Jenis Jenis Cover Jok yang Harus Anda Ketahui

by | Nov 28, 2018 | Cover Jok, Tips

Cover jok merupakan salah satu komponen interior mobil yang mampu memepercantik penampilan jok mobil. Adanya sarung jok atau cover jok mobil, juga akan menghindarkan jok dari debu atau hal-hal lain yang mampu mengotori. Apabila Anda memiliki anak kecil, pemasangan cover jok yang lucu juga akan membuat mereka betah di mobil dan tidak rewel.

Apakah Anda berniat memasang sarung jok mobil? Jika iya, maka Anda perlu mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan cover jok seperti jenis-jenis cover jok, bahan-bahan cover jok, dan motif atau desain cover jok yang keren. Langsung saja, simak penjelasan di bawah ini untuk keterangan lebih lanjutnya.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Cover Jok Mobil Avanza

Penjelasan pertama tentang cover jok mobil Avanza. Mengapa dipilih mobil avanza? Karena selama ini banyak sekali yang mencari sarung penutup untuk jok mobil avanza. Nah berikut akan dijelaskan tentang jenis-jenis cover jok atau sarung penutup yang tersedia untuk mobil Avanza. Sebenarnya tidak hanya mobil avanza, jenis-jenis cover ini juga tersedia untuk hampir semua jenis mobil. Berikut jenis-jenis cover penutup yang dimaksud.

  • Auto Set Cover

Auto set cover merupakan cover yang bisa dilepas pasang dengan mudah. Di pojok-pojok atau bagian tertentu dilengkapi dengan karet sehingga tidak akan mudah lepas dari jok atau seat di mobil. Kelebihan cover jok jenis ini yaitu mudah dipasang dan dilepas sehingga pencucian juga lebih mudah, lebih murah tentunya, dan Anda bisa berganti-ganti cover kapanpun.

Namun ada kelebihan, ada pula kekurangannya. Kekurangannya terletak di kerapian tampilannya. Untuk desain tertentu memang cantik dan unik, tapi tetap saja kerapiannya kurang karena cover tidak mengikuti lekuk jok mobil. Anda bisa membayangkan hasilnya. Sedikit kurang rapi dan kurang elegan bukan? Kekurangan tersebut tentu tidak berlaku bagi mereka yang lebih menyukai hal-hal praktis dibanding hal-hal rapi.

  • Sarung Jok Paten

Jenis cover jok selanjutnya yaitu sarung jok paten. Seperti namanya, cover jok satu ini paten atau tidak mudah dilepas pasang karena pemasangannya dengan penggantian sepenuhnya jok bawaan mobil. Penggantian tentu tidak dilakukan oleh sembarang orang. Mereka yang sudah ahli lah yang bisa menggantinya. 

Kelebihan cover jok paten ini yaitu jok terlihat kuat dan rapi. Jok mobil Anda terlihat lebih bagus dan seperti jok asli. Anda pun tidak perlu khawatir cover kusut atau lepas karena cover memang telah dipasang dengan kuat oleh ahlinya. Cover paten ini biasanya juga terbuat dari bahan berkualitas yang tebal sehingga nyaman saat Anda duduki, tidak ada rasa mengganjal atau rasa tidak menyenangkan lainnya.

Sedangkan kekurangannya terletak pada pemasangannya. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pemasangan cover jok satu ini perlu keahlian khusus sehingga Anda tidak bebas untuk melepas dan memasangnya. Harganya juga lebih mahal dari cover jok yang mudah dilepas. Jadi pastikan Anda termasuk orang yang tidak mudah bosan saat ingin memasang cover paten di jok mobil Anda.

  • Sarung Jok Semi Paten

Jenis ketiga dari cover jok adalah cover jok semi paten. Cover satu ini masuk diantara cover paten dan cover auto. Jadi cover mudah dilepas pasang tapi bisa menyesuaikan dengan lekuk jok mobil. Karena keunggulannya ini, banyak orang yang memilih cover jok semi paten dibanding cover jok jenis lainnya. Namun ternyata meskipun mudah dilepas pasang, tetap perlu keahlian atau trik khusus saat memasang agar cover jok benar-benar rapi dan sesuai dengan lekuk jok mobil.

