Tidak ada orang yang menginginkan mobilnya rusak pada catnya akibat tergores maupun kecelakaan. Maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan coating body mobil sendiri di rumah. Proses coating juga merupakan suatu cara pelapisan body mobil agar terlindungi dari goresan maupun lecet. Sebenarnya untuk mencegahnya masih dapat menggunakan selimut mobil.

Coating merupakan usaha bagi para pemilik mobil untuk melindungi body mobil terutama pada catnya agar tidak mudah rusak dan tergores. Perawatan eksterior mobil ini menjadi hal yang sangat penting untuk semua pemilik mobil.

Terkadang untuk melakukan coating kita harus ke bengkel dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, perlunya kita untuk belajar melakukan coating sendiri di rumah. Peralatannya dan bahan-bahannya pun bisa kita dapatkan dengan mudah di toko atau bengkel otomotif terdekat. Dengan begitu kita tidak akan mengeluarkan biaya yang mahal hanya untuk coating ini.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan coating sendiri, maka bisa disimak pada artikel ini yang akan membahas tentang bagaimana cara coating mobil dengan benar.

Coating Mobil Sebagai Perlindungan

Proses untuk Coating Mobil

Untuk melakukan proses coating sendiri di rumah ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Sebaiknya jika ingin melakukannya sendiri disarankan agar bertanya kepada ahlinya terlebih dahulu atau bisa belajar sendiri tanpa ahli.

Sebelum coating dilakukan, sebaiknya Anda cuci dulu mobil Ada hingga bersih dengan tujuan debu beserta kotorannya dapat terangkat. Pastikan jika semua permukaan mobil tercuci dengan sempurna. Setelah itu dilanjutkan dengan proses detailing atau disebut dengan proses pengangkatan residu dan oksidasi yang menempel pada permukaan mobil.

Selanjutnya bisa dilakukan polish mobil yang bertujuan untuk menghilangkan baret atau goresan di permukaan mobil agar proses cat lebih maksimal. Proses ini dapat menggunakan mesin poles dengan kecepatan yang stabil. Lalu perhatikan juga tekanan pada saat pemutaran pada proses ini di permukaan mobil Anda.

Selanjutnya bisa dilakukan waxing, proses ini dapat tetap dilakukan atau mau dilewati saja. Proses ini tidak wajib dalam rangkaian coating mobil. Setelah itu, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Meskipun belum berpengalaman dalam melakukan pekerjaan ini, namun jika Anda ingin hemat mau tidak mau harus belajar dalam melakukan coating mobil sendiri di rumah.

Proses coating sebaiknya dilakukan di tempat yang tertutup sehingga udara dan debu tidak bisa masuk ke dalamnya. Selain itu Anda juga harus memperhatikan suhu ruangan dan penerangan. Gunakanlah suhu sekitar 25 derajat celcius.

Manfaat Coating Mobil

Sebagai pelindung mobil, tentunya coating akan menjaga permukaan mobil agar tidak terkena tetesan air yang dapat merusak cat mobil. Jika dibiarkan, maka tetesan air ini dapat menjadi kerak maupun jamur yang tidak bisa hilang dari permukaan mobil.

Sehingga coating mobil ini memiliki peran penting dalam perlindungan cat mobil. Bagi yang memiliki mantel mobil tentunya tidak akan kesulitan untuk menjaga cat. Coating juga akan meminimalisir adanya goresan yang dapat mengenai pada permukaan dan cat mobil.

Coating biasanya dibuat dengan satu lapisan atau dua lapisan, ini tergantung dari bengkel yang melakukannya. Untuk coating yang hanya dilakukan dengan satu lapisan mungkin saja tidak akan terlindungi secara maksimal pada cat mobil ini.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda rasakan manfaat dari coating mobil ini. Ya, memang dengan adanya coating mobil membantu dalam perlindungan permukaan dari sinar UV.

Begitu pula, cat mobil akan tampak mengkilap setelah coating. Permukaan yang mengkilap ini akan tahan lama. Coating mobil ini memberikan efek perlindungan hingga empat tahun lamanya. Tergantung berapa lapisan coating yang dilakukan. Bahkan ada jenis coating yang dapat memberikan perlindungan selamanya. Karena beberapa alasan tersebut, coating berperan penting dalam melindungi mobil.

Itulah beberapa proses dan manfaat dari adanya coating permukaan mobil. Sebenarnya untuk lebih amannya sebaiknya coating dilakukan oleh ahlinya karena ternyata coating mobil tidak mudah dilakukan. Selain itu, bagi mobil yang sering terparkir di luar bisa menggunakan cover mobil outdoor untuk mencegah sinar matahari merusak cat mobil Anda.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!