Bagi para pemilik mobil, tentu sudah sewajarnya perawatan mobil harus dilakukan secara rutin. Mungkin Anda menganggap jika merawat mesin dan komponen mobil saja yang penting, padahal perawatan pada body mobil juga sangat diperlukan.

Memang body mobil tidak langsung berdampak pada performa mobil, namun body mobil tentu amat mempengaruhi penampilan mobil Anda. Kebanyakan pemilik mobil biasanya langsung membawa mobil kesayangan ke salon mobil. Tapi menyerahkan perawatan ke salon mobil tentu butuh merogoh kocek yang tidak sedikit.

Untuk itu perawatan body mobil secara mandiri amat disarankan sehingga keindahan mobil tetap terjaga. Beberapa hal yang bisa sebabkan body mobil menjadi kusam dan terlihat kurang bagus yakni kotoran burung, polutan di udara, sinar UV, dan masih banyak lagi.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Perawatan Body Mobil Mudah yang Bisa Dilakukan Pemula

Hindari mobil terkena sinar UV berlebihan

Seperti penjelasan di awal tadi jika sinar UV dari matahari yang berlebihan akan bisa menjadikan dampak yang buruk untuk tampilan body mobil. Oleh karena itu upayakan untuk hindarkan mobil dari dampak buruknya. Jika Anda ingin memarkirkan mobil, maka cari lokasi parkir yang redup.

Solusi lainnya adalah dengan memakaikan cover mobil untuk kendaraan Anda. Dengan penggunaan sarung mobil, maka body mobil akan tertutup sehingga sinar UV tidak akan langsung menerpa ke body mobil.

Pakailah shampo khusus

Menjaga kebersihan mobil tentu menjadi hal yang penting. Jika Anda akan mencuci mobil, ada baiknya untuk menggunakan shampo yang memang khusus dibuat untuk mobil. Alasannya tentu karena shampo khusus mobil memiliki kandungan dan kadar yang sudah disesuaikan dengan bagian body mobil.

Dengan penggunaan shampo khusus, bukan hanya body mobil saja yang mulus tapi cat mobil juga akan terjaga. Dengan cat mobil yang terjaga, maka mobil akan terlihat kinclong.

Biasanya para pengguna mobil juga kerapkali menggunakan deterjen hingga sabun colek untuk membersihkan mobilnya. Meski umum dilakukan, namun sebetulnya penggunaan sabun colek hingga deterjen ini akan berpotensi membuat body mobil tipis dan bahkan kasar. Itulah mengapa disarankan menggunakan shampo mobil.

BACA LAGI  Tips Membeli Cover Mobil Anti Air dan Tahan Panas

Gunakan kain halus untuk membersihkan mobil

Proses pembersihan mobil pun juga harus menggunakan peralatan yang berkualitas sehingga body mobil bisa terjaga. Pakai kain halus untuk bisa bersihkan mobil bagian luar. Kanebo atau chamois bisa jadi pilihan dimana kain ini memang khusus dibuat untuk keperluan seperti ini. Kondisi kain juga harus bersih.

Perhatikan kondisi mobil saat pengelapan

Saat Anda mengelap mobil, maka perhatikan dulu kondisi mobilnya. Apabila kondisi mobilnya sedang kering, maka jangan langsung dilap karena bisa menjadikan body mobil tergores. Alasannya adalah karena partikel kotoran hingga debu bisa menjadi sebab goresan mobil.

Untuk itu siram lebih dulu body mobil dan baru bisa dilap. Selain itu Anda juga bisa menggunakan opsi lain yakni dengan menggunakan pelumas khusus mobil. Teknik pengelapan pun jangan sembarangan namun searah jarum jam sehingga efektif.

Cucilah mobil secara berkala

Mencuci mobil sendiri kadang suatu aktivitas yang melelahkan sehingga kadang banyak pemilik mobil yang malas melakukannya. Untuk itu ada baiknya cuci rutin mobil Anda sehingga body bisa terawat baik.

Dalam hal pencucian mobil pun tidak harus dilakukan tiap hari. Saat musim kemarau, lakukan pencucian mobil setidaknya seminggu sekali. Namun berbeda ketika musim hujan dimana biasanya mobil terpapar air hujan. Langsung siram body mobil jika kehujanan dan keringkan. Alasannya karena air hujan mengandung asam tinggi sehingga body mobil bisa memudar.

Mencuci mobil di tempat teduh dan gunakan kit

Ini juga perlu diperhatikan yakni ketika mencuci mobil harus di tempat yang teduh sehingga air bekas cucian tidak akan cepat mengering yang akan menimbulkan noda. Seusai mencuci mobil dan dipastikan sudah kering, lanjut dengan memberikan kit sehingga tampilan pada body mobil pun mengkilap. Oleskan kit pada keseluruhan body mobilnya.

Kompon body mobil

Mengompon body mobil dibutuhkan sehingga body mobil bisa lebih mengkilap. Namun tidak semua body mobil bisa dikompon. Anda bisa mengompon mobil di bagian body yang terdapat goresan atau kotoran.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!