fbpx

Cover mobil merupakan aksesoris mobil yang tentunya bermanfaat bagi pengguna untuk melindungi mobil mereka dari gesekan yang dapat merusak mobil. Salah satu cara untuk merawat body mobil agar tetap terlindungi adalah dengan cara memilih selimut mobil yang bagus, walaupun sudah memilih bahan yang berkualitas pengguna juga harus menjaga cover mobil agar tetap awet atau tahan lama.

Salah satunya adalah merawat cover mobil dengan membersihkannya dengan benar dan baik, serta berbagai cara pemakaian atau pemasangan cover mobil yang baik dan benar. Terkadang pengguna mobil lupa untuk merawat cover mobil, selimut mobil yang bagus tentu bukan barang yang murah dan bahan yang rentan daya tahan yang tidak sampai lebih dari dua tahun.

Tips yang ampuh untuk merawat cover mobil anda

Tidak perlu dicuci

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Mencuci cover mobil dapat menurunkan daya tahan lapisan anti air, sehingga hindari mencuci cover mobil dengan air dan sabun karena dapat mengurangi daya tahan waterproof dan akibatnya air tidak cepat turun ketika terkena hujan. Saat hujan, selimut mobil yang bagus tidak perlu dicuci kembali.

Jangan lupa untuk dikeringkan

Salah satu untuk mengeringkan cover mobil adalah dengan menjemurnya dan terkadang pengguna melupakan bagian penting ini untuk merawat cover mobil mereka. Jika anda tidak memperhatikan ini maka cover mobil anda akan cepat berjamur dan berembun. Cara yang baik adalah dengan cepat memisahkan cover mobil setelah hujan selesai, lalu di jemur hingga benar benar kering.

Bersihkan dengan bahan lembut

Untuk membersihkan selimut mobil yang bagus perlu bahan yang lembut seperti spon dan kanebo untuk cover mobil yang basah, kemoceng untuk membersihkan debu akibat dari terpaan sinar matahari. Hal ini bertujuan agar cover mobil tidak cepat sobek. Hindari membersihkan cover mobil dengan bahan detergen karena dapat merusak daya tahan air atau coating anti air di cover mobil tersebut.

Melipat cover mobil

Ketika mobil digunakan tentu pengguna juga harus memperhatikan bagaimana cara melipat selimut mobil yang bagus dengan benar, yaitu tarik cover mobil dari depan dan dari belakang sehingga bisa ditarik, lalu kumpulkan cover mobil dari berbagai sisi ke atas mobil dan hindari sebisa mungkin gesekan yang dapat merusak body mobil, setelah itu lipat menjadi satu dan digulung dengan rapi.

BACA LAGI  Sebelum Membeli Mobil Baru, Ini Pertimbangan yang Harus Anda Lakukan

Pilih bahan berkualitas

Tentu bahan berkualitas menjadi hal penentu awetnya cover mobil anda, pilihlah bahan yang tebal dan tidak mudah sobek serta tidak kasar yang dapat merusak body mobil anda. Daya tahan cover mobil bisa bertahan hingga 2 tahun jika dipakai di indoor dan hanya bertahan 1 tahun jika dipakai di outdoor.

Namun yang agak sedikit membingungkan adalah beberapa kalangan memiliki anggapan bahwa menggunakan cover akan sangat menyita waktu karena mereka akan terkesan sangat repot ketika hendak memasang atau membukanya. Pada dasarnya keindahan sebuah kendaraan roda empat adalah pertama kali terlihat adalah warna, desain dan juga cat yang ada di bagian eksteriornya.

Cara melipat cover mobil yang baik dan benar

Arahkan pinggiran ke kanan dan kiri cover bagian belakang ke tengah. Arahkan pinggiran ke kanan dan kiri cover bagian depan ke tengah, jangan lupa lepaskan telinga cover di bagian spion. Berdirilah di bagian depan mobil. Gulung dan tarik cover arah badan sambal rapikan agar selalu mengecil ke bagian tengah, tidak menjadi gulungan yang melebar.

Cara memasang cover mobil yang benar

Keringkan mobil, letakkan gulungan cover mobil di atap belakang. Buka gulungan sedikit dan turunkan untuk menutup bagian belakang mobil tapi biarkan bagian kanan dan kirinya tetap tertangkup. Dorong lebih tepatnya lempar sisa cover lurus ke depan.

Buka cover ke arah kanan dan kiri dimulai dari bagian depan dengan mengaitkan telinga cover ke spion lebih dulu sebagai pengikat. Rapikan sampai kap depan dan belakang mobil tertutup dan karet mengunci di bagian bawah mobil.

Dengan menggunakan selimut mobil yang bagus tentu saja cat atau warna mobil Anda bisa terhindar dari berbagai macam sesuatu yang tidak di inginkan contohnya kotoran hewan, ranting maupun daun. Akan tetapi pemakaian cover body mobil akan rusak jika tidak dilakukan dengan tata cara pemakainya.