Kelebihan lain dari cover jok semi paten yaitu Anda tidak perlu melepas jok asli atau jok bawaan karena cover ini tinggal dipasangkan di atas cover mobil asli. Anda pun bisa mudah menggantinya dengan cover lain jika sudah mulai bosan. Memang perlu trik khusus untuk memasangnya, tapi Anda pasti bisa jika mau belajar memasang sendiri, berbeda dengan cover paten yang perlu tenaga yang benar-benar ahli.

Kekurangan sarung jok semi paten ini tidak terlalu banyak. Mungkin hanya terletak di harga dan kerapian. Harganya tentu lebih mahal dari cover auto tapi hal tersebut termasuk wajar. Harga sesuai dengan kualitas yang diberikan. Untuk masalah kerapian, sebenarnya bisa serapi cover paten jika Anda memasangnya dengan tepat. Namun, ya tetap saja rapi dan kuat cover paten dibanding yang semi paten.

 

Sarung Jok Mobil Lucu

Setelah Anda mengetahui informasi terkait jenis-jenis cover jok mobil, kini lanjut ke desain dan bahan yang digunakan untuk membuat cover jok setiap jenisnya. Desain yang digunakan di sarung jok biasanya mengangkat tema kartun, lucu, elegan, dengan bantalan, dan motif cerah lainnya.

Untuk desain tema kartun dan desain lucu biasanya disediakan satu set. Jadi tidak hanya di bagian seat atau jok, tapi juga disediakan cover di bagian setir mobil. Ada juga yang memberi tambahan berupa bantal kecil di bagian covernya. Intinya semuanya di desain lucu, menggemaskan, dan memanjakan mata anak.

Untuk jenis auto dan semi permanen, sarung jok lucu yang disediakan sangatlah banyak dan beraneka ragam. Anda bisa memilih yang sesuai dengan keinginan Anda ataupun anak Anda. Cover jok yang lucu biasanya menggunakan karakter kartun tertentu sebagai desain utamanya. Banyak sekali desain sarung jok lucu yang bisa Anda temukan.

Berbeda dengan cover jok paten atau permanen. Untuk sarung jok satu ini jarang yang tersedia dalam desain lucu. Cover jok paten biasanya tersedia dalam desain yang elegan, mewah, dan berkelas. Hal ini bukan tanpa alasan. Sarung jok paten itu susah dilepas pasang sehingga pemilihan desainnya netral dan cenderung elegan. Desain yang lucu akan sangat tidak pas dengan karakter sarung paten karena memang dibutuhkan desain yang benar-benar netral dan tidak membosankan untuk sarung paten.

Sarung Jok Mobil Karakter

Sama seperti cover jok mobil lucu, sarung jok karakter mudah ditemukan di jenis cover jok semi paten dan auto. Karakter yang digunakan pun sangat banyak seperti hello kitty, doraemon, spongebob, keropi, micky mouse, winnie the pooh, dan karakter kartun terkenal lainnya. Di beberapa toko penyedia sarung jok mobil, bahkan menyediakan jasa pemesanan cover. Jadi Anda bisa memesan cover jok dengan desain tokoh kartun yang Anda atau anak Anda sukai.

Biayanya tentu lebih mahal daripada cover yang sudah jadi, tapi keuntungannya yaitu Anda bisa mendapatkan cover jok dengan desain yang Anda sukai. Barang yang ditawarkan sesuai dengan harga yang dibayarkan bukan? Namun jika tidak ingin repot-repot memesan, Anda langsung saja membeli karakter kartun yang ada. Karakter yang disediakan merupakan karakter kartun terkenal seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Lalu yang sering menjadi pertanyaan adalah apa bahan yang digunakan untuk membuat cover karakter lucu tersebut? Bahan yang digunakan untuk membuat cover lucu bermacam-macam. Simak penjelasan tentang berbagai bahan yang digunakan untuk membuat cover jok berikut ini.

