fbpx

parkir mobil

Untuk sebagian orang parkir mobil bisa jadi masalah tersendiri. Meskipun parkir di garasi rumah sendiri, tetap saja bukan hal mudah untuk parkir mobil. Pasti muncul rasa khawatir saat parkir mobil, apalagi kalau ukuran garasinya sempit.

Apakah agan juga merasakannya?

Nah, berikut ini ada cara aman untuk parkir mobil di garasi sempit. Simak baik-baik ya gan!

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

#1. Siapkan Insting dan Kepekaan yang Kuat  

belajar parkir

source : wikipedia.org

Agar posisi parkir bisa pas sesuai harapan, hal pertama yang perlu agan perhatikan adalah insting dan kepekaan agan harus kuat. Kenapa penting? Dengan insting dan kepekaan yang kuat, agan akan bisa memperkirakan jarak body mobil dari samping kanan, samping kiri, depan, atau belakang. Setelah itu agan akan bisa menjangkau garasi yang sempit itu.

#2. Waspada Kondisi Sekitar

Saat akan memarkirkan mobil, agan perlu memperhatikan kondisi yang ada di sekitar garasi. Sekiranya ada benda-benda di sekitar garasi yang bisa mengganggu agan saat parkir seperti vas bunga, tong sampah, payung, dan lain-lain. Pastikan garasi dan di sekitar garasi kosong dari benda-benda tersebut.

parkir mobil

#3. Buka Jendela dan Matikan Audio

Dengan membuka jendela dan mematikan audio, agan akan bisa lebih fokus saat memarkir mobil. Sehingga memarkir mobil jadi lebih mudah. Bayangkan jika saat memarkir mobil jendela mobil masih tertutup dan audio masih menyala? Agan pasti akan kesulitan karena fokusnya terpecah.

#4. Berikan Jarak Kanan atau Kiri Pada Mobil

 

cara belajar parkir

Lakukan ini saat memakirkan mobil agan. Jarak pada kanan atau kiri mobil agan akan sangat memudahkan ketika agan akan turun dari mobil. Pastikan terdapat jarak antara mobil dengan dinding garasi untuk membuka pintu mobil.

#5. Buat Parking Target 

belajar parkir mobil

Agan merasa was-was akan terjadi gesekan body mobil dengan dinding garasi?

Coba pakai parking target gan. Parking target yang dimaksud di sini adalah alat pembatas ketika agan sedang memarkirkan mobil. Alat ini biasanya ada di dalam parkir-parkir gedung ataupun pusat perbelanjaan yang mana berfungsi untuk membatasi agar mobil tidak kebablasan saat hendak memarkirkannya.

Untuk menggunakannya sangat mudah, anda hanya perlu meletakkan parking target  pada posisi di bawah ban mobil anda atau posisi dimana ban mobil tersebut memang seharunya berada.

Kemudian tandai posisi tersebut. Hal yang terpenting adalah benda tersebut dapat dijadikan sebagai pembatas untuk membantu anda memarkikan kendaraan. Hal ini akan sangat mudah membantu anda memarkirkan mobil meskipun kondisi garasi sempit sekalipun.

#6. Maksimalkan Penggunaan Kaca Spion

kaca spion mobil

Kaca spion mobil adalah hal yang sangat penting, terutama bagi agan yang masih pemula. Saat memarkir mobil, sering-sering perhatikan kaca spion agar agan dapat memperkirakan jarak jangkau mobil agan dengan garasi mobil.

Sesekali perlu juga mengeluarkan kepala melalui jendela agar dapat melihat jarak yang dapat terlihat dari spion. Untuk mobil-mobil keluaran terbaru saat ini sudah banyak yang dilengkapi dengan sensor ataupun kamera belakang yang membantu saat parkir.

#7. Amankan Mobil Setiap Selesai Parkir

belajar parkir mobil

Setelah selesai memakirkan mobil, jangan lupa langsung amankan mobil agan dengan cara pasang rem tangan di posisi yang datar. Nah setelah selesai parkir di garasi, jangan lupa langsung coverin mobilnya ya gan. Walaupun sudah parkir di garasi atau ruangan tertutup, tetap saja banyak debu yang mungkin akan menempel di body mobil agan.

Jangan anggap remeh debu-debu itu gan, karena kalau dibiarin aja, lama-kelamaan bisa susah dibersihkan dari body mobil.

Jika kondisi garasi berada di turunan, maka anda bisa mencoba untuk memasang rem tangan dan kemudian posisikan sistem transmisi pada R (gigi mundur).

Namun ketika posisi parkir anda menanjak, maka anda bisa memasang rem tangan di posisi gigi 1. Kalau mobil sudah dalam keadaan aman, mobil tidak akan dapat bergerak dengan sendirinya saat agan tinggalkan di dalam garasi.

Nah, itu tadi 7 tips cara mudah parkir mobil di garasi sempit sekalipun. Bisa agan coba kapanpun saat agan menemui garasi sempit. Selamat mencoba!

BACA LAGI  Mobil Pick Up Bekas Pilihan Kualitas Teratas