fbpx

Mobil sport adalah jenis mobil mewah, namun untuk pencinta mobil jenis ini rela mengeluarkan kocek yang harganya lumayan fantastis agar keinginannya bisa tercapai. Dengan banderol harga yang sangat mahal tentu mobil ini memiliki keunggulannya masing-masing dari setiap merek mobil. Bisa dari desain body, performa mesinnya dan fitur canggih.

Dengan segala kelebihannya itulah, maka mobil ini berbedanya jauh sekali dengan jenis mobil biasa. Tenaga yang dihasilkan sangat menakjubkan karena sudah di dukung mesin yang modern dan canggih. Biaya besar dan perlakuan khusus diperlukan untuk perawatan, itulah kekurangan mobil sport. Merawat mobil sport tidak bisa sembarang, berikut adalah ulasan merawat mobil sport yang benar.

Cara merawat mobil sport yang baik dan benar

Penggantian oli 6 bulan sekali

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Mobil sport butuh penggantian oli setiap 6 bulan sekali, terkait kemampuan mesin mobil sebab mesin pada sedan premium terbiasa dengan kecepatan tinggi. Supaya kondisi mesin tetap maksimal dan aman.

Berdasarkan jumlah kilometer yang ditempuh, lain hal dengan mobil umum yang olinya harus diganti. Bila proses penggantian oli melebihi 1 tahun maka oli film akan berubah dan mengakibatkan mesin menjadi kasar.

Perhatikan Bahan Bakar

Cara yang kedua adalah dengan memperhatikan bahan bakar mobil Anda. Pada umumnya sobat, jenis bahan bakar yang digunakan untuk mobil sport adalah jenis bahan bakar yang memiliki RON tinggi. Berumur panjang, tidak berkerak dan tidak kehilangan tenaganya, karena bahan bakar yang memiliki RON tinggi ini bisa membuat mesin mobil Anda.

Memeriksa Komponen Mobil

Jika mobil sudah melampaui batas angka 10.000 km, sebaiknya periksa segera komponen penting dan ganti dengan yang baru. Komponen yang digunakan mobil mewah sangat sensitif terutama pada sistem saringan dan pengereman. Mengganti komponen dilakukan untuk mencegah kerusakan lebih parah dan merembet ke komponen lain.

Bodi Kendaraan

Anda perlu merawat bodi kendaraan supaya terlihat tetap mulus dan elegan. Supaya tidak terjadi korosi, lakukan pengecekan setahun sekali terhadap bodi mobil. Korosi ini bisa terjadi karena pengaruh iklim dan lingkungan, sebaiknya Anda melindungi menutupnya dengan cover mobil berkualitas. Risiko yang lebih karena kadar garam di sana tinggi yaitu pemilik mobil sport yang tinggal di daerah dekat laut.

BACA LAGI  Tips Jual Sarung Mobil Bekas yang Sudah Tidak Terpakai

Mengontrol Sistem Keamanan

Sistem keamanan pada setiap kendaraan adalah hal yang sangat penting yang harus kita perhatikan. Agak berbeda dengan mobil biasa pada umumnya, karena pada umumnya sistem pengamanan yang ada pada kendaraan sport. Pada mobil sport sudah dilengkapi dengan Dynamic Stability Control (DSC), Antilock Braking Systek (ABS), dan Active Stability Control (ASC).

Panaskan Mesin Mobil Dengan Benar dan Tepat

Sebelum digunakan untuk aktivitas berkendara, kendaraan mewah wajib dipanasi terlebih dahulu mesinnya. Sebaiknya sesuai aturan saja seperti hanya satu hingga lima menit, memanasi mesin mobil janganlah terlalu lama sebab mesin mobil mewah sudah di lengkapi teknologi kompresi canggih. Jika pemanasan terlalu lama bisa jadi membuang bahan bakar, bahkan bisa merambat ke komponen lain menjadi rusak.

Biaya perawatan mobil sport

Biaya bahan bakar

Soal konsumsi BBM, konsumsi BBM Huracan adalah 12,5 mil per galon atau sekitar 5,3 km/liter. Tangki Huracan berkapasitas 90 liter, dan jika misal isi Pertamax Turbo yang harganya 8.700 Rupiah, maka butuh 783.000 Rupiah untuk memenuhi tangkinya. Bagi pembeli Huracan, bisa dapat garansi selama mobilnya masih standar, disampaikan pula mengenai garansi 3 tahun tanpa batas kilometer.

Biaya ban mobil

Ada yang mengganti ban standar Huracan dengan Michelin Pilot Sport yang berharga 19 jutaan namun lebih tahan lama, meski ban standar Huracan adalah Pirelli Pzero yang harganya 16 jutaan. Supaya ban tidak terpapar cuaca yang ekstrem sebaiknya lindungi mobil dengan cover mobil berkualitas dan menutup hingga area ban mobil.

Biaya ganti oli

Tergantung dealer mana yang didatangi, mengenai biaya servis tahunan semisal ganti oli berkisar $1000 (13 juta Rupiah). Karena rentang biaya perawatan tahunan adalah $800 hingga $1.500 (10,4 juta hingga 19,5 juta Rupiah).

Kalau garansinya sudah habis, penggantian oli yang dilakukan sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan biaya hanya kisaran 4 juta Rupiah. Penggantian oli yang dilakukan sendiri saat garansi masih berlaku tidak dianjurkan karena bisa menggugurkan garansi.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!