fbpx

Tentunya kita tidak mau mobil kesayangan kita menjadi kotor dan kusam, cover mobil urban menjadi pilihan kita untuk menjaga cat mobil kita dari cuaca, panas sinar matahari, air hujan, debu, bahan kimia hingga goresan-goresan halus pada body mobil kita.

Namun peranti ini bisa saja menjadi bumerang. Maksudnya adalah malah membuat rusak cat mobil jika pemakaiannya salah. Timbulnya bercak atau mungkin noda, baret halus bahkan menempelnya material dari selimut mobil itu sendiri. Untuk itu, kita harus mengetahui Jenis dan Fungsi serta bahan sarung mobil yang akan kita gunakan baik di indoor maupun outdoor.

Dua jenis cover mobil, yaitu outdoor dan indoor

Cover mobil Outdoor

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Licin, pori-porinya tertutup dan anti air(seperti efek air di daun talas) merupakan ciri-ciri cover mobil urban outdoor. Untuk bahan biasanya sarung mobil outdoor terbuat dari plastik, parasut dan polyester, kemudian sarung mobil outdoor yang notabene lebih sering terkena hujan dan matahari secara langsung maka tentu sarung outdoor ini harus lebih kuat dan lebih melindungi.

Cover Mobil Indoor

Untuk yang indoor, karena diperuntukkan untuk lingkungan yang lebih bersahabat. contoh: mobil dalam garasi atau pada carport yang memiliki atap. Meskipun di dalam garasi, penggunaan cover mobil urban sangat disarankan, karena meskipun dalam garasi debu-debu masih sangat memungkinkan untuk menempel dan dapat merusak cat mobil.

Cover mobil outdoor memiliki tiga lapisan utama, lapisan pertama yaitu yang terluar dan menghalangi air atau sinar matahari langsung. Lapisan kedua sebagai penguat lapisan lainnya. Dan lapisan ketiga yang bersentuhan dengan body mobil langsung, bertekstur lembut agar tidak membuat cat mobil tergores atau lecet.

Baik sarung indoor maupun outdoor sebaiknya memilih sarung yang body fit. Dan di saat kita membuka sarung mobil disarankan membuka bagian depan samping belakang dahulu dan terus membuka sampai bagian atas mobil, dan lipat sarung mobil di atap mobil, hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko body mobil terkena debu dan kotoran lainnya, kemudian gulung sarung mobil dan tempatkan pada tasnya.

Perhatikan penggunaan cover mobil

Jangan biarkan cover menempel saat hujan sudah berhenti

Jika mobil dengan car cover terkena hujan. Begitu hujan usai, segera lepas car cover dari mobil Anda. Material cover mobil urban memang bisa mencegah air tembus (waterproof). Namun, udara yang dingin bisa menimbulkan embun yang membuat bodi mobil basah.

BACA LAGI  5 Manfaat Waxing Untuk Mobil Yang Layak Diketahui

Kalau Anda diamkan atau dibiarkan kering secara alami, bisa menimbulkan bercak-bercak atau noda pada cat. Setelah car cover Anda buka, siram seluruh bodi menggunakan air bersih atau sekalian dicuci dengan sampo mobil. Setelah dicuci segera keringkan.

Pilih cover mobil yang tidak melunturkan catnya

Saat car cover terjemur sinar matahari yang terik. Sinar matahari yang terik bisa membuat bodi mobil panas. Panas dari bodi mobil dan uap panas yang ditimbulkan bisa menyebabkan sebagian material selimut menempel ke bodi mobil.

Umumnya cat pelapis car cover, tapi kadang car cover-nya sendiri lengket ke bodi mobil. Jadi kalau panasnya terlalu terik, lebih baik lepaskan car cover terlebih dahulu. Kemudian pindahkan mobil ke tempat yang sedikit lebih teduh, baru pakaikan lagi car cover-nya.

Manfaat penggunaan cover mobil

Melindungi Cat Mobil

Tanpa disadari, terkadang Anda memarkir mobil di sembarang tempat seperti di bawah sinar matahari terik. Jika tidak menggunakan cover mobil urban, lama-lama cat mobil Anda akan pudar dikarenakan sinar UV matahari yang menerpa langsung cat mobil Anda. Oleh karena itu penggunaan sarung mobil sangat penting, agar mobil Anda terjaga dari sinar UV matahari.

Menjaga Body Mobil

Sarung mobil sangat berguna untuk menjaga kondisi body mobil agar terhindar dari goresan. Terutama ketika Anda memarkir mobil Anda di area luar rumah, tentu persentase untuk terkena goresan lebih tinggi. Oleh karena itu gunakanlah sarung mobil, dan tentunya jangan lupa untuk memilih sarung mobil dengan bahan yang bagus dan lembut, agar mobil Anda terhindar dari goresan-goresan.

Pastikan Anda selalu menggunakan cover mobil urban terutama bagi Anda yang selalu memarkir kendaraan Anda di luar ruangan. Hal ini bertujuan agar mobil Anda tidak kotor, dan cat mobil terawat. Jangan lupa juga untuk membuka sarung mobil Anda sesekali, hal ini bertujuan untuk menghilangkan kelembaban di dalam sarung mobil Anda.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!