Perawatan untuk kendaraan sangatlah penting. Bentuk perawatan yang dibutuhkan misalnya saja adalah menyediakan cover mobil dan juga mengganti oli sesuai dengan waktunya.

Layaknya darah yang ada di tumbuh manusia, peran oli bagi mobil Anda sangatlah penting. Oleh karena itu, kualitas dari oli ini haruslah selalu terjaga agar bagian yang lain tidak menjadi bermasalah.

Jika Anda sudah lama tidak mengganti oli dari mobil Anda, kemungkinan hal ini akan berpengaruh ke performa mobil Anda. Terlebih lagi jika oli tersebut sampai habis, akibat yang didapatkan akan cukup fatal. Akibat yang bisa saja terjadi adalah sekeri yang ada bisa menjadi terbakar dan untuk mobil Anda sendiri kemungkinan bisa mengalami turun mesin.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Dalam penggantian oli ini, sebagian produsen mobil akan menyarankan untuk menggantinya berdasarkan seberapa jauh jarak tempuh yang sudah dilalui mobil. Mobil keluaran terbaru biasanya akan menyarankan untuk mengganti oli saat mobil tersebut telah mencapai 10.000 kilometer. Sedangkan untuk mobil yang keluar beberapa tahun ke belakang disarankan untuk menggantinya saat sudah 5.000 km.

Beberapa Tanda Bahwa Oli Mobil Harus Segera Diganti

Dengan Mengecek Kartu Pengingat Ganti Oli

Saat Anda habis mengganti oli mobil di bengkel biasanya Anda akan diberikan kartu jadwal pengingat untuk ganti oli oleh pihak bengkel. Jika Anda tidak diberikan kartu maka kemungkinan pengingat tersebut dipasang di mobil Anda. Kartu pengingat yang diberikan pihak bengkel itu bisa Anda jadikan patokan kapan waktu untuk mengganti oli mobil Anda kembali.

Pihak bengkel biasanya merekomendasikan untuk penggantian oli mesin setiap 5.000 kilometer, meskipun ada beberapa mobil baru yang ada saat ini merekomendasikan lain. Rekomendasi dari beberapa mobil baru ini untuk interval penggantian oli mesin adalah setiap 10.000 kilometer.

Ada Peringatan dari Mobil untuk Mengganti Oli

Sekarang ini mobil yang baru keluar biasanya akan dilengkapi dengan tanda peringatan untuk Anda agar segera mengganti oli mobil. Tanda peringatan untuk ganti oli ini bisa coba Anda lihat di dekat setir.

Saat tanda peringatan tersebut menyala, maka artinya tekanan oli dalam mesin mobil Anda terlalu rendah. Anda perlu memperhatikan tanda ini dengan baik dan serius. Hal ini karena apabila Anda mengabaikannya, maka mesin mobil Anda bisa saja menjadi mati.

Dengan Mengecek Tongkat Pengukur Oli Mesin Mobil

Selain tanda yang telah disebutkan, ada lagi tanda lain yang berarti oli mobil Anda harus segera diganti. Tanda ini bisa diketahui saat Anda mengecek tongkat pengukur dari oli mesin mobil Anda. Sebelum mengeceknya, Anda perlu memastikan bahwa mesin dari mobil tersebut berada dalam kondisi yang dingin.

Jika Anda sudah memastikan bahwa mesin mobil tersebut berada dalam keadaan dingin, maka setelah itu Anda bisa mulai dengan membuka kap mobil yang ada. Saat Anda membukanya, Anda mungkin akan melihat ada bagian tongkat celup yang terhubung dengan tangki oli. Fungsi alat ini adalah digunakan untuk mengetahui berapa banyak oli yang masih tersedia di dalam tangki.

Bagi Anda yang menemukan bahwa oli yang ada tidak sesuai dengan standar, sangat disarankan bagi Anda untuk segera mengisi oli dari mesin mobil Anda.

Dengan Memperhatikan Kondisi Mesin Mobil

Selain dari warna oli, tanda oli mobil Anda harus diganti bisa dilihat dari kondisi mesin mobilnya. Kondisi mesin mobil yang dimaksud di sini adalah kondisi mesin yang menjadi lebih kasar. Mesin mobil yang mengeluarkan suara lebih kasar dari biasanya atau saat semula ini pertanda bahwa oli mobil Anda harus segera diganti.

Dilihat dari Warna Oli

Salah satu tanda yang mengindikasikan bahwa oli kendaraan Anda harus segera diganti adalah warna dari oli tersebut. Warna oli yang sudah sangat hitam menandakan bahwa oli dari mobil Anda harus diganti dengan segera. Oleh karena itu mengecek warna oli adalah suatu hal yang perlu dilakukan dan tidak ada salahnya jika Anda rutin melakukan pengecekan terhadap warna oli dari mobil Anda.

Beberapa tanda yang perlu Anda ketahui agar bisa mengganti oli mobil secara tepat waktu sudah dijelaskan di atas. Dengan membaca informasi di atas, diharapkan Anda bisa memahami dan juga menerapkannya dengan benar. Apabila Anda bisa memahami dan menerapkannya dengan benar, maka sangat kecil kemungkinan mobil Anda akan mudah rusak ataupun menjadi tidak enak untuk dipakai.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!