Kebutuhan manusia semakin beragam dari hari ke hari, termasuk juga kebutuhan transportasi. Beberapa tahun silam, masih banyak orang yang sudah merasa cukup puas dengan transportasi umum dan kendaraan pribadi berupa sepeda motor. Namun dengan berjalannya waktu, membuat banyak orang memikirkan membeli mobil untuk keluarga sehingga bisa dipakai untuk pergi bersama-sama.

Sekarang ini, mobil bukan lagi sebuah simbol kemewahan. Sebab hampir semua orang bisa membeli mobil. Namun tentu, membeli mobil tidaklah sama seperti membeli kebutuhan sehari-hari. Perlu banyak pertimbangan dalam membeli mobil.

Mulai dari apakah Anda ingin membeli mobil untuk keluarga atau diri Anda sendiri? Baru atau bekas? Bagaimana cara pembayarannya? Dimana Anda akan membeli? dan masih banyak lagi. Dengan beberapa tips di bawah ini, diharapkan Anda bisa menemukan mobil yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Pertimbangan Membeli Mobil Sesuai dengan Kebutuhan dan Keinginan

Jangan terpaku pada satu model saja

Hampir setiap tahun, para produsen otomotif merilis setidaknya 1-2 produk baru, entah itu hasil inovasi dari produk sebelumnya atau benar-benar merupakan tipe dan model terbaru. Sehingga sebisa mungkin, jangan hanya terpaku pada satu atau dua model mobil saja. Anda bisa saja mempertimbangkan membeli mobil dari fitur yang diberikan, harga, keunggulan, bonus atau hadiah dan jaminan servis.

Tipe mobil

Tidak bermaksud mendiskreditkan satu atau dua tipe mobil tertentu, namun beberapa tipe mobil LCGC kurang cocok dijadikan sebagai mobil keluarga, terutama jika anggota keluarga Anda sudah lebih dari 4 orang. Muatan berlebih pada mobil LCGC, terutama saat perjalanan jauh akan memperlambat performa mobil saat bermanuver, sehingga dapat berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan mobil.

Mobil LCGC akan lebih baik dimiliki ketika anak Anda masih kecil-kecil atau bagi Anda yang belum menikah. Untuk mobil keluarga misalnya, pilihlah mobil bertipe SUV atau APV (tipe minibus).

Berkunjung dari satu dealer ke dealer lain

Jika Anda hanya berkunjung pada satu dealer saja maka itu sama saja dengan menghindari informasi penting mengenai mobil keluarga yang paling bagus dan paling affordable bagi keuangan Anda.

Jangan pernah ragu untuk mengunjungi dealer satu ke dealer lainnya, pameran otomotif satu ke pameran otomotif lainnya untuk mengoleksi brosur dan mengumpulkan informasi yang pasti mengenai berbagai mobil baru yang cocok untuk Anda.

Jangan melenceng dari kebutuhan

Jika memang tujuan Anda ke dealer adalah membeli mobil untuk keluarga, jangan mudah tergiur dengan mobil sporty dan gagah macam mobil tipe SUV atau crossover atau karena diskon atau penawaran yang diberikan. Padahal budget dan kebutuhan Anda sudah mentok pada tipe mobil MPV.

Jika memang Anda lebih sering membutuhkan mobil untuk pergi dalam jarak jauh seperti berlibur ke luar kota atau mudik bersama keluarga. Lebih baik pilih tipe mobil yang bagasinya luas dan kapasitas tempat duduk yang memadai.

Membeli mobil bukan karena gaya hidup

Buang jauh-jauh pikiran Anda untuk membeli mobil karena ingin pamer atau semata-mata memenuhi gaya hidup Anda. Sederhananya jika memang benar-benar membutuhkan, maka tidak melulu harus kredit atau membeli mobil yang masih gress, membeli bekas pun sebenarnya tidak masalah.

Namun jika Anda merasa kurang yakin dengan mobil bekas, barulah pertimbangkan membeli mobil yang baru namun sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Jangan sampai nantinya justru akan memberatkan keuangan Anda di masa depan.

Belilah di akhir tahun

Salah satu rahasia publik yang cukup penting adalah saat menjelang akhir tahun ada banyak dealer mobil yang menggelar promo diskon besar-besaran, cashback maupun promo hadiah menarik, hal ini dikarenakan dealer harus kejar target penjualan. Oleh sebab itu, tahan keinginan Anda membeli di awal atau tengah tahun, cobalah membeli mobil baru di akhir tahun karena biasanya lebih murah.

Jangan lupa perlengkapan mobil lainnya

Jika Anda sudah memutuskan untuk membeli mobil, jangan lupa untuk membeli kebutuhan lainnya untuk mobil Anda. Mulai dari ban cadangan, perkakas, dongkrak, cover mobil, sampo dan pengilap khusus hingga vacuum khusus mobil. Pastikan juga Anda sudah lebih dulu memiliki SIM A sebelum berkendara di jalan raya.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!