Memiliki mobil idaman tentunya adalah angan sebagian besar orang. Namun tentunya, jika impian tersebut sudah terwujud, langkah yang harus terus dilakukan adalah merawat mobil agar tidak hanya nampak bagus di dalam tetapi juga di luar. Hal ini dikarenakan mobil adalah salah satu piranti yang mudah sekali mengalami gangguan jika tidak dirawat dengan berkala dan benar.

Bukan hanya komponen mobil, permasalahan bisa juga timbul dari bagian luar mobil. Salah satu yang paling mengganggu adalah ketika da jamur yang tumbuh di bagian badan mobil. Selain mengganggu penampilan, jelas keberadaan jamur ini lambat laun akan merusak permukaan mobil. Maka dari itu dibutuhkan penanganan yang tepat agar jamur hilang tanpa merusak cat dan permukaan bodi mobil.

Kemunculan jamur ini umumnya dikarenakan sisa air yang masih menempel di badan mobil yang tidak segera dibersihkan. Jika mobil Anda memiliki warna putih maupun warna terang lainnya, keberadaan jamur ini akan membuat penampilan mobil Anda menjadi terlihat kusam.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Melenyapkan Jamur Dengan Cara Sederhana

Ketahui Penyebab Jamur

Walaupun sebenarnya jamur tidak berbahaya, namun jika tidak segera diatasi tetap akan menimbulkan dampak pada mobil Anda. Untuk itulah Anda harus bisa mengetahui penyebab jamur tersebut muncul. Salah satunya adalah karena air hujan. Sifat air hujan yang memiliki kandungan asam yang tinggi memang mampu merusak cat mobil Anda.

Bukan hanya menyebabkan jamur, sifat asam tersebut juga dapat mengkorosi mobil Anda. Sifat asam air hujan ini merupakan akumulasi dari perpaduan polusi dan debu yang tercampur dengan air hujan.

Selain air hujan, air biasa pun juga ternyata dapat menimbulkan jamur dan masalah lainnya. Tidak semua air yang ada di lingkungan Anda memiliki tingkat keamanan yang sama ketika digunakan untuk mencuci mobil. Apabila kandungan Total Dissolved Solid air yang Anda gunakan untuk mencuci tersebut tinggi, yaitu berada di atas 170 ppm dan sisa air tersebut tida segera Anda bilas, maka hasilnya akan sama dengan air hujan yang menempel, yaitu menimbulkan korosi.

Menggunakan Alkohol

Cara pertama untuk melenyapkan jamur yang terlanjur ada di mobil Anda adalah dengan menggunakan alkohol. Selain mudah, cara ini juga cukup murah. Langkah pertama adalah dengan menyiapkan kain dengan permukaan lembut serta alkohol dengan kadar 50% hingga 90%.

Basahi ujung kain dengan menggunakan alkohol. Setelahnya, aplikasikan cairan alkohol di kain tersebut ke area yang terkena jamur. Gosok secara lembut dengan gerakan memutar hingga jamur lenyap. Jika sudah, segera bersihkan sisa alkohol di badan mobil dengan menggunakan kain lembut yang bersih.

Menggunakan Pemutih Pakaian

Selain untuk membersihkan noda yang menempel pada pakaian, ternyata cairan pemutih juga dapat menghilangkan jamur pada bodi mobil. Cara penggunaannya pun sangat mudah, yang perlu Anda siapkan hanyalah kain lembut dan juga cairan pemutih pakaian yang kerap Anda gunakan. Proses pengerjaannya sama seperti ketika menggunakan alkohol, laiknya penjabaran di atas.

Ketika menggosok pada permukaan mobil, tidak perlu dengan penekanan yang kuat. Setelah jamur menghilang, segera bilas permukaan mobil dengan air bersih dan kemudian keringkan dengan lap berpermukaan lembut.

Menggunakan Minuman Bersoda

Bahan sederhana selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan jamur membandel yang ada di badan mobil adalah dengan menggunakan  minuman bersoda. Caranya juga sangat mudah, hanya saja, ketika akan membersihkan permukaan mobil, pastikan tidak ada air yang menempel pada bagian tersebut. Hal ini bertujuan agar unsur kimia yang terkandung di dalam soda tidak tercampur air.

Kemudian, sebelum mengaplikasikan soda, bersihkan dahulu permukaan mobil menggunakan lap kering berpermukaan lembut. Setelahnya, ambil lap bersih lainnya, basahi dengan soda kemudian gosok dengan arah memutar pada bagian bodi mobil yang terkena jamur. Untuk jamur yang membandel, Anda perlu mengulangi langkah ini beberapa kali.

Jika dirasa jamur sudah hilang, bersihkan sisa-sisa soda dengan mengelapnya menggunakan kain bersih. Pastikan tidak ada soda yang tertinggal, sebab sifatnya yang asam bisa sangat merusak cat apabila sudah terpapar dengan udara dan air pada waktu yang cukup lama.

Ketika mobil Anda sudah terbebas dari jamur, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik. Untuk melindungi mobil dari air, sinar matahari dan juga debu, selalu gunakan selimut mobil dengan kualitas baik untuk menutupi bodi mobil. Selain itu, lakukan perawatan rutin untuk memastikan kondisi mobil tetap prima.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!