  • Nylon
BACA LAGI  Ketahui Harga Cover Mobil Innova Sebelum Membeli

Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat jok adalah bahan nylon. Nah para pembuat cover jok juga ada yang menggunakan bahan satu ini. Bahan ini seperti kain dan biasa dikenal sebagai bahan jenis fabric. Bahan satu ini terkenal dengan perawatannya yang sedikit susah. Debu atau cairan yang mengotori jok akan susah dibersihkan.

Daya serap cover jok jenis ini sangat tinggi, sehingga saat ketumpahan cairan akan langsung meresap ke dalam. Agar tidak semua cairan meresap, Anda perlu menyerap atau mengusapnya dengan kain kering atau tisu. Setelah itu bersihkan dengan vacum cleaner atau tuang sedikit cairan pembersih, diamkan, baru kemudian sikat dengan sikat yang agak lembut agar tidak mudah rusak.

  • Polyester

Cover jok dengan bahan polyester menjadi salah satu cover yang banyak dicari. Mengapa? Karena bahan satu ini tergolong terjangkau harganya dan kualitasnya juga tidak diragukan. Tingkat kenyamanannya juga hampir sama dengan cover yang berbahan kulit. Membersihkannya pun mudah karena bahannya tergolong mudah kering dan mudah dibersihkan.

  • Vinil

Cover jok dengan bahan vinil merupakan cover yang paling mudah dibersihkan. Jika ada cairan yang tertumpah, Anda hanya perlu mengelapnya saja. Jika belum bersih juga, Anda tinggal memberi sedikit air atau pembersih lalu menggosoknya dengan kain lap ataupun tisu. Noda atau kotoran akan hilang hanya dnegan cara tersebut.

  • Kulit imitasi atau sintetis

Cover jok yang terbuat dari kulit imitasi sangat mudah perawatannya, apabila dibandingkan dengan kulit asli. Kulit sintetis ini tidak mudah kotor dan tidak menyerap air sehingga mudah dibersihkan. Tekstur kulit sintetis juga tidak akan mudah rusak meskipun perawatan yang dilakukan tergolong minim. Bahan yang biasa digunakan untuk cover kulit sintetis antara lain yaitu edelweiss, Mbtech, murano, lederlux.

  • Kulit asli

Cover jok kulit asli pun banyak diminati meskipun harganya mahal. Jok dengan cover kulit asli pasti terlihat mengesankan, mewah, elegan, dan unik. Cover kulit asli juga akan tahan lama dibanding cover jenis lain. Namun, perlu perawatan yang ekstra agar kulit asli tetap cantik, tidak pudar, dan tidak menimbulkan kesan lusuh.

  • Berbagai jenis kain

Cover jok yang terbuat dari berbagai jenis kain ini, merupakan cover jok yang mudah dilepas pasang dengan desain lucu. Untuk memperkuat keunikan atau kelucuan desain, cover jok akan dibubuhi aksesoris lucu dari kain. Ada juga yang menambahkan bulu-bulu halus pada permukaan jok seperti pada boneka. Intinya cover dengan bahan satu ini lebih mengutamakan nilai seni dan tampilan dibandingkan kenyamanan dan elegan tidaknya 

Untuk masalah menyerap kotoran, cover dengan jenis satu ini tentu mudah menyerap kotoran atau mudah kotor. Namun, membersihkannya juga tergolong mudah. Karena mudah dilepas pasang, maka Anda hanya perlu melepasnya dan mencuci dengan tangan seperti mencuci pakaian pada umumnya.

