Begini Cara Merawat Motor dan Memilih Cover Motor yang Cocok

by | Nov 25, 2018 | Cover Motor, Tips

tips cover motor terbaik

Cover motor memang tak setenar cover mobil karena banyak yang mempunyai tempat parkir motor dan beranggapan bahwa motor mereka bisa aman, terhindar dari air hujan ataupun sinar UV matahari. Namun dibalik itu ternyata masih cukup banyak orang yang mencari cover motor.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang sedang mencari cover motor, maka Anda perlu mengetahui cara memilih cover motor yang cocok. Mengapa hal tersebut diperlukan? Karena kesalahan memilih cover motor bisa menyebabkan body motor tergores atau mengalami hal buruk lainnya. Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Karena itulah berikut ini akan dijelaskan tentang cara merawat motor menggunakan cover motor dan tips memilih cover mootor yang tepat. Tidak hanya itu, Anda juga akan disajikan informasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan cover motor. Apabila Anda penasaran, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Cover Motor Urban

Cover motor urban menjadi salah satu cover motor yang banyak dicari karena beberapa keunggulannya, seperti terbuat dari bahan dengan kualitas terbaik, tahan terhadap panas matahari, dan tahan air. Penjelasan lebih lengkap berikut mungkin bisa membantu Anda memahami kelebihan cover motor urban yang sebelumnya disebutkan.

  • Cover motor urban terbuat dari bahan tebal

Cover motor urban terbuat dari PVC dengan kualitas paling baik. Bahan yang dipilih juga tebal dan kuat sehingga akan tahan lama. Anda tentu tahu bahwa benda yang terus-terusan terkena sinar matahari dan hujan lama kelamaan bisa menjadi rapuh. Nah begitu pula dengan cover motor.

Cover motor lama kelamaan akan rusak jika sering digunakan di berbagai cuaca. Karena itulah cover motor urban dibuat dari bahan yang tebal dan kuat. Bahan yang tebal dan kuat ini diharap mampu meminimalisir kerapuhan cover motor meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

  • Cover motor urban memiliki bagian kupingan

Maksud dari bagian kupingan adalah bagian untuk tempat spion. Dikatakan kupingan karena bentuknya mirip dengan telinga. Nah dengan adanya bagian ini, perlindungan menjadi lebih maksimal. Cover motor mampu menutupi body motor dengan tepat dan pas. Berbeda jika cover tidak memiliki bagian kupingan, body motor pasti tercover dengan beberapa bagian longgar di dalamnya. Tidak pas dengan body motor.

  • Cover motor urban dilengkapi dengan karet 

Karet yang dimaksud adalah karet di bagian bawah atau bagian pojok dari cover motor. Adanya karet ini membuat cover tidak mudah terbuka atau terbang meskipun terkena angin yang cukup keras. Pemasangannya juga lebih mudah karena seperti ada bagian yang berfungsi mengunci bagian lainnya.

  • Cover motor urban tahan air 

Seperti cover motor pada umumnya, cover satu ini anti air atau tahan air. Bahasa kerennya yaitu waterproof sehingga Anda bisa menggunakannya saat hujan deras. Air di jamin tidak akan masuk jika Anda menutup dengan sempurna. Namun, kadang ada yang menjual cover berharga murah dengan kualitas murahan.

Jangan sampai Anda membeli produk yang kurang berkualitas tersebut karena biasanya tidak anti air. Anda bisa melakukan pengujian anti air atau tidak dengan menyiramkan air ke cover motor tersebut. Jika efeknya seperti efek air di daun talas, maka bahan tersebut memang waterproof.

  • Cover motor urban mampu melindungi motor dari sinar UV 

Sinar UV yang terlalu lama dan sering mengenai motor bisa menyebabkan cat pada body motor memudar ataupun mengelupas. Dengan menggunakan cover motor urban sebagai penutup, motor Anda akan terhindar dari efek tersebut.

  • Cover motor urban tidak memiliki jahitan

Beberapa cover motor memiliki jahitan antara bagian satu dan bagian lainnya. Padahal celah pada jahitan bisa dirembesi air. Mungkin awalnya baik-baik saja tapi kan semakin lama jahitan akan semakin longgar dan air pun bisa masuk ke celah-celahnya. Karena itulah penggunaan cover urban sangat disarankan. Cover urban tidak memiliki jahitan jadi motor Anda aman dari tetesan air yang merembas.

Grosir Sarung Motor

Sarung motor? Apakah sarung motor itu? Sarung motor sama seperti cover motor, hanya penyebutannya saja yang berbeda. Apabila Anda berniat untuk membeli sarung motor, maka Anda perlu berhati-hati. Mengapa? Karena ternyata ada sarung motor yang malah merusak body motor. Sarung motor yang merusak body motor biasanya terbuat dari bahan dengan kualitas buruk, kasar, tidak halus sehingga bisa menimbulkan goresan-goresan saat bergesekan dengan body motor.

