fbpx

headlamp

Mobil yang sering dipakai keluar biasanya mempengaruhi tampilan eksteriornya. Salah satunya tampilan pada headlamp atau kaca lampu mobil yang lama kelamaan berubah menjadi kekuningan. Nah, berikut ini ada tips untuk membersihkan headlamp mobil yang kusam bagian dalam. 

#1 Pakai Cairan Pembersih Kaca

Sebelum membersihkan headlamp menggunakan cairan pembersih kaca, perhatikan dulu kondisi dari kaca headlamp tersebut. Perhatikan apakah kondisi kerusakan ada pada dalam atau luar kaca. Jika terdapat kelembapan di dalam kaca headlamp, lepaskan terlebih dahulu covernya dan keringkan air yang ada di dalamnya. Jika kerusakan ada pada bagian luar, maka agan bisa langsung membersihkannya dengan menggunakan cairan pembersih kaca.

cairan pembersih mobil

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Poleslah dengan menggunakan pemoles mobil ataupun plastik khusus. Biasanya pemoles mobil khusus ini memiliki zat pengikis yang lembut untuk membersihkan kaca headlamp mobil. Pastikan cairan pembersih tersebut tidak mengenai plastik hitam yang ada di pinggiran headlamp mobil karena nantinya akan sulit sekali dihilangkan.

#2 Pakai Selotip Penutup

Selain cairan berupa pembersih kaca dan pasta gigi, selotip penutup bisa juga agan gunakan untuk membersihkan headlamp mobil.

selotip penutup

Langkah pertama saat membersihkan kaca headlamp mobil adalah amplas terlebih dahulu headlamp mobil agan. Jangan kaget, proses ini memang akan menimbulkan goresan-goresan pada kaca headlamp mobil. Namun setelah itu goresannya dapat agan hilangkan. Caranya, basahi terlebih dahulu amplas yang agan gunakan dengan air sabun. Kemudian semprotkan kaca headlamp dengan semprotan pembersih khusus. Lalu lap dengan menggunakan kain bersih atau handuk.

Saat headlamp masih dalam keadaan basah, oleskan kompon secara merata pada lensa headlamp mobil depan agan. Siapkan spon dan amplas, kemudian celupkan ke dalam air sabun. Setelah itu, amplas kaca headlamp mobil agan dengan gerakan mendatar dan rata. Lakukan hal ini berulang kali dan basahi kembali amplas dengan air sabun. Lanjutkan terus proses pengamplasan dengan menggunakan amplas berukuran 1200, 2000, dan 2500 secara berurutan agar dapat menghilangkan goresan-goresan yang ditimbulkan dari proses pengamplasan sebelumnya.

Setelah selesai mengamplas, oleskan secara merata kompon plastik dan biarkan hingga beberapa saat dan bersihkan dengan menggunakan lap bersih. Agar headlamp agan bersih sempurna, bersihkan lensa dengan menggunakan air sabun untuk membersihkan sisa-sisa kompon yang masih menempel pada headlamp mobil. Setelah dirasa bersih, oleskan wax untuk menjadi dari headlamp mobil agan. Saat mengoleskan wax pastikan mobil benar-benar dalam keadaan bersih.

#3 Pakai Pasta Gigi

Ternyata selain untuk sikat gigi, pasta gigi punya manfaat lain. Pasta gigi dengan merk dan jenis apapun terutama yang terdapat kandungan memutihkan, zat abrasif (sillica atau soda) dapat agan gunakan untuk membersihkan headlamp mobil. Tapi selalu ingat, jangan lupa selalu gunakan sarung tanggan untuk melindungi tangan agan.

pasta gigi

Pertama-tama cuci headlamp mobil agan terlebih dahulu sampai bersih dari kotoran, debu, dan goresan yang ada. Untuk melindungi komponen yang ada di sekitar kaca seperti karet, cat, krom, dan lainnya jangan lupa gunakan selotip kertas. Jika sudah, tuangkan pasta gigi pada kain lembut yang sudah dibasahi sebelumnya. Lalu gosokkan kain tersebut pada headlamp mobil agan dengan gerakan melingkar dan perlahan-lahan saja.

Gosokan dengan sedikit penekanan pada saat mengoleskan pasta gigi ke headlamp. Tujuannya agar goresan-goresan pada headlamp mobil bisa hilang sampai tampilan headlamp mobil agan benar-benar bersih. Tambahkan air ketika kondisi headlamp mobil agan sudah mulai jernih.

Paling tidak satu lampu butuh waktu sekitar 3-5 menit untuk membersihkannya. Saat dirasa sudah bersih, hentikan menggosok dan bersihkan headlamp dengan air bersih. Kemudian lap headlamp tersebut dengan menggunakan lap kering. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan lapisan pelindung pada akhir proses pembersihan.

#4 Cegah Kusam Pada Headlamp dengan Sering Pasang Cover Mobil.

cover mobil

Nah, yang ini bukan bermaksud promosi ya gan… Coba agan pikir-pikir lagi…

Kalau mobil agan rajin dicoverin, body mobil termasuk headlamp mobil agan bakal aman terlindungi dari debu-debu dan gesekan benda-benda yang ada di sekitar mobil. Tapi ingat, pilih cover mobil yang bahannya lembut. Tidak bikin baret-baret di body mobil, apalagi baret-baret di headlamp.  

Nah, itu tadi 4 tips yang bisa agan lakukan untuk mencegah kusam pada headlamp mobil. Mulai sekarang udah ga ada cerita bete cuma gara-gara headlamp kusam lagi ya gan. Selamat mencoba!  

BACA LAGI  Harga Selimut Mobil dari yang Murah Hingga Mahal

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!