fbpx

Memiliki kendaraan yang masih kinclong merupakan idaman bagi banyak orang. Cat yang masih tetap cerah dan mulus dalam waktu lama akan memberikan kesan indah dipandang siapapun. Namun Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar cat tetap awet dalam jangka waktu yang sangat lama. Untuk itu simak artikel berikut ini.

Inilah Cara dan Tips Agar Mobil Tetap Mulus

Hindarkan Mobil dari sinar UV

Sinar matahari yang terlalu ekstrim terutama saat kendaraan di parkir dengan waktu yang cukup lama sangatlah berbahaya bagi cat mobil. Usahakan jika Anda parkir carilah tempat yang sekiranya teduh atau sinar matahari yang tidak langsung ke tubuh mobil.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Jika memang tempat parkirnya tetap tersorot sinar matahari maka Anda harus menutup mobil Anda dengan cover mobil. Hal itu dipastikan akan mengurangi intensitas sinar matahari yang langsung menyorot ke bodi mobil.

Teratur mencuci mobil.

Hal ini harus dilakukan karena kotoran terutama debu yang sudah lama nempel di mobil ternyata dapat membuat cat mobil menjadi kusam atau tidak berkilau. Kalau tidak hujan dan kondisi cuaca normal maka minimal mobil dicuci 1 minggu sekali.

Tapi kalau kondisi cuaca sedang hujan maka Anda harus lebih ekstra atau lebih sering mencucinya. Terutama jika sehabis hujan, minimal cuci dengan air biasa kemudian dikeringkan.

Gunakan sabun khusus pencuci mobil saat mencuci.

Jangan menggunakan sabun biasa atau sabun lainnya karena derajat keasaman (pH)-nya tidak seimbang dan dapat mempengaruhi warna pada cat mobil. pH sabun biasa dengan pH sabun khusus cuci mobil berbeda.

Ada baiknya jika mencuci mobil dilakukan secara rutin kira-kira satu minggu sekali. Atau jika mobil kita sudah terlihat agak kotor sebaiknya langsung saja dicuci karena kotoran yang menempel pada mobil jika dibiarkan terus menerus, lama kelamaan akan sulit dibuang.

Sehingga hal ini bisa merusak cat pada body mobil. Jadi sebaiknya mencuci mobil harus dilakukan secara rutin agar body mobil tetap kinclong seperti mobil baru lagi.

Kompon Body Mobil

Dalam cara merawat cat pada body mobil agar tetap mengkilat ialah dengan cara mengkompon body mobil. Namun jangan salah, mengkompon body mobil hanya dilakukan untuk bagian-bagian tertentu yakni khusus pada bagian mobil yang terkena kotoran ataupun goresan yang memungkinkan dengan cara di kompon bisa bersih.

BACA LAGI  Harga Selimut Mobil Terbaru

Dengan demikian maka tidak terlihat lagi kotoran yang menempel ataupun bekas goresan. Mengkompon mobil hendaknya dilakukan dengan cara yang benar serta menggunakan kompon dengan merek yang berkualitas.

Berikan Kit Pada Body Mobil Sehabis Dicuci

Berikan kit secara merata ke seluruh bagian mobil. Pemberian kit ini berfungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran lembut yang menempel pada body mobil setelah dicuci. Dengan pemberian Kit pada seluruh bagian body mobil dengan cara yang benar akan membuat cat pada body mobil menjadi lebih halus, kinclong, dan mengkilat seperti mobil baru.

Jangan Sering Memarkir Mobil Di Tempat Yang Panas

Cara merawat cat pada body mobil agar tetap mengkilat selanjutnya ialah dengan cara memarkirkan mobil ditempat yang adem atau dengan kata lain jangan sering memarkirkan mobil di tempat yang panas. Sebab hal ini juga bisa merusak cat pada body mobil.

Parkir di tempat panas akan membuat cat pada body mobil semakin lama semakin terlihat kusam. Hal ini dikarenakan panas sinar matahari yang tidak mampu diserap oleh warna cat pada body mobil, apalagi bahan mobil yang terbuat dari seng akan menambah panasnya suhu pada body mobil.

Jangan Menutup Mobil Ketika Mobil dalam keadaan Basah

Cara merawat cat pada body mobil agar tetap mengkilat ialah jangan biasakan menutupi mobil dengan mantel mobil ketika dalam keadaan basah. Hal ini juga dapat merusak cat pada body mobil disebabkan hawa lembab yang terjadi saat mobil ditutup dengan sarung mobil.

Dengan seringnya menutupi mobil ketika masih basah, lama kelamaan cat pada body mobil akan terlihat kusam dan kurang mengkilat. Jadi alangkah baiknya mobil dilap bersih dan kering terlebih dahulu sebelum menutupi mobil dengan sarung mobil agar cat body mobil terlihat semakin awet dan semakin kinclong.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!