fbpx

Beberapa tahun yang lalu Dahlan Iskan yang saat itu menjabat sebagai salah satu menteri sempat viral saat mengemudikan mobil listrik. Mobil elektrik atau mobil listrik merupakan sebuah inovasi baru di dalam dunia otomotif kendaraan roda empat. Berbeda dengan mobil kebanyakan yang pada umumnya menggunakan bahan bakar minyak, mobil elektrik ini menggunakan tenaga listrik untuk menggerakkannya.

Mobil listrik diharapkan bisa menjadi solusi untuk menghadapi semakin langkanya sumber bahan bakar minyak dan semakin mahalnya harga minyak dunia. Sistem penggerak pada mobil elektrik adalah daya listrik yang disimpan dalam baterai atau bentuk penyimpanan energi yang lainnya.

Meskipun baru banyak dikenal pada tahun 2000an tetapi ternyata sebenarnya mobil listrik sendiri sudah diproduksi pada tahun 1970 hingga tahun 1980. Mobil listrik jugalah yang digunakan dalam salah satu film superhero produksi Marvel yaitu Iron-Man.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Mobil listrik canggih milik Tony Stark tersebut merupakan produksi perusahaan otomotif Tesla. Lalu mobil listrik apa saja yang bisa dikatakan sebagai mobil elektrik yang terbaik dan terlaris di dunia? Simak daftarnya berikut ini.

Mobil Listrik Terbaik

Cevrolet Volt

Merk otomotif terkenal asal Amerika Serikat ini ternyata juga memiliki mobil listrik sebagai salah satu produknya, Cevrolet Volt namanya. Mobil yang dipasarkan sejak tahun 2010 ini memiliki bentuk bodi yang elegan dan menarik sehingga saat memarkirnya sang pemilik pastinya akan menutupinya dengan selimut mobil agar cat tidak tergores dan merusak keindahannya.

Mobil ini sebenarmya bukan 100% mobil yang menggunakan tenaga listrik karena masih dipadukan dengan penggunaan bahan bakar minyak. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi jika mobil kehabisan daya listrik di tengah perjalanan maka daya mesin akan dialihkan pada bensin secara otomatis.

Dengan menggunakan tenaga yang disimpan dalam baterai litium 42 KWH, Cevrolet Bolt mampu menempuh perjalanan hingga 117 km dalam sekali pengisian baterai secara penuh.

Inovasi yang memadukan listrik dan bensin inilah yang membuat mobil Cevrolet Bolt masuk sebagai mobil listrik terbaik. Harga dari mobil ini adalah sekitar Rp. 660 juta. Kelebihan dari mobil ini adalah tidak perlu kuatir mobil akan mogok di tengah jalan karena kehabisan daya listriknya.

BACA LAGI  Tips Memilih Pembersih Kaca Mobil dan Tips Membersihkannya

Tesla Roadster

Tesla adalah mobil yang digunakan dalam film Iron-Man. Tesla ini juga merupakan produsen asal Amerika Serikat sama dengan Cevrolet. Bedanya dengan Cevrolet Bold adalah mobil Tesla Roadster ini benar-benar 100% menggunakan daya listrik. Desain yang diusung juga tidak kalah elegan dan mewah dari Cevrolet Bold, dengan mengusung tema mobil sport.

Daya pada Tesla Roadster memang lebih besar dari Cevrolet Volt yaitu menggunakan baterai litium berkapasitas 53 KWH dan mampu menempuh jarak hingga 393 km. Harga mobil listrik dari Tesla ini sekitar Rp. 1,1 miliar jauh lebih mahal dari mobil Cevrolet Volt. Sayangnya sejak tahun 2011 mobil listrik ini sudah tidak diproduksi lagi.

Fisker Karma

Ternyata negara di Eropa ini bukan hanya pernah sangat terkenal dengan merk handphone yang handal, Nokia, tetapi juga mampu memproduksi sebuah mobil listrik terbaik di dunia. Diberi nama Fisker Karma, mengusung desain mobil sport yang mewah dengan harga sekitar Rp. 1,5 miliar.

Mobil ini memiliki sistem operasional hampir sama dengan Cevrolet Volt yaitu memadukan tenaga listrik dengan tenaga bahan bakar. Memiliki kecepatan yang bisa membuat orang kagum dan ditenagai oleh baterai berkapasitas 20,1 KWH.

Mobil Listrik Terlaris

Nissan LEAF

Negara di Asia juga tidak ketinggalan dalam produksi mobil listrik, salah satunya produsen dari Jepang, Nissan. Mobil listrik besutan negeri sakura ini desainnya memang tidak semewah dan seelegan mobil listrik dari Amerika Serikat.

Nissan LEAF hanya mengusung desain mobil perkotaan atau city car yang sederhana. Tetapi jangan kuatir karena untuk performa mesin dan tingkat kenyamanan tidak kalah dari mobil listik asal Amerika atau Eropa.

Hal tersebut dibuktikan dengan berhasilnya mobil Nissan LEAF ini menggondol penghargaan sebagai Green Car Vision 2010 yang lalu. Selain itu juga berhasil menyabet gelar World Car of The Year setahun setelahnya yaitu pada 2011.

Bukan hanya itu saja tetapi masih ada 2 award lain yang telah diraih oleh Nissan LEAF ini makanya tidak mengherankan jika banyak orang yang berminat untuk memiliki dan membelinya.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!