fbpx

Selimut mobil merupakan penutup untuk mobil yang terbuat dari kain yang halus dan licin. Cover ini berguna untuk melindungi mobil dari air hujan, sinar ultraviolet matahari, dan kotoran debu yang dapat menimbulkan goresan pada cat mobil. Sehingga untuk memilih cover mobil perlu pertimbangan yang tepat.

Cover mobil yang baik memiliki empat komposisi, antara lain bagian luarnya yang mampu menahan dari terpaan air hujan dan sinar matahari. Lalu harus mampu melindungi mobil dari embun, maka bahan ini harus memiliki ruang udara untuk mencegah embun tersebut. Kemudian dapat menjadi pelindung dan penguat lapisan dasar lainnya. Yang terpenting, lapisan dasarnya terbuat dari bahan yang lembut dan halus.

Selimut mobil yang bagus akan melindungi mobil dengan baik dari goresan dan pengaruh luar lainnya. Oleh karena itu, dalam pembuatan sarung mobil penting sekali untuk memperhatikan jenis bahan yang digunakan. Berikut ini daftar kain yang bagus untuk selimut mobil dan mampu melindungi cat mobil dengan baik.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Bahan Kain untuk Selimut Mobil yang Bagus

Polyester atau Parasut

Kain ini memiliki sifat waterproof sehingga sangat baik untuk melindungi pada saat musim hujan sedang menerpa. Karakteristiknya yang kuat untuk menahan air sering menjadi alasan untuk menggunakan cover mobil dari bahan ini di ruangan terbuka meskipun bahannya cenderung tipis.

Kain Milky

Dinamakan bahan milky, karena kain ini memiliki coating anti air di bagian dalam kain yang berwarna putih susu. Selain itu juga mempunyai coating anti gores. Jenis bahan ini memiliki lapisan seperti lilin yang mana jika terkena air, air tidak akan menempel pada kain sebagaimana seperti karakteristik daun talas.

Sepintas bahan ini mirip dengan parasut, namun bedanya kain milky memiliki ciri khas yang lebih tebal dan kuat dibandingkan dengan parasut. Selimut mobil yang bagus berdasarkan bahan yang digunakan pula.

Taslan

Bahan taslan memiliki kekuatan dalam melindungi cat mobil dengan baik. Terbuat dari bahan sintetis yang berkualitas tinggi membuat kualitas ketahanannya baik. Kain serat sintetis yang digunakan ini memiliki lapisan yang mengkilat terang. Bahan ini mampu untuk melindungi cat mobil goresan yang dapat ditimbulkan.

BACA LAGI  Inilah Cara Terbaik Memilih Mantel Mobil agar Tidak Membuat Body Mobil Rusak

Bahan untuk selimut mobil yang bagus ini juga menjadi salah satu kain yang memiliki teknologi tinggi, sehingga bahan ini cukup populer. Selain untuk bahan selimut mobil, kain taslan juga sering kali digunakan untuk membuat jaket. Sepintas kain ini mirip dengan kain parasut, namun bahan ini lebih ringan dan lembut.

Bahan taslan terdiri dari beberapa jenis seperti bahan taslan jamur, taslan balon, dan taslan semprot. Selain tahan terhadap air, kain taslan juga bisa menjadi windproff yang mampu melindungi hingga 95% pada lokasi outdoor.

Ripstock atau Ripstop

Bahan selimut mobil yang bagus ini memiliki coating anti air pada bagian luar dan dalamnya sehingga mampu melindungi dari air hujan dengan lebih baik. Ketahanannya untuk melindungi mobil dari air sama antara bagian dalam dan luarnya. Bahan ini baik untuk digunakan saat musim hujan sehingga rembesan air hujan tidak mudah masuk. Bahan ripstok ini merupakan salah satu bahan yang 100% anti air.

Kain ini selain digunakan untuk membuat sarung mobil, juga biasa digunakan untuk membuat balon udara, layang-layang, parasut, tenda, dan lain sebagainya. Bahan ini merupakan jenis bahan yang kuat dan tidak mudah sobek.

Nylon

Nylon adalah polimer yang terbuat daru termoplastik. Merupakan kain yang terbuat dari sintetis karet yang bertekstur lembut, lentur ketika ditarik, dan kuat sehingga tidak mudah sobek. Sifatnya yang elastis, bentuk nylon akan kembali seperti semula ketika ditarik Bahan ini juga bersifat anti air, lebih stabil untuk menahan bermacam gelombang. Bahan sarung mobil ini juga tidak akan menimbulkan baret pada mobil.

Itulah beberapa jenis bahan kain yang sering digunakan untuk membuat cover mobil. Bahan-bahan tersebut sangat cocok untuk sarung mobil karena memiliki tekstur yang kuat dan memiliki kemampuan melindungi mobil dari gangguan-gangguan yang dapat merusak bodi mobil. Selimut mobil yang bagus juga mampu menahan terjangan air hujan dan tahan terhadap paparan sinar matahari.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!