Sarung motor yang kasar ini bisa Anda temukan dengan harga murah. Jadi, jangan tergiur dahulu dengan kemurahan harga, bisa jadi harga murah karena kualitasnya yang memang murahan. Saat ada cover motor dengan harga murah Anda harus meneliti dahulu. Apakah harga murahnya wajar ataukah tidak, apakah bahannya layak pakai atau tidak. Untuk lebih jelasnya, simak penjabaran tentang tips memilih sarung motor berikut ini agar Anda tidak salah pilih.

Memilih cover motor yang tebal

Bahan sangat mempengaruhi maksimal tidaknya perlindungan pada motor Anda. Maka Anda bisa memilih bahan cover motor yang tebal. Mengapa cover harus tebal? Sebenarnya tidak harus, hanya saja memang lebih bagus yang tebal. Jika terkena goresan atau benda yang agak tajam, cover yang tebal bisa melindungi body motor dengan baik, bahkan malah tidak sobek apabila goresannya tidak terlalu dalam.

Berbeda jika Anda membeli cover motor yang tipis. Pasti cover langsung sobek jika terkena barang tajam. Dan hal tersebut tentu berpengaruh pada body motor. Susah-susah memberi cover tapi hasilnya sama seperti saat tidak diberi cover, Anda tidak mau hal tersebut terjadi bukan? Kalau begitu solusinya ya dengan membeli cover motor yang tebal atau lumayan tebal.

Memilih cover motor yang berongga

Berongga bagaimana? Bukankah jika berongga, air gampang masuk? Ya, tapi yang dimaksud berongga tersebut adalah berongga udara atau berpori-pori. Hal ini ditujukan agar motor tidak terlalu lembab saat terkena hujan. Kelembaban yang terlalu itu bisa menyebabkan cat pada motor mengelupas atau kadang berjamur. Anda tidak mau hal tersebut terjadi bukan?

Berongga yang dimaksud biasanya pada lapisan keduanya. Tidak lapisan paling atas jadi motor tetap anti air. Merk cover motor yang biasanya mengandalkan adanya lapisan berongga yaitu merk yang memiliki empat lapisan, dimana lapisan pertama atau terluar merupakan lapisan anti air.

Lapisan kedua merupakan lapisan berpori-pori. Lapisan ketiga merupakan lapisan pelindung atau penguat komposisi bahan dan lapisan terlahir atau lapisan dalam merupakan lapisan halus yang akan melindungi motor dari gesekan. Anda bisa memilih cover motor satu ini jika memang tertarik dengan kualitasnya.

Memilih cover motor yang anti air

Apabila niat membeli cover motor yaitu untuk melindungi motor dari air hujan saat diparkir di luar ruangan, maka tentu saja Anda harus memilih cover yang anti air atau tahan air. Sepertinya hampir semua cover motor menawarkan kelebihan berupa anti air. Namun, Anda tetap perlu waspada saat membelinya. Teliti betul apakah benar-benar tahan air atau tidak. Jika pun tahan air, teliti lebih lanjut apakah tahan lama menahan airnya atau tidak.

BACA LAGI  7 Macam Cover Mobil dan Kegunaannya

Memilih cover motor yang tidak mudah luntur

Saat ini banyak sekali pilihan warna dari cover motor. Anda bisa memilih warna cover motor yang sesuai dengan selera Anda. Namun Anda perlu mempertimbangkan satu hal yaitu pastikan warna di cover motor Anda tidak luntur karena jika luntur dampaknya ke motor Anda. Nanti bisa bisa body motor Anda bukannya terlindungi malah ternodai jadinya.

Memilih cover motor yang mudah kering

Cover motor yang mudah kering akan sangat menguntungkan. Keuntungan pertama yaitu motor Anda akan terhindar dari kelembaban berlebih akibat air hujan. Keuntungan kedua yaitu akan memudahkan Anda saat ingin dibawa bepergian. Coba bayangkan cover motor Anda semalam terkena air hujan dan padahal paginya ingin Anda bawa pergi. Anda pasti akan kesulitan membawanya bukan? Berbeda jika covernya mudah kering, Anda hanya perlu sedikit usaha untuk membawanya.

Memilih cover motor yang bergaransi resmi

Sebisa mungkin pilih cover motor yang memiliki garansi resmi agar saat terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda bisa menukar atau meminta pertanggung jawaban. Cover motor yang bergaransi resmi biasanya merupakan cover yang berkualitas jadi akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Memilih cover motor yang halus bagian dalamnya

Hal ini diperlukan agar body motor tidak tergores saat tergesek cover motor. Gesekan cover yang tidak halus memang tidak seberapa, tidak langsung menyebabkan goresan besar pada body motor. Namun, jika gesekannya terlalu sering tentu akan mempengaruhi bukan? Maka dari itu kalau bisa pilih cover motor dengan bagian dalam yang halus.

Memilih cover motor dengan harga grosir

Tips memilih selanjutnya tidak berkaitan dengan kualitas cover motor tapi berdasarkan harga. Jika ada yang murah dan berkualitas mengapa pilih yang mahal? Benar bukan? Kecuali jika Anda termasuk kaum elite. Jangan tergiur dengan harga yang murah meriah karena biasanya kualitasnya tidak bagus. Harga murah yang bisa Anda pertimbangkan adalah harga grosir. Murah karena harga grosir tentu masih bisa diandalkan daripada yang murah karena memang harga aslinya murah.

