fbpx

Segala kerusakan yang terjadi pada mobil terutama di bagian permukaan kendaraan, baik terkena air hujan, goresan, sinar matahari, dan debu, penggunaan selimut penutup mobil sangat berguna dalam melindungi kendaraan. Ketahanan warna cat mobil dari adanya pengaruh sinar UV adalah kelebihan lain dari body cover.

Bahan baku cover dan disesuaikan dengan penggunaannya, apakah outdoor atau indoor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli cover mobil. Supaya mampu mereduksi air hujan yang mengandung zat asam ataupun garam dan tidak meninggalkan flek atau karat pada permukaan cat mobil, bahan baku sarung mobil yang bagus umumnya mempunyai 4 lapisan.

Memilih sarung mobil yang bagus

Komposisi 4 lapisan cover mobil yang terbaik

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Lapisan pertama berguna untuk menahan air hujan dan sinar matahari. Lapisan kedua untuk media bernafas yang memiliki pori-pori dalam menghindari embun ketika penguapan udara. Lapisan ketiga untuk penguat dan pelindung lapisan lain. Lapisan keempat meminimalisir terjadinya gesekan dan lecet ketika cover mobil di pasang atau dilepaskan.

Jenis-jenis bahan baku cover mobil

Bahan yang cenderung kuat dan tidak mudah pudar ataupun rusak disebut polyester atau dikenal dengan Waterproof mempunyai ketahanan terhadap cuaca hujan dan juga panas, umumnya digunakan untuk mobil yang terparkir di luar ruang. Berikutnya bahan Milky mempunyai coating anti gores dan anti bocor, warna putih di bagian dalam kain merupakan ciri khas dari coating anti bocornya.

Bahan ketiga bersifat sintetis karet yang lembut dan lentur saat ditarik bernama Nolan, merupakan bahan dasar coating anti air. Bahan anti air berikutnya ada Taslan, warna coatingnya juga cenderung mengkilat, dengan lapisan tahan air di bagian dalamnya sehingga tidak akan membuat goresan di dalam permukaan cat mobil.

Sarung mobil yang bagus memiliki bahan yang disebut coating bening atau Ripstok, bahan bagian dalam dan luar mempunyai coating anti air, tidak terlihat perbedaan antara bagian luar dan dalam. Kualitas bahan ripstok sama dengan bahan anti gores dan tahan terhadap air.

Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan cover mobil

Cara memakai sarung mobil yang benar

Sebaiknya gunakan sarung mobil yang bagus untuk menghindari kelembaban udara jika mobil ditinggal agak lama maksimal 2 minggu. Cara memasang sarung mobil dimulai dari kaca spion kemudian bagian bumper depan lalu lanjut ke bagian belakang.

BACA LAGI  Cari Toko yang Jual Cover Mobil Anti Panas? Simak Dulu 3 Tips Ini

Supaya tidak kena kotor dan debu, usahakan selalu melipat sarung diatas mobil. Cover mobil tidak boleh dicuci dengan deterjen karena dapat merusak lapisan material. Ketika cover mobil dalam keadaan basah, jangan merapikan sarung mobil karena akan merekat saat sudah kering dan meninggalkan bau tidak sedap.

Sesuaikan ukuran cover mobil

Saat memilih cover mobil, ukuran jangan terlalu besar ataupun malah terlalu kecil, tapi pilihlah ukuran yang sesuai. Akan ada bagian sisi bodi bagian bawah yang tidak tertutupi jika ukuran cover terlalu kecil, cipratan air hujan atau debu bisa mengenai mobil. Bagian bawah cover mobil tidak kencang disebabkan karena cover mobil yang terlalu besar, dapat menyebabkan cover terangkat ketika angin berhembus kencang.

Penggunaan cover mobil outdoor dan indoor

Cover mobil outdoor

Sebaiknya menggunakan sarung mobil yang bagus berbahan dasar parasut atau polyester apabila lokasi parkir mobil di tempat terbuka yang kemungkinan besar terkena hujan. Bahan yang mempunyai efek waterproof saat terkena air hujan biasanya bercirikan permukaan bahannya yang licin dan tidak berpori.

Kekurangan bahan anti air adalah timbulnya embun di bagian dalam cover mobil. Segera lepaskan dan keringkan cover mobil jika bagian dalamnya berembun atau ada air yang meresap. Tujuannya agar tidak timbul bercak jamur pada cat body mobil.

Cover mobil indoor

Pilih sarung mobil yang bagus berbahan dasar kain yang berpori-pori untuk mobil yang sering parkir di dalam ruangan seperti garasi. Tujuannya untuk menghindari kelembaban permukaan cat bodi mobil dan memperlancar sirkulasi udara.

Lakukan tes luntur-tidaknya warna sarung mobil yang dibeli, pilih yang berkualitas dan sebaiknya berhati-hati dalam memilih cover mobil warna-warni. Beberapa sarung mobil yang warnanya luntur saat terkena air hujan dapat mengakibatkan warna yang luntur melekat pada permukaan body mobil sehingga merusak cat mobil.

Menggunakan sarung mobil yang bagus dapat menentukan keamanan dari cat mobilnya, jika bahan yang digunakan kasar akan membuat permukaan cat mobil timbul goresan halus. Agar kondisi cat mobil Anda tetap terjaga baik sebaiknya pilihlah sarung penutup mobil yang berbahan halus.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!