Cover mobil yang bagus pasti akan maksimal melindungi permukaan mobil dari berbagai kerusakan akibat cuaca, debu, atau tindakan-tindakan lain yang tidak sengaja dapat merusak body mobil. Di antaranya seperti teriknya sinar matahari, derasnya air hujan, debu atau kotoran yang bertebaran di udara dan goresan. Selain itu cover mobil ini juga dapat mempertahankan keawetan warna cat supaya tidak cepat pudar karena sinar ultraviolet matahari.

Untuk cover body mobil terbaik biasanya memiliki bahan yang berkualitas. Apalagi mobil tidak hanya diparkir di dalam garasi saja. Bagi pemilik mobil yang tidak memiliki garasi pastinya terpaksa memarkirkan mobilnya di luar rumah. Di sinilah sangat diperlukan cover mobil sebagai pelindung. Oleh sebab itu ketika membeli cover mobil sebaiknya dipikirkan dengan matang. Berikut ini adalah bahan-bahan yang biasa dipakai sebagai cover mobil.

Macam-macam Bahan Cover Mobil yang Bagus untuk Outdoor dan Indoor

Polyester

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Selain parasit, jika lokasi mobil Anda pada tempat terbuka tanpa atap, maka bisa menggunakan bahan ini. Polyester ini merupakan bahan yang kedap air atau waterproof sehingga jenis kain ini mempunyai ketahanan yang kuat terhadap cuaca hujan dan panas. Jenis kain yang memiliki karakteristik kuat, tidak berpori, dan tidak mudah pudar ini sehingga pemilik mobil tidak khawatir mobil akan rusak terkena air hujan.

Parasit Silver

Jenis kain ini sangat sesuai untuk melindungi mobil dari paparan sinar matahari, debu, dan air karena memiliki tekstur yang lembut, halus, dan tergolong bahan yang kedap air. Bahan ini cocok digunakan pada mobil yang sering diparkir outdoor karena terkenal kekuatannya dalam melindungi dan tahan lama. Banyak cover mobil yang menggunakan parasit sebagai bahannya.

Ripstok

Ripstok merupakan sejenis kain yang memiliki coating anti air pada bahan bagian dalam dan luarnya sehingga tidak akan merusak body mobil. Jenis bahan ini memiliki ketahanan terhadap air dan kualitas anti gores yang sama antara bagian luar dan dalam bahannya. Bahan yang biasa disebut coating bening ini juga cocok digunakan pada mobil yang diparkir pada area outdoor.

Taslan

Bahan taslan adalah kain yang sering digunakan untuk jaket karena sifatnya yang waterproof (antiair). Karena itulah bahan ini yang paling populer dibanding bahan lainnya. Walaupun tidak semua taslan bersifat antiair. Sekilas taslan ini mirip dengan parasut. Namun taslan lebih lembut, tebal, ringan dan lebih kuat ketimbang parasut sehingga kerapatannya pun semakin rapat.

Ada berbagai macam jenis kain untuk bahan taslan ini yaitu taslan semprot, taslan jarum, dan taslan balon. Taslan yang bagus adalah bahan taslan parasut. Jenis kain ini memiliki lapisan rubber coating dikarenakan memiliki windproof 95% yang bagus digunakan sebagai cover mobil outdoor.

Bahan ini memiliki lapisan karet yang kuat yang memiliki kelebihan yaitu ringan dan tidak mudah sobek. Bahan kain taslan terbuat dari serat polyester yang diproses dengan bagus. Bahan taslan ini memiliki kualitas yang jauh lebih baik karena kerapatan bahan yang sangat rapat dan lebih terlindungi.

Kain Puma

Kain puma sejenis dengan taslan. Namun puma memiliki sifat bahan yang lebih kuat, tebal, dan mempunyai ketahanan terhadap air yang lebih bagus. Yang lebih uniknya lagi, kain puma mempunyai lapisan lilin dengan efek daun talas untuk bagian luarnya dan coating tebal anti air untuk bagian dalamnya.

Membicarakan soal lapisan, cover mobil yang bagus terdiri dari empat komposisi, di antaranya:

  • Lapisan pertama, merupakan bagian terluar yang berfungsi sebagai penahan pancaran sinar matahari langsung atau terpaan air hujan,
  • Lapisan kedua, berfungsi sebagai untuk menghindari adanya embun karena penguapan udara atau sebagai media pernapasan,
  • Lapisan ketiga berguna sebagai pelindung dan penguat lapisan dasar lainnya, dan
  • Lapisan terdalam, berfungsi untuk mengurangi gesekan ketika memasang dan melepaskan cover sehingga bahannya lebih lembur.

Itulah bahan-bahan yang digunakan sebagai cover mobil. Dalam memilih cover mobil yang bagus, cara memilih bahan untuk cover mobil juga perlu untuk diperhatikan. Semoga dengan adanya artikel ini akan lebih memberi pengetahuan pada Anda yang ingin mencari cover mobil berkualitas.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!