fbpx

Seperti yang telah diketahui bahwa Toyota Avanza merupakan mobil sejuta umat yang banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan Toyota Avanza memiliki harga yang terjangkau dan mampu menampung penumpang dalam jumlah yang banyak. Ternyata tidak hanya mobil baru, mobil second Toyota Avanza juga banyak dicari oleh masyarakat, tidak lain juga karena harganya yang lebih terjangkau.

Saat hendak membeli mobil ini Anda bisa menemukannya dengan mudah di dealer resmi maupun di pasar mobil second Toyota. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal saat hendak membeli mobil Toyota Avanza second. Tujuannya agar bisa mendapatkan mobil sesuai dengan harapan, nyaman saat digunakan, dan memiliki performa yang baik. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

1. Cek usia kendaraan

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan saat hendak membeli mobil Toyota Avanza adalah usia kendaraan. Sebaiknya pilih mobil Toyota Avanza yang memiliki rentang usianya dari tahun 2012 hingga 2015. Dengan memilih kendaraan dari rentang usia tersebut maka Anda telah memilih kendaraan yang masih baru, sehingga masih memiliki kondisi mesin yang bagus pula.

Apabila Anda bermaksud membeli kendaraan yang memiliki usia di bawah rentang tahun 2012 hingga 2015 maka patut waspada akan kinerja mesin dan juga penggunaannya. Jika tidak berhati-hati maka Anda akan mendapatkan kendaraan yang sudah tidak memiliki performa yang bagus karena sudah digunakan dalam kurun waktu yang lama pula.

2. Cek fisik kendaraan

Setelah memilih kendaraan dengan tahun yang sesuai, selanjutnya Anda harus memeriksa bagian fisik dari kendaraan tersebut. Bagi Anda yang hendak membeli mobil second Toyota Avanza ada beberapa bagian fisik yang harus dicek terlebih dahulu.

Lampu-lampu

Anda bisa memulainya dengan mengecek semua jenis lampu yang ada pada kendaraan. Pastikan lampu-lampu pada mobil, baik itu dari depan hingga belakang bisa menyala dalam kondisi baik.

Busi

Anda juga harus memeriksa kondisi busi mobil. Mobil yang sudah digunakan dalam jangka waktu lama biasanya kondisi businya lebih lemah. Akibatnya kendaraan menjadi mudah tersendat dan boros.

Rem

Rem juga menjadi bagian yang harus Anda perhatikan dan lakukan cek secara langsung. Pastikan rem tidak berbunyi saat digunakan. Jika berbunyi maka Anda bisa melakukan pengecekan lebih mendalam lagi.

BACA LAGI  Pahami 5 Cara yang Tepat Cuci Mobil di Rumah

Sok breaker

Sok breker merupakan hal penting yang harus diperhatikan karena mempengaruhi keselamatan dalam berkendara. Sok breker yang sudah tidak layak digunakan berpengaruh pada usia ban yang digunakan.

Knalpot

Pastikan bahwa knalpot mobil yang hendak dibeli tidak bocor pada bagian pipa, muffler, exhaust, dan manifold. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan suara yang dikeluarkan oleh knalpot, apakah normal atau sebaliknya.

Filter

Terdapat tiga jenis filter pada mobil Toyota Avanza yang harus diperhatikan, yakni filer udara, bahan bakar, dan oli.

Ban

Memeriksa ban juga menjadi hal yang harus dilakukan. Pasalnya ban yang gundul sangat berbahaya jika digunakan secara terus menerus.

Interior mobil

Interior mobil juga menjadi bagian fisik kendaraan yang penting untuk diperhatikan. Pastikan interior mobil lengkap dan dalam kondisi baik, baik itu busa kursi penumpang, kulit jok, warnanya masih bagus, sit belt, warna interior yang masih bagus, dan sebagainya.

Pastikan bahwa mobil dalam kondisi terawat. Anda juga bisa merawat mobil dengan cara memasang cover mobil Avanza agar mobil tetap memiliki bodi yang mengkilap.

3. Lakukan Test Drive

Melakukan test drive merupakan hal penting yang harus Anda lakukan saat hendak membeli kendaraan. Dengan melakukan test drive secara langsung maka Anda bisa merasakan kinerja mesin mobil. Selain itu, berbagai fitur mobil lainnya seperti rem, setir, dan sebagainya bisa dirasakan secara langsung.

Anda bisa melakukan test drive di jalanan yang berkelok-kelok dan tidak terlalu rata. Tujuannya agar bisa mengukur sejauh mana performa mesin dari kendaraan yang hendak dibeli tersebut.

4 Perhatikan Harga

Harga juga menjadi bagian yang harus diperhatikan dengan saksama. Sebaiknya jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, sebab dengan harga yang murah tersebut bisa jadi kendaraan sudah dalam kondisi yang tidak baik. Dan yang lebih parah lagi kendaraan tersebut dalam kondisi yang parah, sehingga menjadikan Anda mengeluarkan biaya yang banyak untuk memperbaikinya.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!