Bau di mobil bisa disebabkan oleh berbagai hal, jadi cari terlebih dulu sumbernya sebelum mencari cara menghilangkan bau di mobil. Bau binatang peliharaan, bau rokok, bau plastik khas mobil baru, sepatu kotor dan lembab, dan sisa makanan yang terselip di lipatan jok mobil atau di lantai mobil bisa jadi penyebab bau pada mobil.

Setelah mengetahui sumbernya, baru Anda memilih solusi yang sesuai. Lalu, bagaimana sajakah cara menghilangkan aroma bau yang timbul di mobil? Terkadang tidak cukup hanya memakai parfum mobil saja. Berikut ini tips menghilangkan bau di mobil yang dapat langsung Anda praktekkan.

Menghilangkan bau tak sedap dari dalam mobil

Bersihkan kabin mobil Anda

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Keluarkan semua barang dalam kabin dan membuang sampah yang ada di dalam kabin adalah pembersihan dasar. Sebelum Anda mengelap, mencuci atau menyemprotkan produk apa pun pada karpet dalam, jok dan bantal, dasbor, dan lain-lain, bacalah buku manual mobil untuk mengetahui peringatan dan saran terkait produk pembersih yang aman digunakan.

Terkait penggunaan produk-produk pembersih yang sesuai dengan mobil Anda, jika Anda ragu bicaralah dengan pihak penjual mobil di kota Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Bagasi atau bagian belakang kabin mobil jangan lupa dibersihkan. Ingatlah bahwa bau tak sedap pada kabin dapat bersumber dari mana pun.

Tingkatkan sirkulasi udara dan buka jendela

Ketika mobil sedang berjalan, buka semua jendela agar udara di dalam mobil tergantikan dengan udara segar. Atau dengan cara membersihkan kaca mobil dan buka kaca sedikit, biarkan semalaman di dalam garasi. Jika menggunakan AC, pilih fitur yang menyerap udara dari luar, bukan yang hanya memutar udara di dalam mobil. Hal ini dilakukan supaya ada sirkulasi udara.

Lap permukaan bagian dalam kabin mobil

Bersihkan setiap permukaan plastik, kayu, kaca, dan logam yang ada di dalam kabin mobil perlu menggunakan kain lap halus. Campuran air dan deterjen ringan aman digunakan untuk membersihkan hampir semua jenis permukaan. Gunakan cairan pembersih khusus kulit untuk jok berbahan kulit. Cara membersihkan kaca mobil, gunakan cairan pembersih kaca.

Di toko perlengkapan mobil Anda bisa membeli produk-produk seperti ini. Anda dapat menggunakan produk pembersih bagian dalam mobil yang sesuai sebagai alternatif. Bukalah semua pintu dan jendela mobil agar suhu di dalam kabin lebih sejuk, apabila pembersihan dilakukan di hari yang panas. Anda akan merasa gerah, tidak nyaman, dan Anda terganggu oleh bau yang tak sedap jika tidak bersih.

BACA LAGI  Hal Yang Wajib Diketahui Tentang Aki Mobil

Serap bau dengan bahan alami

Letakkan di baskom plastik dan dibiarkan di dalam mobil semalaman kopi bubuk murni (bukan instan) atau beberapa bongkah arang. Kopi dan arang sebagai cara menghilangkan bau karet karpet mobil, metode ini juga cukup efektif sebagai cara menghilangkan bau rokok di mobil.

Hilangkan bau dengan baking soda

Setiap bau tidak sedap pada mobil Anda dapat dihilangkan dengan Baking soda. Taburkan baking soda pada beberapa tempat di mobil, terutama sumber bau di mobil. Biarkan selama satu malam penuh. Agar tidak menyisakan baking soda tersebut sedikit pun, bersihkan bekas baking soda dan bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner pada pagi harinya.

Sikatlah karpet mobil sebelum penyedotan debu

Gunakan sikat lembut yang kuat untuk melepaskan debu dan tanah dari karpet sebelum Anda melakukan penyedotan debu pada kabin mobil. Selalu gunakan air bersih dan sering-sering mengganti air yang digunakan. Agar tidak ada genangan air saat karpet dipasang kembali, peras karpet untuk membuang sisa air yang masih terserap.

Jemur di bawah sinar matahari

Khususnya bau akibat bahan kimia, panas matahari membantu menghilangkan bau, sehingga bisa membantu menghilangkan bau mobil baru di dalamnya. Parkir mobil di halaman rumah dan biarkan jendelanya sedikit terbuka agar sirkulasi udara di dalamnya bisa  lancar.

Menggunakan cuka apel

Cukup dengan menyemprotkan pada beberapa bagian saja, seperti karpet mobil. Supaya lama-kelamaan bau tersebut hilang, cuka apel dipakai agar bau seimbang. Gantungkan pewangi mobil di dalam mobil supaya bau tak lagi muncul dan akan menambah kenyamanan Anda di dalam mobil, maka bau akan berganti menjadi wangi.

Parkir mobil di tempat dengan ventilasi yang cukup (lebih baik lagi jika diparkir di luar ruangan). Setelah Anda membersihkan mobil dan menemukan bau tertentu, netralkan bau pada kabin mobil Anda secara menyeluruh. Bukalah penutup mesin mobil, dan siapkan sebotol penetral bau berkualitas. Itulah informasi tentang cara efektif menghilangkan bau tak sedam dalam mobil Anda.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!