Membeli mobil untuk sebagian orang yang mampu bisa jadi hal yang mudah. Namun semahal-mahalnya harga mobilnya, sebuah mobil tetap membutuhkan perawatan. Sebuah mobil harus dirawat sebagaimana mestinya agar mobil tersebut tetap awet dan nyaman saat dikendarai. Salah satu cara untuk merawat mobil adalah dengan mencuci mobil.

Bagi setiap pemilik mobil, mencuci mobil sudah jadi hal yang biasa. Mencuci mobil bisa dilakukan sendiri di rumah atau dilakukan oleh orang lain dengan membawa mobil ke car wash. Mungkin di tempat tinggal agan sudah banyak car wash yang menawarkan berbagai macam cara mencuci, seperti cuci mobil salju. Dengan adanya car wash tersebut akan memudahkan agan dalam merawat body mobil agar tetap mengkilat seperti mobil baru.

Merawat cat pada body mobil agar tetap mengkilat terkesan seperti hal yang sepele. Namun hal yang sepele tersebut justru seringkali tidak terjamah karena kesibukan-kesibukan kita. Apalagi pada saat musim hujan. Kegiatan mencuci mobil sudah pasti jadi hal yang memuakan karena setelah mobil dibersihkan kemudian mobil dibawa bepergian, pasti mobil akan kotor lagi.

Namun seringkali hasil dari mencuci mobil sendiri di rumah kurang memuaskan, tidak seperti mencuci mobil di car wash. Hal ini bisa disebabkan karena alat dan perlengkapan mencuci mobil di tempat cuci mobil lebih lengkap. Nah, bagaimana kalau mencuci mobil sendiri di rumah hasilnya bisa seperti mencuci mobil di car wash? Ikuti tips mencuci mobil agar mengkilap berikut ini.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Sebelum memulai mencuci mobil, tentunya agan harus mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu. Apa saja peralatan yang harus disiapkan..??? 

peralatan mencuci mobil di rumah

source: google

  1. Sabun untuk mencuci mobil
  2. Spon atau busa sabun yang lembut
  3. Kain kasar yang dapat dipakai untuk membersihkan kotoran yang menempel di velg mobil
  4. Sikat halus untuk menghilangkan kotoran yang menempel di ban
  5. Alat penyedot debu ukuran kecil
  6. Selang untuk mengalirkan air dari kran agar agan lebih mudah menyeprotkannya ke body mobil
  7. Ember untuk menampung air sabun
  8. Kanebo atau kain khusus untuk mengeringkan air dari body mobil setelah dicuci bersih
  9. Semir untuk ban mobil
  10. Semir cat mobil
  11. Semir untuk bagian interior
  12. Parfum untuk menghilangkan bakteri atau kuman sekaligus membuat mobil lebih segar

Setelah semua peralatan-peralatan sudah disiapkan. Saatnya proses mencuci mobil dimulai. Ikuti langkah ini agar agan dapat hasil body mobil yang mengkilap. 

mencuci mobil di rumah

Source: google

  1. Usahakan mencuci mobil sampai selesai ditempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari dan hujan.
  2. Agar debu tidak menempel di mobil, bersihkan debu yang ada pada cat mobil menggunakan bulu ayam, agar tidak terjadi goresan pada cat mobil saat mencuci dengan busa.
  3. Bersihkan bagian interior mobil terlebih dahulu, lap jok dan kaca serta bagian-bagian yang berdebu, atau dapat menyedot bagian yang tidak dapat dilap dengan mesin sedot debu. Keluarkan karpet-karpet lantai mobil dan bersihkan diluar, kemudian dijemur sehingga ketika mobil selesai dicuci karpet sudah kering dan dapat dimasukkan kembali ke mobil dan mobil dapat langsung digunakan.
  4. Kembali lagi ke body luar mobil, siram seluruh bagian mobil dengan air bersih, lebih baik menggunakan selang dan kekuatan siraman air jangan terlalu kencang agar tidak merusak cat.
  5. Cucilah berurutan dari bagian atas kemudian turun sampai bagian ban, hal ini untuk menjaga kotoran yang kasar dibagian bawah mobil tidak menempel pada bagian atas mobil sehingga mencegah terjadinya goresan pada cat mobil.
  6. Gunakan sabun untuk mencuci mobil agar tidak merusak warna cat mobil.
  7. Gosok seluruh body mobil dengan spon atau busa yang sudah dicampur dengan sabun untuk mencuci mobil.
  8. Bersihkan body mobil yang sudah digosok dengan sabun untuk mencuci mobil dengan menggunakan air bersih. Disarankan menggunakan selang yang dapat menyemprotkan air dan atur tekanan air.
  9. Lap mobil dengan kanebo atau lap khusus mobil dengan bahan khusus sehingga dapat menyerap air dengan baik, Lap seluruh mobil secara merata dengan cara mengelap mobil yang benar untuk mencegah bekas air yang menempel.
  10. Semir ban menggunakan bahan khusus untuk menyemir ban atau silicon oil sehingga ban mobil terlihat mengkilap dan baru.
  11. Semir bagian interior dengan bahan semir yang disediakan khusus untuk bagian interior.
  12. Semprotkan parfum di bagian interior mobil untuk menghilangkan bakteri dan kuman di dalam mobil serta membuat mobil selalu wangi, segar dan sehat untuk digunakan.  

Nah, itu tadi tips mencuci mobil agar mengkilap. Setelah mobil selesai dicuci dan kering, jangan lupa langsung coverin mobilnya supaya mobil bebas dari debu dan benda-benda tajam yang bakal menggores body mobil. Pastikan pilih cover mobil yang bahannya lembut, tidak bikin body mobil jadi baret-baret. Cek disini

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!