Anda memiliki mobil kesayangan? Tentunya harus dirawat dengan baik, termasuk cat mobilnya. Hal ini karena cat body mobil termasuk hal penting, dapat memberikan kesan indah pada bagian eksterior mobil.

Dengan begitu cat mobil membutuhkan perhatian yang ekstra supaya tidak mudah kusam dan lecet. Perawatan yang dilakukan juga cukup mudah dan pastikan juga untuk mengetahui hal-hal yang harus dihindari supaya cat tetap terjaga dengan baik.

Hindari Hal Ini Supaya Cat Mobil Kesayangan Tetap Terjaga

Hindari Sabun Dengan Kadar Asam Tinggi

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Saat mencuci mobil kebanyakan pemilik menggunakan sabun, seperti sabun cuci atau shampoo. Tapi sabun sendiri tidak cukup dan tidak baik karena memiliki kadar asam yang tinggi. Dapat menimbulkan korosi pada permukaan cat mobil kesayangan anda.

Meskipun kadar asam pada sabun atau shampoo dapat membersihkan kotoran, tapi ada baiknya menghindari penggunaan sabun dengan kadar asam yang tinggi.

Selain itu, air hujan juga memiliki kadar asam yang cukup tinggi. Jadi ada baiknya setelah mobil terkena air hujan langsung dibilas dengan air bersih. Bisa juga menggunakan cover mobil saat mobil di parkir di luar ruangan.

Dengan body cover tersebut, maka air hujan tidak akan mengenai bagian mobil. Mobil juga akan terhindar dari panas matahari, kotoran burung, getah pohon dan serangga lainnya. Karena saat kotoran menempel pada bagian cat, maka akan menyisakan flek atau bekas yang kemungkinan tidak disadari oleh pemilik mobil.

Hindari Sinar Matahari Langsung

Saat kita membersihkan mobil, sebaiknya pindah mobil ke tempat yang lebih teduh dan usahakan jangan biarkan mobil terkena matahari secara langsung. Apalagi dalam waktu yang lama.

Hal tersebut dapat merusak cat mobil dan cat menjadi mengelupas. Oleh karena itu sarung mobil sangat diperlukan dalam hal ini.

Apalagi saat ini udara panas sudah semakin berat dan kondisi beberapa kendaraan pribadi semakin buruk. Suhu dan cuaca panas sinar matahari ini dapat membuat cat menjadi kusam, mudah pudar, warna menjadi gelap dan rentan.

Kita dapat menghindari hal tersebut dengan mencari lokasi parkir ideal. Memiliki atap atau berada di bawah pohon yang rindang. Dengan begitu sinar matahari tidak akan langsung menuju cat mobil. Jika anda bepergian ke pusat perbelanjaan, sebaiknya pilih parkir di dalam basement atau gedung dibandingkan tempat terbuka.

BACA LAGI  Inilah 3 Ciri Body Cover Mobil Terbaik dan Anti Air

Karena sinar UV matahari lama-lama dapat membuat cat mobil menjadi belang, warna semakin pudar dan ada kemungkinan terjadinya retak.

Tips Menjaga Cat Mobil Tetap Bagus

Supaya mobil terlihat tetap performa, para pemilik tentunya harus memperhatikan perawatan mobil kesayangannya. Terutama pada bagian cat mobil yang dapat mempengaruhi tampilan mobil.

Tampilan mobil tersebut juga mempengaruhi harga mobil itu sendiri. Oleh karena itu, anda perlu menjaga kualitas cat mobil dengan baik. Sedangkan untuk menjaga cat mobil tetap bagus dapat dilakukan beberapa hal, mulai dari:

  • Melakukan perawatan secara teratur
  • Cuci mobil 1 minggu sekali
  • Gunakan shampoo khusus mobil
  • Hindari penggunaan sabun/detergen
  • Hindari panas
  • Tutup mobil dengan sarung mobil
  • Gunakan pelindung cat berkualitas

Dengan melakukan perawatan yang tepat, maka cat mobil tidak akan rusak. Mobil juga tidak akan terlihat kusam lagi dan memiliki harga jual yang cukup bagus.

Tips tersebut termasuk tips yang mudah dilakukan dan shampoo atau cat pelindung yang digunakan juga mudah ditemukan.

Tips Merawat Mobil Tua

Saat anda memiliki mobil kesayangan yang sudah cukup tua, tentunya perawatan tetap harus dilakukan. Mulai dari cek mesin mobil secara rutin, pemakaian bahan bakar dan oli.

Perhatikan juga ring, kabel dan karet penyangga yang ada pada mobil. Velg, ban mobil, bersihkan secara teratur dan gunakan vakum cleaner untuk membersihkan bagian dalam mobil tersebut.

Tambahkan juga beberapa perawatan lain seperti cover jok, melepaskan kepala aki, menggunakan compound supaya mobil menjadi mengkilap, melakukan cat ulang dan tetap gunakan sarung mobil. Merawat mobil baru dan mobil lama juga tidak sulit seperti yang dibayangkan. Bisa dilakukan perawatan secara berkala melalui beberapa panduan dan mengganti komponen yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Jangan terpengaruh dengan penawaran harga yang murah tapi justru mendapatkan bahan yang tidak jelas.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!