil. Dari berbagai bahan tersebut, yang sering digunakan adalah karet sintetis dan PVC. Kedua jenis bahan tersebut menawarkan harga yang cukup merakyat, ada yang murah, ada pula yang mahal. Anda bisa memilih sesuai budget yang Anda miliki.

Harga Karpet Mobil Sedan

Berbicara mengenai harga, tidak ada yang bisa menyangkal bahwa harga mempengaruhi kualitas. Semakin tinggi harga, semakin berkualitas suatu produk. Hal tersebut tentu berlaku pada karpet mobil. Semakin mahal karpet mobil, semakin bagus dan tahan lama karpet yang dimaksud. Banyak juga yang bilang bahwa perawatanlah yang mempengaruhi tahan lamanya karpet.

Hal tersebut juga benar tapi kan jika disamakan beberapa faktornya, kualitas karpet mobil yang mahal jauh di atas dibanding karpet mobil yang sangat murah. Terlepas dari hal tersebut, cara memilih karpet mobil lah yang bisa dijadikan faktor utama. Saat ini banyak tindakan curang. Bisa jadi penjual tempat Anda membeli menawarkan harga mahal untuk karpet yang murah,jadi berhati-hatilah jangan sampai Anda tertipu.

Berikut ini disajikan tips memilih karpet mobil yang baik dan berkualitas. Semakin berkualitas karpet, biasanya semakin mahal harganya. Jadi Anda nantinya bisa mengetahui karpet yang benar-benar mahal dan yang hanya dipermahal dari tips ini.

– Memperhatikan kelenturan dan elastisitas karpet

Hal ini tergolong penting karena karpet yang lentur dan elastis biasanya lebih tahan lama. Karpet yang demikian tahan lama karena mudah menyesuaikan dengan body mobil sehingga saat ditekuk-tekuk atau diperlakukan apapun, karpet akan kembali ke bentuk semula, tidak akan patah ataupun sobek. Penyimpanan dan pencucian karpet yang lentur juga lebih mudah.

– Memilih karpet yang tidak berbau

Banyak sekali karpet mobil yang baunya mempengaruhi bau mobil. Jika baunya enak tak masalah, tapi kebanyakan karpet mobil itu baunya tidak enak dan bisa membuat mabuk perjalanan. Ada juga karpet yang menyerap bau kaki dan menyebarkannya. Pasti Anda tidak mau mencium bau kaki di mobil Anda bukan? Jika jendela mobil dibuka, tidak menggunakan AC, baunya mungkin tersamarkan.

Namun, jika menggunakan AC, wah dijamin bau kakinya akan membuat Anda mabuk perjalanan. Karena itulah sebaiknya Anda memilih karpet yang tidak berbau ataupun menyerap bau. Karpet yang dikenal tidak berbau antara lain yaitu karepet dengan bahan PVC, bulu sintetis, beludru, dan bahan lain yang bisa Anda cek dengan menciumnya langsung. Anda pasti tahu bau mana yang akan hilang saat dicuci dan yang tidak hilang meskipun telah dicuci berkali-kali.

– Memilih karpet yang tidak terlalu licin

Kenapa memilih yang tidak terlalu licin? Alasannya sudah jelas, yaitu agar karpet tidak bergeser-geser saat diinjak. Anda tidak mau bukan, jika harus sering-sering menata karpet mobil? Untuk mengetahui licin tidaknya bahan, Anda bisa mengeceknya di bagian dasar atau alas. Jika tidak tau juga, mintalah pada penjual untuk cek apakah mudah bergeser tidak saat diinjak.

– Memilih karpet yang ada perekat atau pengaitnya

Karpet mobil dengan pengait atau perekat ini disarankan diletakkan di bagian pengemudi. Untuk bagian penumpang, bebas ingin memakai atau tidak. Alasan kenapa disarankan diletakkan di bagian pengemudi karena terdapat kasus dimana karpet bergeser dan akhirnya mempersulit pengemudi saat sedang berkendara.

Jika karpet bisa langsung dikondisikan tak menjadi masalah. Masalahnya adalah jika karpet tidak bisa dikondisikan ke keadaan semula dan malah menghalangi pijakan rem dan lainnya. Wah, akibatnya bisa fatal, bukan? Karena itulah sebaiknya memilih karpet mobil yang ada pengaitnya untuk berjaga-jaga.

Karpet mobil dengan pengait ini juga akan melindungi dasar mobil dari kotoran. Jika karpet gerak-gerak, kotoran di karpet bisa tumpah ke karpet dasar. Sama saja dengan tidak menggunakan karpet pelapis dong. Untuk itulah pengait karpet dinilai penting.

