Pemilik mobil harus cermat untuk memilih car cover yang tepat dan sesuai. Saat ini di pasaran tersedia berbagai bahan dan ukuran penutup mobil. Sangat penting untuk melihat ukuran mobil dan bahan yang digunakan sebagai car cover. Pilihlah cover mobil urban yang ukurannya sesuai dengan mobil, jangan terlalu besar ataupun malah terlalu kecil.

Jika ukuran sarung terlalu kecil akan ada bagian sisi bodi bagian bawah yang tidak tertutupi, sehingga bisa terkena cipratan air hujan atau debu. Sarung mobil yang terlalu besar kemungkinan tidak terpasang dengan presisi sehingga bagian bawah sarung mobilnya tidak kencang, hal ini dapat menyebabkan sarung terlepas atau terangkat ketika ada angin yang berhembus kencang.

Tips memilih cover mobil yang tepat

Cover mobil outdoor

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Selain ukuran, bahan cover mobil urban juga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lokasi parkir mobil. Apabila lokasi parkir mobil pada tempat terbuka (outdoor) atau yang kemungkinan besar terkena hujan, sebaiknya menggunakan sarung mobil berbahan dasar parasut atau polyester. Bahan jenis ini mempunyai permukaan yang licin dan tidak berpori, sehingga mempunyai efek waterproof saat terkena air hujan.

Kekurangan bahan yang tidak tembus air adalah kemungkinan adanya embun di bagian dalam sarung mobil. Jika bagian dalam sarung mobil berembun atau ada air yang meresap, segera lepaskan dan keringkan sarung mobilnya. Tujuannya agar tidak terjadi bercak-bercak jamur di permukaan cat mobil.

Cover mobil indoor

Sedangkan untuk mobil yang sering parkir di dalam ruangan seperti garasi, pilih cover mobil urban berbahan dasar kain yang berpori-pori. Tujuannya untuk memperlancar sirkulasi udara dan menghindari kelembaban permukaan cat bodi mobil.

Warna cover mobil

Perlu diingat juga untuk berhati-hatilah memilih sarung mobil yang warna-warni. Pilih cover mobil urban yang berkualitas dan sebaiknya lakukan tes luntur-tidaknya warna sarung mobil yang dibeli. Ada beberapa sarung mobil yang warnanya luntur saat terkena air hujan. Akibatnya warna yang luntur melekat pada permukaan bahkan merusak cat mobil.

Pilih bahan yang halus

Dari sisi bahan sarung mobil juga menentukan keamanan dari cat mobilnya, jika bahan yang digunakan kasar tentu membuat permukaan cat mobil menjadi baret-baret halus. Sebaiknya pilihlah sarung penutup mobil yang berbahan halus agar kondisi cat mobil Anda tetap terjaga baik.

Tapi bahan fabric ini masih bisa digunakan di outdoor walaupun tidak memberikan perlindungan yang prima. Jika anda ingin memilih cover mobil urban outdoor anda harus memilih bahan jenis Ripstock dikarenakan tidak tidak dapat mudah merusak body mobil karena bahan ini memiliki coating anti air di bagian dalam dan luar. Berikut jenis-jenis bahan yang bagus untuk cover mobil anda.

Sesuaikan penggunaan dengan bahan cover mobil

Bahan Polyester

Jenis bahan ini adalah bahan yang memiliki daya tahan yang kuat terhadap terpaan air hujan dan sinar matahari, selain itu bahan ini tidak mudah pudar terhadap cuaca apapun, bahan ini cocok untuk digunakan secara outdoor.

Bahan Milky

Bahan ini memliki coating anti gores dan anti bocor hal ini dapat dilihat ketika air mengenai bahan ini akan menimbulkan efek daun talas atau bias dikatakan waterproof. Jenis bahan ini lebih kuat dan tebal dari jenis bahan lainnya.

Bahan Taslan

Bahan ini memiliki lapisan karet yang kuat yang memiliki kelebihan yaitu ringan dan tidak mudah sobek sekilas bahan ini mirip dengan bahan paarasut tetapi bahan jauh lebih lembut, tebal dan ringan disbanding bahan polyester (parasut). Bahan taslan ini memiliki kualitas yang jauh lebih baik karena kerapatan bahan yang sangat rapat dan lebih terlindungi.

Bahan taslan sendiri juga memiliki berbagai jenis yaitu taslan jarum, taslan semprot, dan taslan balon. Tetapi bahan taslan yang bagus adalah bahan taslan parasut dikarenakan memiliki windproof 95% yang bagus untuk digunakan di luar ruangan.

Bahan Puma

Sebenarnya bahan ini tidak berbeda jauh dengan bahan taslan tetapi hal yang cukup membedakan adalah dari segi kualitas coating bagian dalam yang tebal dan anti air .

Dalam memilih cover mobil urban yang bagus, pilihlah bahan yang tidak tembus air dan tidak menimbulkan gesekan yang mengakibatkan body mobil rusak. Jika anda ingin memilih cover mobil untuk indoor tentu anda harus memilih bahan yang memiliki rongga, salah satunnya cover mobil berbahan fabric dikarenakan bahan ini dapat memberikan sirkulasi udara untuk mobil.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!