Cover jok mobil merupakan salah satu bagian penting dalam interior mobil. Sehingga bagian ini membutuhkan perhatian khusus termasuk dalam hal pemeliharaan dan kebersihannya.

cover jok mobil

Tentu saja tujuannya untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan di dalam mobil sekaligus menjaga keawetan dari cover jok mobil. Akan tetapi masih banyak konsumen yang belum mengetahui cara membersihkan cover jok untuk mobil dengan benar.

Biasanya produsen cover jok mobil Jogja, cover jok mobil Bandung, cover jok mobil Surabaya maupun lainnya akan memberikan pengarahan pada konsumen yang membeli cover jok.

Membersihkan cover jok pada mobil juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Karena dalam memilih produk pembersih untuk cover jok pada mobil juga harus disesuaikan dengan bahan cover jok itu sendiri. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara membersihkan cover jok untuk mobil yang benar dan tepat.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Membersihkan Noda Bintik pada Jok Mobil

Salah satu biang masalah pada cover jok yaitu noda bintik. Misalnya karena kita sering makan atau minum di dalam mobil dan tanpa sengaja menyisakan noda pada cover jok.

Untuk membersihkan noda bintik pada jok mobil, anda perlu melakukan tes terhadap produk pembersih noda sebelum digunakan. Karena pastinya anda tidak ingin cairan pembersih tersebut justru dapat merusak cover jok anda bukan?

Sebelum membersihkan noda pada jok mobil, Anda bisa melakukan tahap pra-penanganan terlebih dahulu. Yaitu dengan menggunakan conditioner atau bahan pelembut kulit.

Anda bisa menuangkan sedikit produk pembersih jok mobil dan gosok secara perlahan-lahan. Kemudian diamkan terlebih dahulu kurang lebih selama 30 detik agar mengendap, setelah itu bersihkan ceceran pembersih pada cover jok tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa dalam membersihkan cover jok dari noda tentunya akan berbeda antara jenis noda satu dengan noda yang lainnya.

Apabila noda tersebut merupakan noda tinta, maka anda bisa menggunakan hairspray atau obat gosok yang memiliki campuran alkohol dengan air. Cara membersihkannya cukup dengan melakukan hairspray ke atas noda tersebut dengan hati-hati lalu membasuhnya dengan menggunakan kain lembab agar bersih dan tinta tidak meluas ke bagian lain.

Noda dari minyak dan lemak juga sering ditemukan pada cover jok. Untuk cara membersihkannya Anda bisa menggunakan formula pengencer cat dan bantuan kain katun.

Tuangkan sedikit cairan pengencer cat ke dalam cangkir dan ditambahkan sedikit air dengan perbandingan takaran yang sama. Setelah itu celupkan kain katun ke cangkir tersebut dan gosokkan pada noda.

Anda bisa menaburkan sedikit garam atau corn meal pada noda minyak atau lemak tersebut, diamkan selama semalaman. Besoknya Anda bisa menghisap bagian ini menggunakan penghisap debu.

Selain noda dari tinta dan minyak, noda bekas kopi juga sering ditemukan pada cover jok mobil. Sebenarnya untuk membersihkan noda bekas kopi tidak terlalu sulit, saja pada kopi kopi jenis tertentu cenderung menyebabkan bercak noda membandel.

Cara membersihkan noda kopi yaitu dengan metode serap untuk mengangkat noda. Sebaiknya jangan pernah digosok agar noda tidak semakin terserap ke cover jok.

Apabila noda kopi masih kelihatan, maka anda bisa menggunakan cairan pencuci piring dan membilasnya dengan air hangat. Setelah itu Anda bisa mengeringkan dengan pengering rambut mempertahankan alat pengering bsberapa sentimeter diatas muda agar tidak membuat jok menjadi gosong.

Anda bisa menggunakan cara ini untuk membersihkan cover jok mobil Avanza maupun jenis mobil lainnya.

Membersihkan Cover Jok Berbahan Tenun

Beberapa cover jok untuk mobil ada yang dibuat dengan bahan tenun. Sehingga dalam perawatan dan cara membersihkannya pun berbeda dari jenis lainnya.

