fbpx

Sebelum membeli cover mobil, pertimbangkan terlebih dahulu bahan yang digunakan untuk car cover tersebut. Sebab bahan berkualitas tinggi mampu menjaga keawetan cat warna mobil dan tidak membuat body mobil mudah rusak akibat car cover yang digunakan.

Jika Anda salah memilih bahan yang digunakan untuk melindungi mobil, maka bisa jadi akan menimbulkan kerusakan pada body mobil. Salah satu bahan car cover yang bisa menimbulkan kerusakan pada body mobil yaitu bahan sintesis.

Penggunaan car cover yang terbuat dari bahan sintesis 100% bisa membuat permukaan body mobil menjadi terlihat seperti ada gesekan-gesekan yang baru. hal tersebut terjadi karena kain sintesis bersentuhan secara langsung dengan permukaan cat dan cukup sering dalam waktu yang berdekatan.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Sebaiknya hindari produk bahan car cover semacam itu karena permukaan dari bahannya juga cukup licin baik dari dalam maupun luar cover. Meskipun bahan sintesis merupakan bahan yang tahan terhadap air atau waterproof, namun sisa air yang ada pada cover akan membuat daya tahan permukaan bagian dalam semakin parah.

Terlebih lagi bahwa bahan sintesis yang digunakan untuk membuat car cover ini akan mudah sobek. Sebaiknya gunakan bahan car cover yang berkualitas dan mampu menjalankan fungsinya sebagai pelindung mobil baik dari air hujan, dari sinar matahari ataupun melindungi mobil agar tidak terjadi kerusakan baru seperti gesekan pada permukaan mobil.

Tips Memilih Bahan Car Cover yang Aman untuk Digunakan

Bahan Polyester

Bahan polyester merupakan salah satu bahan yang aman untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan car cover. Kelebihan dari bahan ini yaitu lebih kuat dan air yang ada tidak akan menyebar ke daerah lainnya. Bahan Polyester merupakan bahan yang aman untuk dijadikan sebagai car cover sebab bahan tersebut tidak mudah robek dan sudah terbukti tahan terhadap air.

Bahan polyester sudah terjamin kualitasnya dan pada saat digunakan untuk melindungi mobil juga tidak akan menimbulkan goresan baru. Berbeda dengan bahan sintesis yang bisa menimbulkan goresan baru terhadap permukaan mobil serta bahan tersebut mudah sobek.

Bahan polyester ini sangat tipis dan kedap air serta anti angin. Ciri-ciri dari bahan polyester ini memiliki lapisan tipis dan permukaan kainnya memang agak kasar sehingga bisa menahan panasnya sinar matahari dan tahan terhadap air meskipun keadaan alir mengalir.

BACA LAGI  Mobil 101: Cara Merawat Kesayangan Kamu di Musim Dingin

Bahan Milky

Bahan milky juga cocok digunakan sebagai car cover dan aman untuk melindungi mobil dari air hujan serta panasnya matahari. Bahan ini juga tidak akan menimbulkan goresan baru terhadap permukaan mobil sebab lilin pada bagian luar berfungsi sebagai anti bocor serta anti gores.

Warna car cover berbahan dasar milky ini biasanya berwarna putih. Lapisan coating pada bahan milky berfungsi untuk menahan air yang akan masuk ke permukaan mobil. Sekilas jika Anda memperhatikan bahan milky ini dengan baik maka bahannya hampir sama dengan parasut.

Yang membedakan antara bahan parasut dan bahan milky yaitu bahan milky lebih tebal dan lebih kuat jika dibandingkan dengan bahan parasut. Bahan milky yang digunakan untuk car cover sudah terjamin kualitasnya sehingga akan membuat mobil Anda terhindar dari goresan akibat gesekan.

Bahan Taslan

Bahan taslan biasa digunakan untuk membuat jaket tahan air sebab bahan ini benar-benar tahan terhadap air dan ketahanan nya mencapai 99%.  Bahan anti air ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan car cover outdoor sebab bahan yang tidak mudah sobek dan bahan yang kuat terhadap terpaan sinar matahari ini bisa melindungi mobil Anda saat parkir di area bebas atau di luar lapangan.

Bahan taslan juga hampir sama dengan bahan parasut. Akan tetapi bahan taslan lebih tebal dan lebih kuat, ringan serta lembut saat dipegang di tangan. Kerapatan dari bahan taslan juga lebih bagus jika dibandingkan dengan bahan lainnya.

Bahan Nolana

Bahan nolana merupakan bahan yang berasal dari bahan dasar coating karet. Tekstur dari bahan nolana sangat lembut dan elastis jika ditarik. Lapisan coating pada bahan nolana ini berfungsi untuk menahan air.

Bahan nolana ini berbeda dengan bahan milky. Jika pada bahan milky terdapat lapisan lilin bagian luarnya, akan tetapi pada bahan nolana ini tidak memiliki bahan nolana. Namun keduanya sama-sama tahan terhadap air karena lapisan coating yang dimilikinya.