Nah, itu tadi berbagai bahan yang digunakan untuk membuat cover jok. Harga yang ditawarkan untuk setiap harganya tentu berbeda. Semakin bagus bahan yang digunakan, semakin mahal harga ynag ditawarkan. Anda tinggal memilih cover yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Sarung Jok Mobil Calya

Sama seperti mobil lainnya, sarung jok mobil calya juga tersedia dalam berbagai jenis dan desain seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Apabila Anda hendak membeli sarung jok mobil calya, maka sebaiknya Anda mengetahui berbagai tips berikut ini agar tidak salah saat membelinya.

  • Melihat kebutuhan

Sebelum membeli cover jok, lihatlah terlebih dahulu apa sebenarnya kebutuhan Anda. Apakah Anda ingin mencari cover yang lucu untuk anak Anda ataukah mencari cover yang elegan sesuai selera Anda. Setelah mengetahui kebutuhan Anda, Anda bisa menentukan cover yang akan dipilih.

Jika membeli cover untuk membuat jok terlihat elegan dan berkelas, maka akan lebih pas jika Anda memilih cover jog yang paten atau permanen. Jika membeli cover hanya untuk menyenangkan anak Anda, maka belilah cover yang lucu dan menggemaskan yang mudah dilepas pasang. Anda juga bisa mendapatkan cover elegan yang bisa dilepas pasang jika Anda memang menginginkannya.

  • Melihat budget

Budget harusnya juga menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi pemilihan cover jok. Pilih cover yang tentunya sesuai dengan budget Anda. Tidak perlu memilih yang harganya mahal jika budget yang Anda miliki terbatas.

  • Melihat jangka waktu pemakaian

Jangka waktu memakai cover jok juga mempengaruhi pembelian. Jika Anda ingin memakainya dalam waktu lama maka pilih yang permanen atau paten. Berbeda jika Anda merupakan orang yang mudah bosan. Jika demikian, pilih jenis cover yang bisa dilepas pasang dan diganti secara berkala.

Sarung Pelindung Jok Mobil

Sarung jok ini sebenarnya memiliki fungsi utama untuk melindungi jok mobil. Dengan adanya cover jok, jok mobil Anda tidak akan mudah kotor dan selalu terlindung dari debu atau kotoran lainnya. Selain itu, fungsi sarung pelindung ini ternyata masih banyak. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

  • Melindungi Jok Mobil

Fungsi cover jok yang pertama yaitu untuk melindungi jok mobil. And apasti sering menemukan cover jok asli yang berlubang, busanya keluar, sobek-sobek bukan? Nah dengan menggunakan sarung jok, jok asli Anda tidak akan mengalami hal demikian. Sarung jok mampu melindungi jok Anda dari goresan, kekusutan, atau hal-hal yang tidak menyenangkan lainnya. Cover jok harganya juga tergolong murah jadi jika rusak Anda tinggal mengganti saja.

  • Menjaga jok tetap bersih

Membersihkan jok mobil tergolong sulit.  Karena itulah perlu cover mobil. Dengan adanya cover atau sarung mobil, jok akan tetap bersih. Jika ada kotoran menempelnya pasti di cover jadi jok tetap terjaga kebersihannya. Membersihkan covernya juga sangat mudah, tinggal dilepas, dicuci, dikeringkan, dan dipasang kembali.

  • Memperindah interior mobil

Fungsi selanjutnya yaitu untuk memperindah tampilan interior mobil. Dibanding jok asli atau bawaan, cover jok didesain lebih elegan jadi lebih enak dipandang. Desain yang disediakan pun sangat beraneka macam. Anda bisa memilih yang sesuai selera Anda. Cover jok juga ada yang didesain lucu dan menggemaskan sehingga anak Anda bisa betah dan nyaman saat dalam perjalanan.

  • Membuat jok lebih nyaman

Cover jok yang didesain sedemikian rupa mampu membuat pengemudi dan penumpang nyaman. Bahan yang digunakan, desain yang dipilih, dan aksesoris yang ditambahkan tentunya membuat mereka yang di dalam mobil lebih nyaman dalam perjalanan.

Demikian tadi penjelasan tentang jenis-jenis cover jok, fungsi cover jok, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sarung jok, dan informasi terkait sarung jok lainnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!