Seringkah Anda mendapati bau tidak sedap yang menyeruak di dalam mobil Anda? Pernahkah Anda bertanya-tanya kira-kira apa ya penyebab mencuatnya aroma menyengat tersebut? Jawabannya kemungkinan tersimpan pada karpet mobil yang ternyata sudah waktunya untuk dicuci. Bisa saja karpet mobil dalam keadaan lembab dan untuk menghilangkan baunya maka tak cukup bila sekedar dijemur saja.

Tapi, ada kalanya Anda ingin menghemat pengeluaran dan berusaha mencari tahu bagaimana cara untuk merawat dan membersihkan karpet secara mandiri. Biar tak usah susah-susah pergi ke tempat pencucian mobil, Anda bisa lebih hemat dengan mempraktikkan kiat merawat karpet di bawah ini.

Rawat Karpet Mobil dengan Rutin Agar Nyaman Berkendara

Pastikan Karpet dalam Kondisi Kering

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Tak seperti bagian bodi luar mobil yang bisa senantiasa kering saat ditinggalkan lewat perlindungan cover mobil, bagian karpet mobil justru amatlah rentan pada situasi yang lembab ketika mobil dalam posisi mati. Sudah begitu, ketika mobil menyala, karpet mobil menjadi semakin lembab dengan ikut dinyalakannya AC mobil di tengah keadaan suhu udara yang panas.

Dengan begitu, kotoran-kotoran dan bakteri yang menempel pada karpet mobil menjadi betah dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sebagai solusinya, bersihkan terlebih dahulu kotoran karpet dengan vacuum cleaner lalu jemur karpet hingga benar-benar kering.

Tempat Pembersihan Debu Karpet yang Benar

Karpet mobil wajib untuk paling tidak dicuci setiap sebulan sekali. Namun ingat, sebelum dicuci, pembersihan debu dan kotoran pada karpet harus dilakukan terlebih dahulu. Proses ini dinamakan dengan proses pencucian secara kering. Debu dan kotoran bisa disapu atau dikuas keluar. Untuk hasil yang lebih maksimum, gunakan vacuum cleaner yang konon membersihkan debu dan kotoran secara lebih efisien

Nah, tempat pembersihan alias tempat pencucian kering ini sejatinya harus diadakan bukan di area dalam mobil melainkan di luar mobil. Tujuannya adalah supaya debu tidak semakin beterbangan dan hinggap pada bagian interior mobil.

Pemilihan Sabun untuk Mencuci Karpet

Sebelum mantap untuk mencuci karpet mobil Anda sendiri, Anda harus tahu bahwa beda jenis karpet maka berbeda pula jenis sabun yang digunakan. Hal ini juga identik dengan cara membersihkan kaca mobil yang ditinjau berdasarkan jenis permasalahan pada kaca seperti kaca yang buram, kaca berjamur, hingga kaca yang tergores.

BACA LAGI  Hati-hati dalam Memilih Sarung Mobil yang Bagus

Kembali pada pemilihan sabun untuk karpet mobil, deterjen adalah sabun cuci yang paling ampuh untuk karpet dengan bahan karet. Untuk bahan dasar karpet yang lebih lembut, Anda bisa mengaplikasikan sampo khusus mobil karena hasil yang diberikan pun lebih aman.

Proses Pengeringan Sudut-sudut jok

Sehabis karpet berubah wangi berkat sudah dicuci, segerakan untuk menjemur karpet mobil tersebut. Sembari menunggu karpet kering sempurna, maka ini saat yang tepat untuk membasmi debu dan kotoran pada sudut-sudut jok. Akan lebih baik lagi kalau Anda juga meringkus debu dan kotoran di area sela-sela pintu mobil.

Area-area tersebut pada dasarnya adalah area yang susah dijangkau. Jadi, manfaatkan bantuan vacuum cleaner untuk menyedot sisa makanan, minuman, atau bekas kotoran yang ada.

Sediakan Tempat Sampah dalam Mobil

Memang trik yang satu ini terdengar lucu atau bahkan terkesan aneh, namun justru trik ini sebenarnya masuk ke dalam trik kunci dalam merawat karpet mobil Anda. Menyediakan tempat khusus sebagai tempat sampah dalam mobil akan mencegah tercecernya sampah bekas makan minum di atas karpet mobil.

Tempat sampah dalam mobil pun tak wajib berupa tempat sampah dengan ukuran besar. Cukup gunakan tempat sampah ukuran kecil atau bahkan sebuah kantong plastik yang dialih gunakan sebagai sebuah tempat sampah dadakan. Yang terpenting ialah sampah dalam mobil dapat terkumpul di dalam satu wadah.

Itu tadi merupakan sederet cara dan trik dalam merawat dan membersihkan karpet dengan hasil tak kalah dari tempat pencucian. Adapun tips yang mesti diikuti setelah karpet mobil telah kinclong adalah Anda tetap harus memastikan karpet dalam keadaan kering. Jadi, senantiasa perhatikan alas kaki Anda agar tak masuk mobil dalam keadaan basah ya.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!