Beberapa kawasan di Indonesia memang sulit ditebak cuacanya. Bisa saja ketika Anda bepergian cuaca masih panas, namun ketika di perjalanan terjadi hujan deras. Hal ini sangat membahayakan pengendara karena rute jalan bisa sangat licin.

Pengendara dituntut lebih waspada dan berhati-hati saat berkendara. Jika tidak ingin mengalami kecelakaan. Untuk itu kami akan menjelaskan bagaimana cara menghadapi cuaca ekstrim ketika berkendara dan hal apa saja yang dapat Anda periksa sebelum berpergian. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini.

Hal yang Harus Di Perhatikan Sebelum Berpergian

Periksa semua lampu kendaraan apakah semua dapat berfungsi dengan baik

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Hal ini dilakukan agar lampu tersebut bermanfaat membantu Anda melihat di jarak pandang yang terbatas karena hujan. Nyalakan lampu utama meskipun siang hari dan hujan rintik-rintik karena membantu pengendara lain melihat kendaraan Anda.

Periksa kondisi tekanan udara dalam ban

Kedalaman alur ban secara rutin minimal seminggu sekali, kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan Anda melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis.

Periksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan Anda

Periksa bagian kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik atau belum. Berikan perawatan ekstra selama musim hujan karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Pergunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air, dan aman

Gunakan juga alas kaki yang tidak licin dan tahan air saat musim hujan. Dengan demikian maka Anda akan lebih nyaman dan aman selama berkendara.

Kurangi kecepatan Anda dalam mengendarai kendaraan

Kurangi kecepatan karena pada saat hujan karena permukaan jalan licin akibat dari bercampurnya oli dengan air. Hal ini dilakukan agar ban Anda tidak tergelincir (slip). Mengemudikan kendaraan dalam kondisi kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan Anda lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkraman ban yang lebih baik.

Jaga jarak aman kendaraan Anda dengan pengendara lain

Hal ini dilakukan karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering. Sehingga Anda akan terhindar dari kecelakaan. Usahakan tetap dalam jarak yang tidak berdekatan dengan yang lain.

BACA LAGI  Mobil Anda Sering Diparkir Di Luar Begini Cara Perawatannya Agar Awet

Jangan sembarang menerobos genangan air dan banjir

Hal ini dilakukan karena kita tidak tahu kedalamannya. Jika Anda sembarangan menerobos maka bisa mengakibatkan kendaraan Anda mogok atau terperosok ke dalam lubang yang mungkin ada di dalam genangan air tersebut.

Apabila terjebak banjir dan kendaraan Anda mogok karena air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraan Anda, jangan menghidupkan mesin kembali. Lebih baik didorong ke tempat yang aman, karena dikhawatirkan sistem pengapian Anda mengalami korsleting dan dapat membuat kendaraan Anda terbakar.

Apabila menemukan genangan air, pohon tumbang, ataupun membutuhkan derek untuk Wilayah DKI Jakarta dan Sekitarnya bisa menginformasikan ke TMC Ditlantas Polda Metro Jaya 021-52960770 atau SMS 1717.

Cover Mobil Outdoor

Benda yang satu ini sangat penting sekali. Jika Anda ingin berpergian jauh dan dalam waktu yang lama, maka cover mobil outdoor menjadi solusi saat Anda parkir di mana saja. Sehingga Anda tidak takut akan cuaca yang ekstrim. Karena cover mobil tersebut akan melindungi mobil Anda dari panas dan hujan.

Sehingga melindungi mesin dari kemasukan air dan panas matahari yang merusak cat mobil. Dengan cover mobil, Anda tidak perlu repot lagi mengeluarkan biaya kerusakan cat dan mesin sehabis perjalanan jauh.

Namun hal yang patut Anda pahami saat menghadapi cuaca ekstrem seperti hujan, petir, dan angin kencang maka sebaiknya berhenti dan menunda perjalanan sesaat hingga kondisi cuaca membaik. Jika terpaksa tetap harus mengendarai, waspada terhadap risiko bahaya yang muncul, seperti benda jatuh (fallen objects).

Fallen objects meliputi batang pohon yang patah, billboards atau banner yang kemungkinan tumbang dan objek lainnya. Jika harus berhenti atau berteduh pastikan di area aman dari kemungkinan ada jatuhan benda (fallen objects).

Itulah benda dan uji kelengkapan kendaraan Anda sebelum melakukan perjalanan jauh dengan cuaca ekstrim, sehingga meminimalisir adanya kecelakaan dan insiden lain selama perjalanan, semoga bermanfaat.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!