Bagi Anda yang biasa memarkir mobilnya di tempat yang tidak beratap pasti sudah sangat familier dengan yang satu ini, yaitu sarung mobil atau cover mobil. Sarung mobil ini berguna untuk melindungi mobil bagian luar dari berbagai masalah seperti hujan dan panas. Lalu bagaimana cara mengetahui cover mobil yang bagus?

Ketika memutuskan untuk membeli mobil, tentu pengguna juga harus memikirkan pelindung atau cover mobil yang bagus, ini bertujuan agar mobil terhindar dari debu dan air hujan ketika ditinggal lama di tempat tertentu. Untuk itu anda harus mencari produk cover mobil yang bagus dari segi bahan maupun mutu produk tersebut.

Tips-tips untuk memilih cover mobil yang tepat

Hindari Cover Mobil yang Berbahan 100% Sintetis

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Penggunaan cover mobil yang berbahan 100% sintetis dapat menjadikan bodi mobil bagian luar cepat terlihat ada gesekan-gesekan. Karena kontak langsung dari cover mobil dengan permukaan cat mobil, akan terlihat pola gesekan sarang laba-laba pada bodinya. Maka hindarilah bahan cover mobil yang berbahan licin di bagian luar dan dalamnya.

Gunakan Cover Mobil Berbahan Breathable Fabric

Tidak ada salahnya untuk menggunakannya di luar ruangan. Meskipun cover mobil berbahan kain fabric lebih cocok untuk digunakan di dalam ruangan.  Dikarenakan bahan ini biasanya berongga (Perfotated) sehingga ada sirkulasi udara di dalam cover mobil tersebut. Hal ini berguna untuk melembabkan mobil bagian luar. Menjaga mobil lebih baik, walaupun bahan fabric tergolong mahal untuk sebuah cover mobil.

Cover mobil outdoor (luar ruangan)

Cover mobil yang bagus digunakan untuk di luar ruangan, yaitu yang memiliki efek seperti air yang dijatuhkan ke daun talas. Tambahan sebagai informasi, cover mobil yang bagus untuk di luar ruangan adalah cover mobil yang memiliki empat layer.  Komposisi lapisan luar yang berguna sebagai pelindung dari air hujan dan sinar matahari secara langsung.

Komposisi lapisan kedua adalah yang memiliki rongga sehingga terhadapat sirkulasi udara agar terhindar dari pengupan udara yang mengakibatkan terjadinya embun. Komposisi ketiga adalah sebagai penguatan lapisan terbawah agar tidak mudah merusak body mobil. Komposisi lapisan paling dasar adalah bahan yang lembut, karena tidak dapat mudah terjadi gesekan yang dapat merusak body mobil.

Cover mobil indoor (dalam ruangan)

Dalam memilih cover mobil yang bagus, cara memilih bahan untuk cover mobil juga perlu untuk diperhatikan. Pilihlah bahan yang tidak tembus air dan tidak menimbulkan gesekan yang mengakibatkan body mobil rusak.

BACA LAGI  Cara Merawat Selimut Mobil Yang Bagus

Jika anda ingin memilih cover mobil untuk indoor tentu anda harus memilih bahan yang memiliki Perfotated atau yang berongga, salah satunya adalah cover mobil berbahan fabric dikarenakan bahan ini dapat memberikan sirkulasi udara untuk mobil sehingga dapat melembabkan mobil bagian luar.

Tapi bahan fabric ini masih bisa digunakan di outdoor walaupun tidak memberikan perlindungan yang prima. Jika anda ingin memilih cover mobil outdoor anda harus memilih bahan jenis Ripstock dikarenakan tidak tidak dapat mudah merusak body mobil karena bahan ini memiliki coating anti air di bagian dalam dan luar.

Jenis-Jenis Bahan Yang Bagus Untuk Cover Mobil Anda

Bahan Puma

Sebenarnya bahan ini tidak berbeda jauh dengan bahan taslan tetapi hal yang cukup membedakan adalah dari segi kualitas coating bagian dalam yang tebal dan anti air.

Bahan Milky

Bahan ini merupakan salah satu bahan cover mobil yang bagus, memiliki coating anti gores dan anti bocor hal ini dapat dilihat ketika air mengenai bahan ini akan menimbulkan efek daun talas atau bias dikatakan waterproof. Jenis bahan ini lebih kuat dan tebal dari jenis bahan lainnya.

Bahan Polyester

Jenis bahan ini adalah bahan yang memiliki daya tahan yang kuat terhadap terpaan air hujan dan sinar matahari, selain itu bahan ini tidak mudah pudar terhadap cuaca apapun, bahan ini cocok untuk digunakan secara outdoor.

Bahan Taslan

Bahan ini memiliki lapisan karet yang kuat yang memiliki kelebihan yaitu ringan dan tidak mudah sobek sekilas bahan ini mirip dengan bahan parasut tetapi bahan jauh lebih lembut, tebal dan ringan di banding bahan polyester (parasut). Bahan taslan ini memiliki kualitas yang jauh lebih baik karena kerapatan bahan yang sangat rapat dan lebih terlindungi.

Anda bisa menggunakan bahan yang dilapisi coating sehingga air tidak menumpuk di cover mobil dan membuat rusak bagian luar mobil, untuk Anda yang tidak ingin menggunakan bahan fabric untuk cover mobil outdoor. Dengan menyiramkan air ke cover mobil, Anda bisa mengetahui cover mobil yang bagus itu dilapisi coating atau tidak.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!