Harga Sarung Motor Matic

Bagi Anda yang belum pernah membeli sarung motor sebelumnya pasti masih belum tahu berapa harga pasarannya. Harga sarung motor sebenarnya beraneka ragam tergantung jenis dan merknya. Jenis yang dimaksud adalah jenis motornya, jadi ada perbedaan harga antara cover motor matic, cover motor scoopy, cover motor nmax, cover motor cb150r, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, merk sarung motor matic juga sangat mempengaruhi harga. Saat ini banyak merk cover motor yang bermunculan. Pastikan Anda memilih cover motor matic dengan harga yang paling murah tapi kualitas tidak murahan. Memangnya ada hal seperti itu? Pasti ada, Anda hanya perlu melakukan pencarian lebih teliti dari satu toko ke toko lainnya.

Harga sarung motor matic ada yang dibawah seratus ribu, ada pula yang harganya sampai ratusan ribu, mendekati angka satu juta. Setiap harga tentu memberikan kualitas yang berbeda. Semakin mahal harga semakin bagus pula kualitasnya. Jika Anda termasuk kalangan menengah ke bawah, maka disarankan memilih yang harganya 100 higga 300 ribuan. Harga tersebut tergolong standar daripada Anda memilih harga yang di bawah 100 ribu. Dibawah seratus ribu memang murah, tapi kualitasnya masih diragukan jadi lebih baik cari amannya saja.

Cover Motor Scoopy

Cover motor matic banyak macamnya. Pastikan Anda memilih cover motor yang tepat agar tidak menyesal nantinya karena jika salah maka cover tidak akan pas saat dilingkupkan di motor. Cara memilihnya sama seperti cara memilih cover motor pada umumnya. Anda hanya perlu mempertimbangkan bahannya. Apakah bahannya benar-benar waterproof atau tidak, apakah halus atau tidak, dan lain sebagainya. Intinya pilih berdasarkan tips yang telah dijelaskan di atas.

Apabila yang Anda pilih ternyata harganya tergolong mahal, maka itu menjadi keputusan Anda hendak membelinya atau tidak. Perlu Anda tahu bahwa semakin berkualitas suatu barang, harganya akan semakin mahal. Hal itu berlaku pula pada cover motor. Saat Anda menemukan yang pas dan ternyata harganya mahal, maka sebaiknya Anda terima saja.

Cover Motor Nmax

Seperti pemilihan cover motor scoopy, pilihlah cover motor nmax yang benar-benar pas. Selain mempertimbangkan pas tidaknya, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal terkait kelayakan cover yang hendak Anda pilih. Cover yang bagus akan terlihat mewah dan elegan. Namun jangan tertipu dengan penampilannya. Anda tetap harus cek perihal anti air, tahan panas, kehalusan, dan faktor lain yang telah disebutkan di atas.

Saat membeli di toko cover motor, pastikan juga untuk membukanya agar Anda tahu apakah ada yang cacat atau tidak. Kalau diperbolehkan, uji terlebih dahulu dengan air agar mengetahui apakah benar-benar anti air atau tidak karena menurut bebrapa sumber banyak cover motor yang tetap tembus air meskipun di iklan atau promonya mengatakan 100 persen tahan air.

Nah khusus cover motor nmax ini harganya tentu lebih mahal dari cover motor scoopy karena body nmax yang memang lebih besar dibanding scoopy. Mengenai berapa harga pas nya bisa Anda tanyakan langsung pada toko yang bersangkutan. Biasnaya terdapat beberapa macam pilihan dari yang paling murah hingga yang paling mahal.

Cover Motor CB150R

Selanjutnya kita bahas tentang cover motor CB150R. Siapapun yang punya motor keren ini pasti ingin motornya tetap bersih, kinclong bukan? Untuk itulah perlu sekali membeli cover motor. Dengan adanya cover motor, motor Anda dijamin tetap kinclong, terawat, dan terlindungi.

Lantas bagaimana cara memilih cover motor CB150R yang tepat? Caranya mudah, sama seperti cara yang sebelumnya telah dijelaskan. Jadi Anda hanya perlu datang ke toko yang menjual cover motor. Anda juga bisa mencari di online shop. Setelah itu tanyakan merk cover motor apa saja yang menyediakan cover dengan jenis motor Anda.

Para penjual nanti pasti akan memberikan data cover motor khusus CB150R serta harga-harganya. Anda tidak boleh tergiur dengan harga lho ya. Lihat dulu dengan seksama setiap covernya agar mengetahui kelebihan serta kekurangannya. Setelah ada yang nyantol baru Anda boleh membelinya. Saat memilih pastikan mempertimbangkan beberapa faktor yang telah dijelaskan sebelumnya.

Demikian sedikit penjelasan tentang cara merawat motor dan memilih cover motor yang cocok. Semoga bermanfaat.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!