Kerap kali Anda menemui istilah perawatan spooring balancing pada daftar layanan servis yang ditawarkan oleh bengkel mobil langganan Anda. Namun, sudahkah Anda paham perbedaan dari kedua perawatan tersebut? spooring dan balancing sering dikira sebuah layanan servis mobil yang sama.

Ya, keduanya memang merupakan servis perawatan mobil yang diperuntukkan untuk kaki-kaki mobil utamanya pada komponen ban mobil. Namun kedua perawatan tersebut sebenarnya berbeda dari dua segi. Lantas, segi apa saja? Tak sesimpel bodi mobil yang bisa dilindungi dengan mantel mobil, Anda harus tahu kapan sebaiknya kaki-kaki mobil Anda segera mendapatkan perawatan spooring balancing.

Perawatan Spooring Balancing Hukumnya Wajib untuk Ban Mobil

Perbedaan Spooring dan Balancing

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa perbedaan paling utama dalam perawatan spooring balancing terdapat dalam dua segi. Kedua segi tersebut merupakan segi penyebab permasalahan ban mobil dan jenis perawatan yang akan diberikan.

Pada perawatan balancing, permasalahan ban mobil terletak pada getaran ban yang terasa tak wajar. Apalagi getaran tersebut hanya terjadi pada saat Anda menjalankan mobil pada garis kecepatan tertentu, seperti pada kecepatan 100 kpj. Anehnya, jika Anda mengubah kecepatan mobil baik menjadi lebih cepat atau menjadi lebih lambat, tidak timbul getaran yang tak lazim pada ban mobil Anda.

Kalau sudah begini, ini pertanda bahwa kedua sisi ban Anda tidak seimbang. Agar kedua ban kembali seimbang, maka dilakukanlah proses balancing yang membuat sisi kanan dan sisi kiri mobil sama-sama dalam keadaan zero ketika ditimbang.

Lalu, bagaimana dengan perawatan spooring? Perawatan spooring berguna untuk mengembalikan ban mobil Anda pada posisinya semula. Acap kali ban mobil tergeser seiring dengan berjalannya waktu serta pemakaian sehingga posisi ban menjadi miring alias tidak lurus. Isu semacam ini umumnya paling sering terjadi pada ban bagian depan.

Dengan perawatan spooring, mulai ban hingga bagian setir akan diatur kembali posisinya. Posisi setir dan ban akan kembali disejajarkan agar mobil menjadi lebih mudah dikendalikan. Bagian camber (sudut kemiringan roda) dan caster (sudut sumbu gerak kemudi) pun akan kembali disetel sudutnya hingga menjadi berimbang.

Kapan Mobil Mulai Membutuhkan Spooring dan Balancing?

Tidaklah sulit bagi Anda untuk mengetahui bahwa mobil Anda mulai merengek meminta perawatan spooring balancing. Tanda yang pertama adalah Anda akan merasakan bahwa setir mobil Anda terasa melenceng. Kala berkendara, setir seakan selalu ingin ke arah kiri atau ke arah kanan secara terus menerus.

Ciri yang kedua adalah saat dijalankan pada kecepatan tertentu, ban terasa bergetar hingga mengeluarkan suara. Tak hanya itu, bagian kemudi mendadak menjadi terasa berat, khususnya pada bagian lingkar kemudi.

Permukaan ban mudah cepat habis? Maka bisa jadi mobil Anda membutuhkan spooring balancing. Terlebih lagi jika permukaan ban habis secara tidak merata. Yang patut dicurigai adalah kemungkinan bahwa mobil Anda memiliki posisi roda yang miring.

Mengendarai mobil yang terasa miring juga merupakan salah satu gejalanya. Untuk gejala yang satu ini merupakan gejala yang cukup tricky karena rasanya hampir sama ibarat ban mobil Anda kekurangan udara. Padahal, hal ini murni terjadi karena terdapat ketidakseimbangan posisi pada bagian ban mobil sebelah kiri dan ban mobil kanan.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencoba menyamakan tekanan angin ban antara ban mobil sebelah kiri dan ban mobil sebelah kanan. Apabila tekanan angin kedua ban sudah sama namun mobil masih terasa miring jua, maka mutlak hukumnya bagi Anda untuk bergegas membawa mobil Anda ke bengkel dan meminta pengecekan spooring balancing.

Sekedar informasi, idealnya perawatan balancing sedikit lebih sering dilakukan daripada perawatan spooring karena perawatan balancing ditunaikan setiap 10 ribu kilometer sedangkan perawatan spooring setiap 20 ribu kilometer. Walau begitu, ada pula yang berpendapat bahwa tidak ada patokan waktu khusus yang ditujukan untuk melakukan spooring maupun balancing karena disesuaikan dengan kondisi mobil.

Nah, kini Anda sudah mengerti betul soal perbedaan dan keistimewaan perawatan spooring balancing kan? Baiknya, kedua perawatan tersebut senantiasa dilaksanakan secara berkala agar ban terproteksi seperti halnya bodi mobil yang selalu dilindungi oleh selimut mobil.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!