BACA LAGI  Beli Produk Dari Cover Mobil Bandung

Akan tetapi di sini anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk memberikan perawatan pada jok mobil yang berbahan tenun. Anda bisa menggunakan produk pembersih jok serba guna formula sendiri.

Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 bagian air dengan 1 bagian cairan yang biasa digunakan untuk mencuci piring dalam sebuah ember atau guci. Setelah itu semprotkan campuran tersebut ke Jok dengan menggunakan botol spray dengan cara kurang lebih 15 sampai 20 cm dari jok.

Setelah disemprotkan, gosok dengan lembut menggunakan bantuan singkat berbulu lembut. Kemudian bilas wilayah yang bernoda tersebut menggunakan lap bersih serta air hangat.

Anda bisa mengulangi langkah langkah tersebut untuk membersihkan setiap noda satu persatu. Akan lebih baik jika Anda menggunakan kain berserat mikro untuk mengeringkan noda yang sudah dibilas tadi. Cara ini juga bisa digunakan untuk membersihkan cover jok mobil Avanza dan juga jenis mobil lainnya.

Membersihkan Cover Jok Bahan Vinil

Untuk cover jok yang menggunakan bahan vinil, Anda bisa membersihkannya menggunakan pembersih kaca. Bahan vinyl sendiri merupakan bahan yang mudah untuk dirawat dan dibersihkan.

Nah kan biasanya tumpahan ataupun kotoran akan mudah luntur sendiri tanpa harus dibersihkan. Namun jika anda ingin membersihkan kerucut yang berbahan vinyl, Anda bisa menyemprotkan pembersih kaca serbaguna pada noda.

Bersihkan setiap satu persatu noda agar tidak menyebar ke wilayah yang lain. Seperti biasa anda bisa membilas dengan menggunakan kain lembut dan air hangat lalu dikeringkan.

Untuk membersihkan cover jok dengan bahan vinil juga dapat menggunakan baking soda dan air. Terlebih dahulu silakan membuat pasta dari kedua bahan tersebut.

Setelah itu gosokkan pasta ke jok satu demi satu noda. Sebagai penuntasnya, Anda bisa membilas seluruh jok dengan menggunakan sabun lembut dan air. Setelah itu lap jok hingga kering dengan menggunakan kain lembut dan jiga bersih.

Membersihkan Cover Jok Berbahan Kulit

Cover jok pada mobil yang menggunakan bahan kulit asli masih menjadi idola para pengguna mobil. Padahal jenis cover bahan ini dari segi perawatannya cukup sulit dibandingkan yang berbahan sintetis.

Apalagi jok kulit juga membutuhkan perawatan yang cukup hati-hati karena lebih rentan luntur dan menua. Salah satu cara dalam membersihkan jok kulit yaitu menggunakan pembersih atau conditioner yang secara khusus digunakan untuk peralatan berbahan kulit yang biasanya sudah tersedia satu paket.

Terdapat tips khusus saat Anda membersihkan cover jok pada mobil yang berbahan kulit yaitu dengan menyalakan pemanas mobil. Tetapi jika di daerah anda sudah memiliki hawa panas maka tidak perlu menyalakan pemanas. Karena bahan kulit mudah bereaksi terhadap panas dan akan lebih mudah dalam menerima pembersih di lingkungan yang hangat.

Untuk membersihkan noda membandel pada jok berbahan kulit, silakan lakukan perawatan menggunakan conditioner. Setelah itu Anda bisa mengoleskan pembersih noda khusus bahan kulit pada setiap noda, lalu gosok perlahan-lahan agar tidak merusak permukaan jok.

Setelah itu biarkan dingin kurang lebih 30 detik kemudian lap menggunakan kain lembut dan bersih. Jika memiliki cover jok pada mobil yang menggunakan bahan kulit, anda tidak perlu mengkhawatirkan cara perawatan dan cara membersihkannya. Karena memang saat ini sudah banyak tersedia paket perawatan cover jok kulit.

Bahkan Anda juga bisa membelinya melalui produsen cover jok mobil Jogja, cover jok mobil Bandung, cover jok mobil Surabaya maupun daerah lainnya.

Demikian itulah tips dalam membersihkan cover jok mobil dengan benar. Semoga bisa memberi manfaat bagi pengguna mobil yang belum mengetahui cara membersihkan cover jok yang tepat.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!