fbpx

Dalam dunia otomotif memang tidak sedikit orang yang menggunakan mobil tua. Banyak para pencinta otomotif yang mengoleksi mobil tua, bahkan tidak jarang juga pengendara yang masih menggunakan mobil tua untuk aktivitas sehari-harinya. Sebagai pencinta mobil tua, biasanya mereka tidak memandang sebuah mobil hanya berdasarkan teknologinya, tetapi juga dari nilai keunikan mobil itu sendiri.

Tentunya mobil tua memiliki mesin yang juga tua, sehingga untuk perawatannya membutuhkan sebuah penanganan khusus dan tidak sama seperti mobil generasi baru. Jadi sebagai pencinta mobil tua Anda tidak bisa sembarang menerapkan perawatan mesin. Berikut adalah 6 tips untuk merawat mobil tua secara tepat.

Tips Utama Merawat Mobil Tua

Pengecekan Secara Berkala

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Misalnya saja rawan mogok, umur pakai mobil yang sudah lama membuat mesin mobil menjadi rentan bermasalah. Bagian mesin mobil adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan.

Selain mesin mobil, perlu diperhatikan pula komponen-komponen mobil lainnya agar tidak mengganggu aktivitas Anda. Bila perlu bawalah mobil ke bengkel apabila Anda merasa performa mobil menurun, segera lakukan pengecekan.

Pemakaian Oli dan Bahan Bakar

Membutuhkan oli ekstra agar performa tetap terjaga, mesin mobil tua yang sudah dipakai lebih dari 10 tahun. Hal ini dikarenakan mesin mobil tersebut pasti sudah ringkih karena  terlalu lama dipakai.

Tingkat emisi mesin dapat ditekan dan meringankan beban kinerja mesin mobil Anda. Setiap 2500 km sebaiknya Anda mengganti oli mobil Anda. Pastikan memilih kandungan bahan bakar yang berkualitas.

Performa mesin mobil tua Anda agar tetap bersih dan tidak gampang mengalami kebocoran, bila kandungan  bahan bakar yang berkualitas akan menjaga dan merawat kualitas. Lakukan pengisian bahan bakar secara teratur agar dapat mencegah pengeroposan pada tangki bahan bakar Anda. Kandungan bahan bakar pertamax tidak mengandung karat yang dapat membahayakan mesin mobil Anda.

Rawat Cat Mobil

Bagian cat mobil merupakan bagian yang paling rentan dengan dunia luar. Seringnya mobil terpapar sinar matahari, terkena hujan dan lumpur serta hal lainnya membuat cat mobil rawan memudar. Lindungi cat mobil Anda dengan cover mobil bila parkir di luar ruangan. Bahkan cat bisa terkelupas dan memperlihatkan tampilan yang buruk pada mobil.

BACA LAGI  Kelebihan Ban Mobil Tubeless Serta Cara Merawatnya Agar Awet

Gunakan cat mobil yang baik dengan ekstra perlindungan dari sinar matahari, hujan dan juga efek cuaca yang lain. Jangan lupa gunakan cover mobil berkualitas agar cat mobil tua kesayangan tetap bagus dan mengkilap.

Periksa Radiator

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawat mobil tua adalah radiator. Radiator merupakan salah satu bagian mobil yang berfungsi sebagai pendingin suhu pada mesin. Dalam radiator ini terdapat air radiator yang memiliki jangka waktu tertentu sebelum masanya habis. Jika dalam pemeriksaan radiator terdapat kebocoran, segera ganti radiator dengan yang baru.

Perhatikan Ban dan Velg

Ketebalan ban dan tekanan angin pada ban perlu dicek secara berkala paling tidak sebulan sekali. Ban yang sudah tipis akan membahayakan pengemudi, misalnya saja rentan bocor atau mudah tergelincir karena ban aus. Tekanan angin pada ban juga harus diatur agar nyaman saat digunakan. Apabila kondisinya telah rusak dan berkarat, velg pada mobil juga perlu segera diganti untuk menjaga performa mobil.

Bersihkan mobil secara teratur

Bukan hanya membersihkan bagian bodi mobil saja, namun Anda juga harus membersihkan hingga ke semua bagian mobil yang dapat Anda jangkau. dengan penyemprotan ataupun menggunakan lap basah Anda dapat membersihkan mobil seminggu sekali. Hindari penggunaan deterjen untuk mencuci mobil karena detergen dapat merusak warna mobil. Pakailah sampo khusus untuk mobil.

Periksa kabel-kabel dan ring

Kabel yang getas akan berakibat pada korsleting sehingga menyebabkan mesin tidak dapat menyala. Kabel yang terkelupas dapat menyebabkan kebakaran, sehingga harus cepat diganti. Ring yang berkarat dan lemah sebaiknya juga segera diganti dengan yang baru karena kondisi ring yang masih bagus akan memperlancar aliran bensin dan meredam suara mesin yang kasar.

Periksa Filter Karburasi

Masalah yang biasa timbul ketika saringan karburasi kotor dan berkerak adalah mesin mobil yang sulit untuk dihidupkan. Maka Anda harus membersihkan saringan karburasi tersebut, pakailah sikat gigi untuk membersihkan kotoran yang menempel. Dengan menggunakan hair dryer karena justru akan merusak karburasi mobil tua, jangan sekali-kali Anda coba untuk membersihkan saringan karburasi.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!