Sudah dipastikan ban mobil memiliki peranan penting sehingga diperlukan perawatan khusus dalam merawatnya. Termasuk untuk melakukan proses pemasangan ban ke velg, balancing, atau spooring. Perawatan ban yang harus Anda lakukan tidak hanya dengan pergi ke bengkel atau sentra penjualan ban. Tutupi mobil dengan cover mobil hingga area ban supaya lebih awet.

Dalam perawatan ban mobil Anda, Anda juga harus ikut ambil bagian dan Anda harus mengetahui cara untuk menjaga performa ban tetap mumpuni serta usia pemakaiannya panjang. Belum tahu cara merawat ban mobil Anda? Di bawah ini adalah tips merawat ban mobil yang mungkin dapat membantu Anda.

Tips merawat ban mobil mudah dan tepat

Pastikan tekanan anginnya pas

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Pastikan Anda selalu memompa ban mobil Anda hingga mencapai tekanan yang direkomendasikan oleh panduan mobil. Kalau tekanan ban mobil Anda terlalu rendah, maka gesekan antara ban dan jalan akan menjadi semakin besar. Membuat ban jadi semakin cepat rusak akibat banyaknya gesekan dan panas yang dihasilkan oleh pergerakan mobil.

Selain itu, bila Anda memompa ban hingga tekanannya berlebih, permukaan ban yang menyentuh tanah akan menjadi semakin kecil. Meskipun ban lebih awet, ketika menyentuh jalan licin ban juga jadi lebih mudah terpeleset. Jadi, Anda harus pastikan tekanan ban itu pas.

Spooring dan Balancing

Untuk menjaga kestabilan ban mobil Anda, Spooring dan Balancing merupakan cara yang dapat Anda lakukan. Setiap pemakaian 5000 km Anda disarankan untuk melakukan spooring dan balancing, karena biasanya ban mobil yang sering digunakan akan cepat berubah posisi menjadi kurang stabil. Supaya menjaga kestabilan ban mobil Anda selama berkendara.

Menggunakan ban sesuai standar

Jenis mobil itu bermacam-macam, dan ban yang digunakan juga bermacam-macam. Karena bobot dan ukuran mobilnya juga berbeda maka bagian bannya juga berbeda, ban mobil jenis city car akan berbeda dengan ban untuk jenis MPV. Menggunakan ban yang sesuai standar adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat ban mobil Anda. Selain itu Anda gunakan cover mobil hingga menutupi ban supaya awet.

Merawat ban mobil dengan cara rotasi

Meskipun mobilnya sendiri sudah tua, dengan menukar posisi ban yang ada di mobil secara berkala, Anda punya ban yang super awet. Ban belakang umumnya hanya mengikuti laju mobil dan menerima gesekan yang minim. Ketika mobil berbelok, ban yang ada di depan senantiasa terkena gesekan dari rem dan gesekan ekstra. Maka disarankan menukar posisi ban depan dan belakang setiap 5.000 km sekali.

BACA LAGI  5 Cara Memilih Cover Mobil Outdoor yang Bagus dan Terbaik

Berkendara yang baik dan benar

Menerapkan perilaku berkendara yang baik dan benar dapat menjaga keawetan ban mobil yang Anda gunakan. Misalnya tidak mengubah kecepatan secara drastis, tidak melakukan pengereman secara mendadak, dan mengeluarkan barang-barang di dalam mobil yang tidak penting agar beban yang ada pada mobil senantiasa terjaga. Perilaku seperti ini terbukti dapat membuat ban mobil lebih awet dari biasanya.

Menghindari lubang saat berkendara

Jalanan tidak selamanya mulus, kadang-kadang jalan yang rusak akan ada lubang di beberapa bagian jalan. Anda dianjurkan untuk mengurangi kecepatan, di saat melintasi jalanan yang rusak dan berlubang. Karena bila jalanan yang rusak diterobos akan mengakibatkan ban mobil Anda cepat rusak.

Jika asal dalam mengendarai mobil saat jalanan rusak dan berlubang tidak hanya merusak ban mobil Anda, tapi Anda juga akan menjadi korbannya. Dikarenakan terhantam sana sini, tidak etis jika ban Anda rusak dan Anda luka. Berkendaralah baik dan benar, selain ban mobil Anda awet, Anda juga akan selamat dari kecelakaan.

Periksa keadaan ban secara rutin

Kalau Anda ada waktu senggang, coba lihat keadaan ban mobil apakah ada lumpur ataupun kerikil di sela-sela ban. Batu kerikil yang keras bisa menimbulkan gaya gesekan yang kuat saat kecepatan tinggi. Langsung bersihkan ban, coba bayangkan batu kerikil yang terselip di sela ban dan kemudian mobil melaju dalam kecepatan 80 km/jam. Anda bisa merawat ban mobil dengan membersihkannya secara berkala.

Pemeriksaan rutin ke bengkel

Peralatan yang lengkap akan memudahkan pengecekan ban mobil Anda, serta ruang kerja yang lengkap di bengkel. Pemeriksaan yang ditangani oleh orang yang berpengalaman dan tahu cara merawat ban akan membantu Anda dalam menyelesaikan masalah. Kunjungi bengkel dengan jangka waktu minimal satu bulan sekali, maka ban mobil akan selalu dalam keadaan prima.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!