fbpx

Merawat mobil pribadi yang Anda miliki merupakan hal yang wajib untuk dilakukan secara rutin setiap hari. Hal tersebut dikarenakan kondisi mobil pribadi yang prima bisa memperpanjang umur mobil dan membuat mobil tetap stabil. Mobil yang perawatannya kurang, maka bisa menjadi salah satu sebab bagi pengemudi yang mengalami kecelakaan di jalan.

Lakukan pengecekan pada mobil pribadi secara rutin terutama jika Anda akan bepergian jauh. Pastikan bahwa mobil yang akan dikendarai benar-benar dalam kondisi baik dan layak untuk melakukan perjalanan tersebut. Lakukan pengecekan pada semua elemen mobil khususnya pada kondisi mesin, ban dan lampu.

Karena ketiga elemen tersebut merupakan bagian mobil yang paling penting dan wajib untuk diperhatikan kondisinya. Sebenarnya melakukan perawatan mobil pribadi tidak harus membawanya ke bengkel karena Anda pun bisa melakukan perawatan sendiri pada mobil pribadi yang Anda miliki. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk merawat mobil pribadi.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Perhatikan 6 Cara Berikut yang Mudah untuk Dilakukan

Mengecek Starter Mobil

Starter merupakan elemen penting pada mobil karena jika starter tidak bisa bekerja dengan baik maka akan membuat pengemudi menjadi kurang nyaman menggunakan mobil tersebut. Mobil yang tidak bisa di starter bisa disebabkan karena suplai bahan bakar atau udara yang kurang pada sistem karburator.

Solusinya yaitu bersihkan saringan karburator sehingga tidak ada kotoran yang menempel pada karburator tersebut dan cek kembali starter pada mobil. Cara membersihkan saringan karburator tidaklah rumit. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika akan membersihkan saringan karburator yaitu dengan memeriksa saringannya, kemudian cabut filternya dan bersihkan dengan kuar atau sikat gigi.

Jangan mencoba untuk membersihkan karburator menggunakan alat pemanas seperti hair dryer ataupun alat pemanas sejenisnya. Jika hal tersebut dilakukan, maka akan membuat dinding saringan udara menjadi rusak.

Ganti Oli Mobil Secara Rutin

Oli mobil merupakan sesuatu yang vital bagi mesin mobil. Gantilah oli mobil secara rutin setiap 3.000 sampai 5.000 mil. Ketika suara mobil sudah terdengar aneh dari suara biasanya, maka itu tandan bahwa penggantian oli mobil harus secepatnya dilakukan.

Oli pada mobil berperan untuk mengurangi gesekan pada mesin mobil. Tanpa adanya oli, maka gesekan-gesekan yang terjadi pada mesin mobil akan membuat komponen mesin menjadi cepat rusak.

BACA LAGI  Tips Berpergian Jauh Menggunakan Mobil

Oli mobil yang secara rutin diganti berdasarkan jarak tempuh kendaraan, maka akan membuat mesin mobil lebih awet dan mobil akan lebih berumur panjang karena perawatan rutin dilakukan.

Periksa Kondisi Radiator Mobil Pribadi

Radiator memiliki peran penting untuk menjaga suhu pada mesin mobil agar tetap dingin. Jadi artinya radiator merupakan bagian penting yang berfungsi untuk menjaga mesin mobil agar tidak mengalami over heating atau cepat panas. Untuk itu, periksa kondisi radiator mobil pribadi milik Anda agar suhu pada mesin tetap terjaga.

Memeriksa radiator pada mobil bisa dengan cara pemeriksaan kebocoran, penggantian air dan pengurasan pada radiator sehingga peranannya sebagai pendingin mesin tetap terjaga.

Lakukan Tune Up secara Rutin

Dengan melakukan Tune Up secara rutin di bengkel terdekat akan membuat mesin mobil pribadi Anda tetap awet dan lebih tahan lama untuk digunakan sehingga kerusakan pada mesin tidak mudah terjadi. Proses Tune Up yang rutin dilakukan akan membuat komponen-komponen vital yang berhubungan langsung dengan mesin selalu diperiksa seperti busi, filter bahan bakar dan juga oli.

Periksa Timing Belt

Timing belt yaitu sabuk yang berguna untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang langsung terhubung pada bagian internal mesin. Jika mobil Anda memunculkan suara-suara dengungan yang bising saat mesin dijalankan, maka bisa jadi timing belt mengalami kerusakan. Sebaiknya jangan biarkan kerusakan timing belt secara berlarut karena bisa membuat komponen pada mesin mobil menjadi rusak.

Sediakan Cover Mobil untuk Mobil Pribadi

Cover atau mantel mobil wajib Anda miliki untuk menjaga cat mobil pribadi Anda sehingga tetap awet dan tahan lama. Selain itu dengan menggunakan mantel mobil maka kendaraan pribadi Anda akan terjaga dari goresan-goresan kecil saat parkir di dalam rumah maupun di luar rumah.

Sebaiknya gunakan mantel mobil berkualitas meskipun harganya lebih mahal dibandingkan dengan mantel mobil yang biasa saja. Karena mantel mobil berkualitas memiliki sisi yang berbeda yaitu sisi luar berfungsi untuk menjaga panas dan lapisan dalam yang halus berfungsi untuk melindungi lapisan cat agar terhindar dari goresan. Jual cover mobil berkualitas saat ini sudah banyak disediakan di banyak tempat.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!