fbpx

Terkadang kita tidak cukup hanya melindungi bodi kendaraan dengan menutupinya menggunakan cover mobil saja. Ada kalanya terjadi insiden yang membuat mobil mengalami benturan ringan sehingga penyok ataupun melengkung pada bemper, pintu, atau lainnya.

Penyebabnya juga ada banyak hal. Mulai dari terbentur sesuatu, saat parkir kurang hati-hati, hingga terkena timpaan benda dari atas. Padahal bodi mobil sendiri menampilkan keindahan desainnya. Sehingga jika penyok akan jadi tidak sedap dipandang.

Untuk dapat mengatasi penyok mobil memang paling mudah dengan membawanya ke bengkel. Akan tetapi tentu akan menghabiskan biaya servis yang lebih besar. Ketimbang jika Anda memperbaiki sendiri. Karena itulah mari kita simak cara sederhana untuk memperbaiki sendiri penyok mobil.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Trik Mengatasi Sendiri Penyok Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Memakai kombinasi cairan karbondioksida dan hair dryer

Salah satu cara untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok yakni dengan memakai pengering rambut atau hair dryer dengan cairan karbondioksida. Anda perlu mempersiapkan hair dryer dengan satu botol cairan karbondioksida.

Lalu Anda nyalakan hair dryer dan arahkan udara panas ke arah bagian yang penyok. Jika sudah cukup panas biasanya 3-5 menit, Anda semprotkan karbondioksida pada bagian yang sudah dipanaskan tersebut. Lalu tekan-tekan hingga bodi mobil kembali seperti semula.

Memperbaiki dengan memakai siraman air panas

Cara ini cukup populer dan kerap digunakan untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok. Dengan konsep yang mirip cara sebelumnya hanya saja kita tidak memakai hair dryer. Pertama-tama siapkan air panas yang akan digunakan terlebih dulu.

Kemudian siramkan sedikit demi sedikit pada bagian mobil yang penyok. Untuk melakukannya Anda dapat menggunakan wadah air panas yakni ceret air atau teko. Lalu pakailah kain untuk menekan bagian yang penyok sampai kembali ke bentuk asal. Namun saat menekan jangan terlalu keras agar bodi tidak pecah.

Dengan memakai es batu

Ada lagi metode lainnya dengan menggunakan es batu. Bersama dengan hair dryer dan kompresor angin. Kombinasi ketiganya akan membantu Anda mengembalikan bodi mobil yang penyok. Cara ini ampuh jika penyoknya tidak terlalu parah. Pertama siapkan semua bahan yang Anda butuhkan.

BACA LAGI  Perawatan Standar Mobil Toyota Avanza Segala Usia yang Perlu Dilakukan

Tempelkan es batu pada bagian yang penyok lalu diamkan selama 2 menit. Anda tunggulah sampai muncul butiran berbentuk seperti salju di sekitar bagian penyok tersebut. Lepaskan es batu lalu pakailah hair dryer sampai penyok pada bodi mobil tersebut menghilang perlahan.

Dengan memakai Pops A Dent

Kalau cara yang satu ini dengan memanfaatkan bantuan produk khusus yang bernama Pops A Dent. Cara kerjanya layaknya jembatan yang menyalurkan tekanan secara merata ke seluruh bagiannya tanpa terkena risiko munculnya kerusakan tambahan pada bodi mobil.

Pops A Dent sendiri memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan beberapa cara lain. Di antaranya cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan merekatkan lalu memutarnya, tak membuat cat mobil rusak, bisa dipakai untuk semua jenis penyok, serta lebih hemat.

Cara menggunakannya adalah pertama Anda pilih pad lem menurut ukuran penyok pada bodi mobil Anda. Lalu panaskan glue stick sekitar 5 menit. Tunggu lem mengering sekitar 3-5 menit. Pastikan lemnya memang benar lengket. Jangan sampai lem menempel di bodi mobil lebih dari 8 menit.

Keuntungan Memperbaiki Sendiri Penyok pada Bodi Mobil

Itulah tadi sejumlah cara untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok. Kelebihannya Anda tidak harus membawanya ke bengkel. Karena bahan dan alat untuk memperbaikinya bisa Anda dapatkan sendiri dari toko maupun bisa dibeli secara online.

Dengan begitu Anda pun akan lebih menghemat biaya untuk perbaikan mobil kesayangan Anda. Yang perlu diingat adalah untuk melakukannya Anda perlu berhati-hati karena dilakukan sendiri. Tentu Anda tidak ingin jika nanti malah semakin terjadi kerusakan yang tidak diinginkan, bukan.

Ada baiknya pula jika Anda meminta bantuan orang lain untuk ikut memperbaiki bodi mobil Anda. Atau mintalah bantuan teman Anda yang mengerti tentang otomotif atau paham mengenai bodi mobil. Selain hemat waktu Anda pun bisa hemat biaya jika memperbaiki sendiri. Semoga bermanfaat.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!