Selain bagian interior dan eksterior mobil, ternyata ada bagian penting lain dari mobil yaitu mesin mobil yang harus agan perhatikan juga kebersihannya. Kenapa kebersihan mesin mobil penting untuk agan perhatikan? Mesin mobil menjadi pusat kinerja mobil sehingga membutuhkan perhatian khusus. Resiko karat sudah pasti membahayakan jika mesin mobil agan kotor. Mesin mobil yang kotor biasanya disebabkan tetesan oli, panas mesin, ataupun yang lainnya. Nah, berikut ini adalah cara membersihkan mesin mobil yang bisa gan coba sendiri di rumah. Simak baik-baik ya gan!

  1. Pertama-tama, bersihkan bagian mesin yang mudah dijangkau dahulu seperti bagian bawah kap mobil. Semprot bagian bawah kap mobil tersebut dengan menggunakan air. Untuk membersihkan kotoran yang menempel, gunakan sabun colek lalu gosok menggunakan sikat yang agak kasar. Setelah dirasa tidak ada kotoran yang menempel, bilas dengan air bersih. Usahakan saat mencuci mesin jangan sampai sabun mengering dan meninggalkan bekas pada mesin. Agar tidak ada air yang menetes ke mesin mobil, keringkan menggunakan kain.
  2. Setelah bagian bawah kap mesin selesai dibersihkan, saatnya mencuci ruang mesin mobilnya. Semprotkan air dengan tekanan normal ke ruang mesin. Untuk membersihkan ruang mesin agan bisa pakai selang biasa atau botol spray
  3. Gunakan spon atau kuas dengan pembersih untuk membersihkan bagian mesin mobil.
  4. Untuk membersihkan bagian radiator dan AC, buka grill depan terlebih dahulu. Saat proses ini lakukan dengan hati-hati karena sistem pengikatnya rawan patah.
  5. Kalau agan menggunakan engine degreaser, coba semprotkan dulu bagian mesin yang terkena noda dan diamkan selama 10 menit. Setelah kering, gunakan kuas untuk menyapukan seluruh bagian mesin mobil agan.
  6. Untuk bagian mesin yang terkena kerak oli dan keraknya susah dihilangkan, gunakan pembersih khusus yang dijual di pasaran.
  7. Untuk bagian mesin yang rumit dan kecil, gunakan kuas kecil agar bagian tersebut dapat dibersihkan secara sempurna.
  8. Setelah proses membersihkan mesin selesai secara keseluruhan, gunakan spray atau selang air untuk membilas dan lap mesin mobil dengan sedikit tekanan pada bagian mesin yang terdapat noda.

Nah, mungkin Anda berpikir tips di atas hanya untuk mesin mobil yang kotornya masih normal. Lalu bagaimana kalau mesin mobilnya sudah sampai berkerak? Nah, berikut ini ada beberapa jenis pembersih kerak mesin mobil yang bisa agan pakai untuk membersihkan kerak yang ada di mesin mobil agan.

#1 Penetran Pembersih

penetran pembersih

Source: Blibli

Carbjet atau DCS adalah contoh produk pembersih pembersih mesin mobil yang dapat dengan mudah agan temukan di pasaran. Dengan menggunakan produk tersebut, kerak yang ada pada mesin mobil akan melunak dan luntur kemudian keluar dengan sendirinya. Untuk membersihkan kerak pada mesin mobil ini menggunakan produk ini cukup mudah. Nyalakan mesin mobil selama beberapa waktu, lalu injak pedal gas dan tahan putaran mesin di angka kisaran 4000 sampai 5000 rpm selama beberapa menit. Setelah itu, kotoran karbon mulai keluar dari knalpot dan ruang bakar mobil agan akan jadi lebih bersih dari sebelumnya.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

#2 Injector Cleaner

Injector Cleaner

Source: Super Cheap Auto

Cairan injector cleaner bisa juga agan gunakan untuk membersihkan kerak pada mesin mobil. Jika agan mau menggunakan injector cleaner ini masukkan cairannya ke dalam tangki bensin, selanjutnya cairan tersebut akan mengikuti alur proses pembakaran BBM sekaligus membersihkan kotoran yang tertinggal di injector, klep, dan juga ruang bakar. Kotoran-kotoran hasil pembersihan ini akan terbuang akan terbuang melalui saluran gas buang.

#3 Servis Carbon Clean

Servis Carbon Clean

Source: google

Biasanya jasa service carbon clean ini disediakan di bengkel-bengkel mobil karena membutuhkan alat khusus. Pada proses ini biasanya montir bengkel nantinya akan menggunakan cairan khusus yang dimasukkan melalui lubang busi dengan alat khusus untuk proses carbon cleaner ini. Setelah beberapa waktu, cairan tersebut akan disedot kembali dengan alat tersebut. Cairan yang disedot itulah yang kemudian akan membawa kotoran-kotoran yang ada di dalam ruang bakar mesin. Proses pembersihan carbon cleaner ini biasanya ditawarkan dengan paket tune up atau servis filter bensin dan filter udara.

Nah, itu tadi langkah-langkah yang bisa lakukan saat agan mau membersihkan mesin mobil yang kotor. Untuk mesin motor tentunya akan beda lagi cara dan langkah-langkahnya. Agan bisa gunakan pembersih mesin motor yang memang khusus untuk membersihkan mesin motor. Yuk buruan dipraktekkin tipsnya! Kalau agan masih ragu atau kebingungan, bawa saja mobilnya ke jasa cuci mesin mobil 😀

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!