fbpx

Modifikasi mempunyai arti mengubah penampilan atau meningkatkan performa. Konon modifikasi mulai muncul pada era tahun 1960-an. Saat peralatan mesin, elektronik dan teknologi mengalami kemajuan yang sangat besar. Modifikasi mulai umum dilakukan di negara barat.

Tetapi untuk saat ini banyak orang terutama mereka yang suka dengan otomotif dan suka berkreasi akan lebih tertarik dengan bidang modifikasi. Anda dapat menjumpai banyak mobil modifikasi pada saat pameran. Model antara mobil yang satu dengan model yang lain berbeda-beda.

Jika berminat memodifikasi mobil kesayangan anda. Di bawah ini hal-hal yang perlu anda perhatikan sebelum dan sesudah memodifikasi.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Memodifikasi Mobil

Anggaran dan Biasanya

Yang pertama adalah anggaran atau biaya. Jika anda ingin memodifikasi mobil maka Anda sudah mempunyai gambaran biaya berapa yang harus Anda keluarkan. Jika anda mempunyai biaya maka tinggal membuat perencanaan keuangan.

Merencanakan keuangan untuk modifikasi mencegah Anda dari risiko atau dampak  overbudget serta inginan yang berlebih. Jika menuruti keinginan, inginnya mobil yang dimodifikasi dipermak sebagus dan sekeren mungkin tak peduli biaya yang dikeluarkan biaya yang harus dikeluarkan.

Untuk itulah dibutuhkan komitmen menetapkan batas maksimal anggaran. Jika sekiranya sudah mendekati batas maksimal dana, sudah saatnya Anda untuk menahan diri untuk menambah komponen modifikasi.

Jika Anda seorang  yang masih pemula di dunia modifikasi lebih baik belajar melakukan modif dari hal mudah terlebih dahulu dan  yang tidak terlalu membutuhkan budget besar.

Menentukan Tema: Desain, Komponen, Hingga Permainan Warna

Jika anggaran sudah dibuat rancangan keuangan maka selanjutnya Anda harus menentukan tema. Tema seperti apa yang akan ditentukan untuk modifikasi mobil Anda. Tema dapat berupa hal-hal yang Anda senangi.

Ada berbagai macam aliran modifikasi seperti, luxury, classic, elegant, retro, hingga off-road. Berbagai gaya modifikasi mempunyai tuurunan misalnya Japanese Domestic Market atau yang kerap disingkat JDM, dan DUB Modification Style yang identik dengan glamour serta velg besar dengan full chrome serta Euro DM.

HellaFlush Style merupakan aliran modifikasi yang lain yang mana semakin berkembang di Indonesia. Aliran ini lebih kekinian dan banyak disukai oleh anak muda. Aliran ini merupakan adaptasi dari Amerika atau biasa disebut dengan  USDM.

BACA LAGI  Melirik Bisnis Modifikasi Mobil, Hobi yang Menjadi Ladang Rezeki

Ciri yang sangat terlihat dari aliran HellaFlush Style yaitu  velgnya yang agresif dan keluar dari body. Untuk diameter velg lebih  lebar serta  ruang jarak ban terlihat pas. Jarak ban yang menyentuh tanah dibuat seminimal mungkin dan yang artinya semakin ceper semakin keren dan unik.

Jika  Anda sudah  menentukan tema maka akan lebih mudah  membuat gambaran untuk  desain. Lalu anda juga harus menentukan  warna serta menentukan komponen apa yang perlu ditambah. Lebih baik jika anda membuat daftar list  mengenai komponen yang diperlukan dari modifikasi eksterior maupun interior yang ingin anda lakukan.

Survey Harga dan Komparasi

Dari daftar list komponen yang sudah di buat sebelumnya, saatnya untuk mulai survey harga. Catatlah semua secara rinci dan teliti terkai dengan harga dari tiap komponen. Survey beberapa tempat yang menjual kompone-komponen yang anda perlukan. Jika anda ingin membeli jangan terkecoh dengan harga, yang murah belum tentu hasilnya memuaskan.

Anda juga bisa membuka dan mencari informasi melewati media internet. Cari toko-toko online penjual barang yang anda perlukan. Jangan ragu untuk meminta saran kepada teman dan komunitas modifikasi atau pecinta otomotif.  Tidak usah malu bertanya, jika diperlukan tanyakan pada orang yang sudah ahli dan berpengalaman.

Setelah terkumpul dan selesai terkait dengan komponen dan harga, lalu cocokkan dengan anggaran yang ada. Jangan sampai melebihi batas maksimal anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Untuk anda pemula pasti kesulitan memasangnya sendiri maka tambah anggaran untuk biaya pemasangan.

Hal yang Dilakukan Setelah Memodifikasi Mobil

Setelah Anda memodifikasi mobil maka hal setelahnya berkaitan dengan cara merawat agar tetap terjaga dan bagus. Misalnya mencuci mobil dan membersihkan mobil secara teratur, memperhatikan mesin-mesin mobil agar tetap baik jika melaju di jalan,dll.

Untuk menjaga cat warna pada mobil agar tidak cepat pudar dan kusam. Anda dapat menggunakan cover mobil, yang berguna melindungi mobil dari terik sinar matahari dan juga hujan. Banyak yang jual cover mobil baik secara online maupun offline. Warnanyapun beragam, untuk harga menyesuaikan dengan bahan dan jenisnya.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!