Ketika akan membeli mobil, para calon pemilik ini biasanya akan mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya adalah mengenai warna mobil. Bukan hanya masalah selera, warna mobil sering dipertimbangkan karena beberapa faktor. Bagi mereka yang malas membersihkan mobil, warna putih pasti jarang dipilih, sebab memang lebih mudah terlihat kotor dibandingkan dengan warna lain.

Warna mobil juga bisa menunjukkan jati diri pemiliknya. Jika Anda melihat mobil Ferrari, Anda pasti sudah paham bahwa warna yang akan dikeluarkan oleh pabrikan raksasa tersebut pastilah berwarna merah, walaupun varian mobil dan spesifikasinya berbeda. Hal ini dikarenakan warna merah sudah menjadi ciri khas dari Ferrari.

Pemilihan warna ternyata tidak hanya sebatas yang disebutkan di atas saja. Menurut beberapa penelitian, warna mobil juga dapat mempengaruhi keadaan tertentu penggunanya. Maka dari itu, jika Anda berencana membeli mobil, maka ada baiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu warna mana yang paling cocok untuk Anda.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Beberapa Fakta Mengenai Warna Mobil

Mempengaruhi Kenyamanan Berkendara

Warna yang gelap cenderung lebih gerah dibandingkan dengan warna yang cerah. Hal ini ternyata tidak hanya berlaku untuk pemilihan pakaian saja, warna cat mobil juga ternyata menganut sistem ini. Mobil yang menggunakan cat warna gelap akan cenderung menyerap panas matahari lebih banyak dibandingkan dengan wana cerah.

Menurut data, warna gelap seperti hitam hanya mengembalikan sekitar 5% saja panas yang mereka serap dari lingkungan, sedangkan warna putih bisa memantulkan kembali panas tersebut ke atmosfir sebanyak 60%. Bisa dibayangkan tentunya jika Anda berkendara dengan mobil berwarna gelap di tengah siang yang terik. Walaupun bisa menyalakan AC namun tentunya kenyamanan Anda saat berkendara tetap saja terganggu.

Sedangkan dengan mobil yang berwarna cerah, kondisi di dalam kabin cenderung lebih nyaman. Selain itu, Anda juga tidak perlu terlalu banyak menggunakan AC yang artinya adalah penghematan.

Hubungan Performa Mesin Dengan Warna Eksterior

Selain berhubungan dengan kenyamanan saat berkendara, ternyata warna gelap yang dipilih untuk bagian luar mobil juga mempengaruhi kinerja dari mesin mobil. Hal ini sedikit banyak berkaitan dengan apa yang sudah dibahas di atas. Ketika menggunakan mobil warna gelap, maka kondisi kabin bisa relatif lebih hangat dibandingkan ketika menggunakan mobil warna cerah.

Ketika hawa semakin panas, tentunya Anda akan menyetel pendingin ruangan lebih kencang yang akhirnya akan memaksa mesin untuk bekerja lebih keras. Selain itu, hal ini juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Semakin banyak Anda menggunakan AC maka bahan bakar bisa lebih cepat tergerus. Bayangkan jika hal ini terjadi setiap hari karena Anda berada di lingkungan yang cukup padat dan panas.

Komponen yang sering bekerja keras pastinya juga akan memiliki usia yang lebih pendek dibandingkan dengan komponen yang tidak banyak bekerja. Selain itu, gesekan logam yang memuai karena panas lambat laun dapat membuat komponen menjadi tidak presisi lagi. Salah satu dampaknya adalah suara berisik yang dihasilkan oleh mesin.

Warna Menentukan Keamanan Berkendara

Ternyata pemilihan warna juga mempengaruhi tingkat keamanan berkendara. Hal ini juga menjadi pertimbangan ketika memilih warna cerah untuk kendaraan berat. Tentunya Anda tidak pernah menemui kendaraan berat yang memiliki warna gelap. Hal ini dikarenakan warna cerah lebih dapat ditangkap mata, sehingga dapat meminimaliasasi kecelakaan kerja.

Begitu pula dengan mobil. Hal ini juga diungkapkan oleh Tuev-Nord, salah satu perusahaan keamanan asal Jerman. Perusahaan ini mengatakan bahwa mobil yang berwarna putih lebih jarang mengalami kecelakaan dibandingkan mobil warna gelap seperti biru tua maupun hitam. Hal ini dikarenakan mobil warna putih lebih mudah terlihat sehingga lebih minim tertabrak.

Warna Mewakili Prestise Pemilik

Memiliki mobil dengan warna yang tidak pasaran tentunya merupakan kebanggaan tersendiri bagi para pemilik mobil. Terlebih lagi jika mobil yang digunakan tersebut memang diproduksi terbatas dengan warna tertentu. Hal ini pasti akan meningkatkan rasa percaya diri ketika membawa mobil tersebut berkendara.

Maka dari itulah, modifikasi mobil yang paling sering dilakukan orang adalah memperbaiki penampilan luar, yang juga berarti mengganti warna cat maupun menambahkan aksesoris untuk menghasilkan warna yang berbeda.

Terlepas dari semua itu, warna apapun yang akan Anda pilih nantinya, yang paling penting tentunya adalah perawatan itu sendiri. Jangan sampai mobil yang sudah susah payah Anda dapatkan malah akhirnya terbengkalai karena tidak dirawat. Selain rutin diperiksa ke bengkel, cat mobil juga bisa dipertahankan dengan selalu menggunakan mantel mobil ketika mobil tidak digunakan.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!