– Memilih motif karpet yang tidak terlalu rapat

Motif mobil yang rapat memang bagus karena membantu membersihkan alas kaki yang benar-benar kotor. Kotoran juga tidak mudah berserakan. Akan terkumpul di karpet tersebut, tidak tertumpah di karpet dasar. Namun, ternyata rapatnya motif karpet sangat mempengaruhi proses pembersihan.

Anda akan lebih sulit membersihkannya karena susah menjangkau bagian-bagian sempitnya. Karena itulah pemilihan motif yang tidak terlalu rapat juga disarankan. Sebenarnya semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika Anda ingin yang mudah membersihkan maka pilih yang motifnya tidak terlalu rapat dan jika memilih yang fungsinya maksimal pilih yang motifnya rapat.

– Memilih karpet dengan warna netral

Sebenarnya tidak harus warna netral. Anda bisa memilih warna apa saja yang sesuai dengan interior mobil Anda. Warna netral ini disarankan karena pas untuk warna interior mobil apa saja dan terlihat elegan di berbagai kondisi. Memilih warna yang mencolok atau cerah tidak dilarang asalkan tidak terlihat norak saat dipasang di mobil Anda.

Karpet Mobil Avanza

Di atas tadi telah dijelaskan cara memilih karpet yang tepat. Jika Anda hendak mencari karpet mobil avanza, maka Anda tinggal menerapkan cara-cara yang dimaksud di atas. Dengan menggunakan cara tersebut diharap mampu membuat Anda mendapatkan karpet mobil avanza yang tepat.

Untuk karpet mobil Avanza sendiri biasanya disediakan karpet yang memang berlogo Avanza. Apabila Anda menginginkan yang demikian, Anda bisa membeli di toko yang Anda pilih atau di dealer mobil Avanza. Di dealer resmi biasanya memiliki karpet mobil avanza asli, yang asli lebih terjamin bukan?

Karpet Mobil Bihun

Berbicara mengenai karpet mobil, ada juga karpet yang disebut sbeagai karpet mie atau karpet mobil bihun. Dikatakan demikian karena karpet yang dimaksud bentuknya seperti mie bihun yang disatukan atau mie bihun ruwet. Karpet bihun kini banyak dicari dan disukai karena motifnya yang rapat tapi tergolong mudah dibersihkan. Membersihkannya bisa dengan disemprot air.

Karpet bihun ini juga memiliki permukaan yang kasar yang mampu meruntuhkan kotoran-kotoran pada alas kaki. Namun meskipun kasar, permukaannya tetap nyaman di kaki yang telanjang. Perpaduan kasar dan halus lembut dalam waktu bersamaan. Bagi yang tidak tahan geli mungkin menganggap permukaan karpet bihun ini menggelikan.

Karpet Mobil Karakter

Lanjut beralih ke karpet mobil karakter. Karpet jenis satu ini didesain khusus bagi pecinta karakter kartun tertentu. Tampilan karpetnya sangat unyu dan lucu, cocok bagi Anda yang mempunyai anak kecil. Si kecil pasti suka dengan desain interior mobil Anda yang dilengkapi dengan karpet unyu. Akan lebih lucu lagi jika Anda juga menggunakan cover jok dengan desain karakter yang sama.

Karpet Mobil Comfort

Karpet mobil comfort didesain sesuai alas mobil. Anda bisa memesan sebelumnya atau langsung minta penjualnya untuk memasangkan. Penjual pasti akan menyesuaikan pemotongan sesuai dengan alas mobil Anda yang hendak dipasangi karpet pelapis. Namun, jika ingin murah sebaiknya Anda membeli karpet mobil meteran

Jual Karpet Mobil Meteran

Karpet mobil meteran dinilai lebih murah karena bentuknya hanya lurus-lurus saja, tidak dibentuk sesuai dengan alas mobil Anda. Untuk memasangnya di mobil, Anda perlu memotong sendiri. Memotong dan memasang sendiri ini juga yang menyebabkan harganya lebih murah. Jika Anda ingin berkreatifitas dalam pemasangan karpet, maka pembelian karpet mobil meteran sangat disarankan.

Demikian tadi penjelasan tentang jenis-jenis karpet mobil dan tips memilihnya.

Semoga bermanfaat.

BACA LAGI  Sering Diinjak Kaki, Ini Fungsi Karpet Mobil yang Sebenarnya

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!