Saat anda ingin mengecat mobil sendiri maka harus tahu jenis cat yang akan digunakan. Setiap jenis cat memiliki kandungan dasar yang berbeda-beda.  Pemilihan cat mobil yang bagus juga perlu diperhatikan. Sebab pemilihan warna menunjukkan karakter atau selera anda.

Untuk memilih warna cat mobil jangan terlalu terburu-buru, lakukan secara hati hati. Karena warna cat yang bagus ditentukan dari kualitas bahan dasar campuran yang ada pada cat tersebut.

Jika anda bosan dan ingin mengganti cat mobil  dengan warna cat yang lainnya. Maka sebaiknya anda mengetahui teknik pewarnaan cat mobil berdasarkan bahan dasar cat tersebuat.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Agar hasil yang didapat sesuia dengan yang diharapkan dan tidak mengecewakan.   Ada beberapa campuran dasar dari cat mobil. Di bawah ini beberapa bahan dasar cat mobil yang biasa anda temui pada cat-cat mobil.

Beberapa Bahan Dasar Cat Mobil

Cat Bahan Dasar Nitro Cellulose ( Duco )

Pertama yaitu cat dengan bahan dasar nitro cellulose. Mobil yang menggunakan cat berbahan dasar Duco sering anda temui terutama pada mobil sederhana. Misalnya saja pada mobil truk, pick up serta pada mobil angkutan umum atau sejenis mikrolet.

Kelebihan dari cat dengan bahan dasar ini adalah mempunyai sifat yang instan. Maksudnya tidak membutuhkan proses panjang, rumit dan berbelit belit saat proses pengecatan.

Karena sifatnya yang instan menjadikan cat jenis ini menjadi cat paling banyak digunakan. Terutama pada bengkel pengecatan mobil umum berskala kecil. Untuk kekurangan pada cat jenis ini adalah warna yang dihasilkan tidak terlalu mengkilap dan kurang menarik serta gampang warna pudar. Terutama jika sering terkena sinar matahari terus menerus.

Cat Bahan Dasar Poly Urethane ( Cat Oven )

Kedua yaitu  bahan dasar Poly Urethane, cat dengan bahan dasar ini sering juga disebut dengan istilah at oven. Sebab proses pengerjaannya biasanya dengan menggunakan teknik pengecatan oven.

Teknik ini dilakukan untuk memperoleh hasil maksimal  dan cat akan lebih cepat kering. Bahan dasar cat oven bisa dikatakan mahal dibanding dengan bahan dasar cat yang lain.

Untuk kelebihan yang dimiliki oleh cat PU dibandingkan dengan cat duco yaitu mempunyai daya tutup, hasil cat yang mengkilap serta kekerasan tinggi. Dengan kata lain cat jenis oven lebih tahan terhadap goresan ringan jika dibandingkan dengan cat jenis duco.

Kelebihan yang lainnya adalah bahan dengan jenis ini dapat bertahan hingga bertahu-tahu bahkan puluhan tahun. Karena kelebihan yang dimilikinya membuat cat jenis Poly Urethane sering digunakan oleh pabrikan mobil untuk mengecat mobil-mobil baru.

Bahan Solvent Organik

Bagi pemilik mobil yang menginginkan cat dengan hasil yang berkualitas bagus. Kebanyakan memilih Cat lacquer ialah jenis cat yang menggunakan bahan solvent organik semacam tinner.

Akan tetapi bahan solvent organik ini sangat berbahaya karena selain berbau yang menyengat hidung, tidak baik untuk kesehatan pernafasan manusia. Terutama bagi para pekerja pengecatan yang tidak menggunakan masker atau alat yang lainnya.

Karena itu, banyak produsen cat tadinya mengunakan cat dengan bahan dasar ini sudah menghentikan penggunaannya. Cat ini hanya digunakan untuk keperluan industri, juga produk otomotif dan beberapa jenis furniture.

Cat lacquer yaitu jenis cat yang sebisa sebaiknya anda dihindari. Mengingat efek samping yang  ditimbulkan kurang baik. Selain itu, cat jenis ini juga tergolong kurang awet serta cepat kusam. Sebab cat jenis rata-rata bertahan kurang lebih dua tahun.
walaupun ada kekurangan, cat jenis ini juaga mempunyai kelebihan. Cat jenis lacquer yang terbuat dari bahan solvent organik mudah sekali menguap maka membuat cat jenis lacquer lebih cepat keringnya. Bahkan kecepatan pengeringan dari cat lacquer lebih cepat dari kedua jenis cat yang ada diatas.

Selain itu, cat ini termasuk cat yang terbuat dari berbagai campuran bahan kimia. Jadi membuat cat lacquer memiliki pigmen sangat tangguh dan mampu bertahan atau mampu melekat pada permukaan body mobil hingga ke celah terkecil.  Sehingga sangat cocok dipakai untuk pengecat yang memang membutuhkan detail.

Sekian pembahasan mengenai bahan dasar cat mobil. Untuk anda yang ingin mengecat mobil maka pilihlah cat mobil yang menurut anda cocok. Untuk informasi yang akurat, anda dapat berkonsultasi pada orang yang memang tahu dibidang pengecatan mobil.

Agar hasil yang didapat tidak mengecewakan. Jika sudah mendapatkan hasil yang diinginkan, jangan lupa menjaga agar warna tidak mudah pudar dengan menggunakan cover mobil yang mana dapat melindungi mobil anda saat dari sinar matahari dan juga hujan.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!