Sebagai salah satu komponen paling penting pada mobil adalah ban mobil yang sejatinya harus selalu dalam kondisi yang prima. Ini karena ban mobil yang gundul bisa menyebabkan mobil gampang tergelincir terutama dalam situasi cuaca yang sedang hujan. Namun pada kenyataannya, menjaga penampilan dan kinerja ban tak semudah saat menjaga penampilan dan kinerja komponen mobil yang lainnya.

Contohnya, dari segi penampilan, exterior mobil dapat diminimalisir dari debu dan baret tak terduga lewat perlindungan cover mobil. Sedangkan pada ban, rasa-rasanya belum ada jenis alat proteksi yang sifatnya mumpuni demi melindungi ban berubah untuk menjadi mudah gundul. Padahal, ban mobil gundul beresiko mengurangi nilai kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara.

Ban Mobil Gundul Dapat Berakibat Fatal

Apa Saja yang Menyebabkan Ban Mobil Mudah Gundul?

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Sedikitnya ada tiga poin hal yang menjadi penyebab kenapa ban mobil menjadi cepat gundul. Yang pertama adalah dari faktor tekanan angin. Pastikan bahwa ban mobil Anda senantiasa mendapatkan jumlah tekanan angin yang pas, yakni tidak kurang maupun tidak lebih dari rekomendasi yang ada. Pasalnya, jumlah tekanan angin inilah yang nantinya mempengaruhi ban mobil terhadap laju mobil Anda.

Faktor selanjutnya adalah kebiasaan mengerem. Apabila Anda termasuk pengendara mobil yang hobi mengerem secara mendadak setelah melaju kencang, maka hentikan kebiasaan itu sekarang juga. Bukan hanya akan memperpendek umur rem, kebiasaan semacam ini juga akan membuat ban mobil gampang menjadi gundul.

Yang tak kalah penting, terdapat faktor keseimbangan posisi dan rotasi ban. Ban mobil mutlak hukumnya untuk selalu berada dalam keadaan yang seimbang antara sisi kanan dan kiri agar rotasinya sejajar.

Bagaikan kaca mobil yang terhindar dari noda membandel bila cara membersihkan kaca mobil dilakukan dengan benar, maka jika rotasi ban sejajar, ban mobil pun tak akan dengan cepat berubah menjadi aus sampai menjadi halus alias gundul.

Apa Acuan dari  Ban Mobil Gundul?

Ada beberapa acuan pada ban mobil yang dapat menjadi petunjuk bahwa ban mobil Anda telah aus dan harus segera diganti. Acuan paling awal, Anda wajib memperhatikan bagian tapak ban mobil. Lihat baik-baik apakah tapak tersebut telah menyentuh indikator ban.

Bagi yang belum tahu, indikator ban memiliki bentuk layaknya sebuah polisi tidur sehingga cukup mudah untuk ditemukan. Dalam keadaan hujan atau jalanan penuh air, air yang ada pada ban mobil dialirkan ke luar lewat tapak ban mobil. Namun jika tapak sudah sampai menyentuh indikator, maka air akan kesulitan untuk dialirkan keluar lewat tapak ban.

Acuan yang kedua adalah memeriksa tinggi tapak ban mobil. Tapak ban mobil harus berada pada ketinggian ideal yaitu setinggi 1,6 mm. Tapi ingat, mengukur tapak ban mobil wajib tidak serta merta hanya menggunakan alat pengukur biasa melainkan memakai alat pengukur khusus.

Semisal pada bagian tapak terdapat benda-benda tajam yang menempel seperti paku dan kerikil, maka segera copot atau hilangkan benda-benda tersebut. Sebab, benda-benda tersebut berpotensi membuat ban menjadi mudah retak-retak dan kehilangan permukaan aslinya yang berfungsi untuk mencengkeram aspal dengan baik.

Hasilnya, ban mobil menjadi mudah aus hingga gundul seutuhnya. Kalau sudah begini, akan menjadi semakin gawat jika masih juga dibiarkan sebab ban bisa berakhir pada keadaan sobek. Jadi, jangan sampai Anda lalai apalagi acuh tak acuh pada benda-benda yang menempel pada ban mobil Anda, ya.

Itu tadi merupakan penjelasan dari segenap penyebab dan acuan dari ban mobil yang gundul. Kondisi ban mobil gundul tentunya tidak dapat dihindari oleh setiap pemilik mobil. Akan tetapi, dengan mengerti betul akan penyebab dan acuan ban mobil gundul, maka para pemilik mobil bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk segera mengganti ban mobil.

Oleh karenanya, para pemilik mobil wajib untuk senantiasa mengecek keadaan ban mobil secara berkala agar aktivitas mengemudi terhindar dari petaka. Karena kembali perlu diingat bahwa ban merupakan salah satu komponen mobil yang paling utama.  

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!