Memiliki mobil bukan hanya digunakan saja tanpa perawatan. Masalah sering terjadi pada kondisi mobil karena pemakaian, umur, atau perawatan yang kurang. Banyak pemilik mobil yang sangat menjaga kebersihan mobil dengan rajin mencucinya atau ditutup dengan cover mobil ketika tidak digunakan.

Untuk memastikan kondisi mobil Anda selalu stabil sebaiknya rutin diperiksa ke bengkel atau di salon mobil. Servis mobil Anda setiap jangka waktu tertentu. Dengan begitu, Anda tidak akan khawatir jika akan menggunakannya untuk bepergian jauh. Kondisi mobil prima jika segera diperbaiki setelah diperiksa ada masalah.

Salah satu masalah yang sering menimpa pada mobil yaitu kaca jendela. Terutama pada jendela yang menggunakan tombol otomatis. Ada kalanya power window tidak dapat digunakan karena masalah tertentu.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk diperiksa jika mobil Anda mengalami hal ini. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memastikan kerusakan pada jendela mobil Anda serta bagaimana perawatannya.

Mengatasi Power Window Macet

Bersihkan Karet Kaca Jendela

Bukan hanya body mobil saja yang dibersihkan, namun pada bagian penting lainnya juga perlu dirawat. Untuk bagian luar mobil mungkin dapat dijaga kebersihannya dengan menggunakan selimut mobil hanya agar terhindar dari debu dan kotoran. Tetapi pada jendela mobil, pastinya harus ekstra dalam merawatnya.

Kita perlu membersihkan pada bagian karet-karet yang menjadi jalan untuk naik atau turunnya jendela mobil. Kita bisa gunakan silicon spray yang dapat ditemukan dengan mudah di beberapa toko khusus. Silicon spray lebih aman digunakan dibandingkan dengan cairan penetran.

Selain itu, periksa juga pada karet yang menjadi pelindung kaca jendela dari debu dan kotoran ketika kaca dinaikkan atau diturunkan. Semprotkan silicon spray ini pada sepanjang karet beserta karetnya yang menempel pada pintu.

Untuk membersihkan karet jendela ini juga dapat dilakukan dengan cara menyikat dengan sikat halus serta dibersihkan dengan kain lap. Anda juga bisa menggunakan minyak agar lebih mudah dalam mengangkat debu dan kotoran.

Bersihkan Rel Kaca Jendela

Power window tidak dapat bekerja secara maksimal tanpa rel kaca ini. Oleh karena itu sebaiknya Anda rutin mencuci mobil Anda terutama setelah digunakan untuk perjalanan jauh. Kaca jendela mobil otomatis sulit dioperasikan apabila salah satu komponennya mengalami masalah.

BACA LAGI  Tanda-Tanda Freon AC Mobil Akan Habis

Ketika mencuci mobil sebaiknya gunakan sampo mobil yang memiliki kualitas baik agar kelembapan dan elastisitas karet dapat terjaga. Atau bisa juga melumuri dengan minyak kemudian dibersihkan dengan pelan. Sembari membersihkan rel jendela ini ada baiknya jika jendela juga dinaikkan dan turunkan supaya minyak merata pada semua bagian.

Periksa Bagian Kelistrikan

Biasanya kerusakan pada jendela kaca mobil khususnya yang menggunakan power window sering macet akibat drop tegangan dari saklar. Bagi yang mengalami masalah ini dapat mengatasinya dengan cara membersihkan atau memperbaiki pada kontak saklar. Namun akan lebih baik jika diganti dengan yang baru. Karena bagaimanapun saklar yang rusak tidak akan mudah diperbaiki.

Selain saklar, sekarang periksa sekring pada power window. Jika kaca jendela mobil Anda macet, bisa jadi disebabkan oleh sekring yang kotor atau berkerak. Sehingga jika mengalami hal ini maka soket sekring bisa dibersihkan dan diperbaiki untuk mengembalikan fungsinya.

Kita juga bisa memeriksa pada kunci kontak dari drop tegangan ketika power window dalam kondisi menyala. Maka jika tegangan yang terjadi lebih dari 0,5 volt maka kemungkinan disebabkan oleh beban berat pada power window. Maka Anda bisa membersihkan atau mengganti terminal kabel pada kunci kontak.

Memasang Relay Pada Kaca Jendela

Ada beberapa fungsi relay untuk power window mobil Anda. Salah satunya dapat membuat jendela mobil lebih awet karena kontak saklar tidak dilewati dengan arus yang besar. Fungsi lainnya yaitu sebagai pengambil suplai listrik untuk jendela yang berasal dari jalur listrik utama sehingga kaca jendela lebih lancar ketika dinaikkan dan diturunkan.

Memang power window terkadang mengalami kemacetan sehingga tidak dapat digunakan dengan baik. Namun beberapa hal di atas dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Pemilik mobil sebaiknya selalu rutin memeriksa kondisi mobilnya.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!