Dalam memilih cover jok mobil tersedia dalam dua variasi yang umum dijual di pasaran, yaitu jok mobil dari kulit asli dan sintetis. Tentunya masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

cover jok mobil

Untuk material pelapis jok mobil dari bahan sintetis cukup beragam mulai dari bahan semi fabric, bahan sofa dan lainnya. Untuk material pelapis jok kulit yang menggunakan kulit asli biasanya menggunakan kulit dari hewan domba, kambing atau sapi.

Sehingga tak heran jika cover jok dari kulit asli tentunya memiliki harga yang lebih mahal daripada yang menggunakan bahan sintetis. Karena cover jok yang mengelola bahan sintetis lebih seperti barang tiruan yang biasanya dibuat menyerupai kulit asli akan tetapi menggunakan bahan dasar yang dicampur dengan bahan bahan kimia pewarna lilin maupun bahan lainnya yang dapat membuat tekstur cover menyerupai kulit asli.

Oleh karena itu harga dari cover jok yang terbuat dari bahan sintetis memiliki harga yang lebih murah dibandingkan yang kulit asli. Salah satu bahan untuk membuat kulit jok sintetis yang digunakan yaitu pleather atau plastic leather di mana bahan tersebut memang mirip seperti kulit asli.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Dikarenakan perbedaan harga yang cukup signifikan, anda perlu mengetahui beberapa faktor yang membedakan antara pelapis mobil yang terbuat dari kulit asli dan pelapis mobil dari bahan sintetis.

Tentu saja tujuannya untuk menghindarkan anda dari penjual cover jok mobil Jogja yang berpotensi merugikan Anda. Karena banyak juga produsen cover jok mobil Avanza yang memanfaatkan ketidaktahuan konsumen untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Anda sebagai konsumen yang tidak mengetahui cara membedakan pelapis mobil dari kulit asli dan sintetis, tentunya akan membayar lebih mahal tanpa mendapatkan kualitas yang lebih bagus dari sebuah produk cover jok untuk mobil.

Oleh karena itu sebelum anda memutuskan untuk membeli cover jok mobil Surabaya, pastikan anda mengetahui beberapa perbedaan antara jok kulit asli dan sintetis yang akan dijelaskan berikut ini.

Memanfaatkan Panas Api

Sebagai konsumen yang ingin mendapatkan produk cover jok mobil Avanza dari material kulit asli, artinya Anda harus dapat membedakan mana yang kulit asli dan mana yang kulit sintetis. Pastinya Anda juga tidak ingin tertipu dengan membayar harga yang lebih mahal untuk produk yang tidak berkualitas pesan?

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membedakan materi kulit yang asli dan yang sintetis adalah dengan memanfaatkan panas api. Karena panas dari api ini dapat dengan mudah membedakan mana yang asli dan mana yang.

Cara membedakannya cukup mudah yaitu dengan membakar cover jok, di mana untuk cover jok yang terbuat dari kulit sintetis akan lebih mudah terbakar daripada kulit asli. Cara ini cukup ampuh untuk membedakan keduanya.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua bengkel atau produsen penjual cover jok untuk mobil bersedia menyediakan sampel untuk dibakar. Namun anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan cara-cara selanjutnya untuk membedakan cover jok kulit asli dan kulit sintetis tanpa harus membakar sampel.

Meraba Tekstur Permukaan

Ada cara lain yang bisa anda lakukan tanpa harus membakar sample cover jok pada mobil yang akan anda beli. Yaitu dengan cara meraba tekstur permukaan dari cover jok.

Karena tentunya tekstur permukaan pada jok kulit asli dan sintetis akan berbeda. Pada pelapis jok mobil yang menggunakan material kulit asli akan terasa lebih kasar.

BACA LAGI  Tips Memilih Selimut Mobil Yang Bagus

Sementara pada pelapis jok mobil yang menggunakan bahan sintetis akan terasa lebih lembut dan lebih lengket. Meskipun pada pelapis jok mobil yang menggunakan kulit asli terasa lebih kasar, akan tetapi Dalam penggunaannya tetap terasa nyaman. Oleh karenanya tak heran apabila pelapis jok mobil dengan material kulit asli dari hewan akan memiliki harga yang lebih mahal.

Memeriksa Label Produk

Dengan memeriksa label produk juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi apakah suatu pelapis jok mobil berbahan kulit asli atau hanya berbahan sintetis. Karena umumnya untuk produk yang menggunakan bahan kulit sintetis biasanya menjelaskan detail bahan yang digunakan. Anda bisa melihat pada bagian label, biasanya untuk pelapis jok mobil dari kain sintetis tertulis istilah asing seperti fabric materials, manmade materials atau istilah lainnya.

Akan tetapi cara ini memang tidak bisa digunakan sebagai satu-satunya cara untuk membedakan mana pelapis jok mobil yang menggunakan kulit asli dan yang menggunakan kulit sintetis. Karena beberapa produsen tentunya akan menyembunyikan detail ini agar tidak diketahui oleh konsumennya.

Memeriksa Tepian Produk

Sepertinya ini menjadi cara yang paling dianjurkan bagi konsumen yang ingin mengetahui perbedaan dari jok kulit yang asli dan sintetis. Sebelum membeli, coba anda perhatikan tepian produk tersebut.

Pada pelapis jok mobil yang menggunakan kulit asli cenderung memiliki tepian yang kasar sedangkan pada kulit sintetis nampak sangat sempurna untuk sisi-sisi produknya. Karena seperti yang kita ketahui bahwa material sintetis tentunya akan lebih mudah di bentuk sehingga terlihat lebih rapi.

Apabila anda cukup detail dalam mengamati sisi-sisi pada pelapis jok mobil yang memiliki material sintetis, maka akan terlihat seperti berbahan dari plastik. Anda bisa memadukan cara yang satu ini dengan cara yang sebelumnya yaitu meraba permukaan pelapis jok mobil yang akan anda beli.

Memeriksa Pori-pori Bahan

Ada cara yang tak kalah penting lainnya dalam membedakan mana cover jok kulit pada mobil yang terbuat dari kulit asli dan sintetis, yaitu dengan memeriksa pori-pori bahan.

Perlu Anda ketahui bahwa jok mobil yang terbuat dari kulit asli akan memiliki pori-pori yang tidak beraturan. Sedangkan pada jok mobil yang terbuat dari kulit sintetis pori-porinya sangat rapi dan terlihat memiliki ukuran yang sama dengan jarak yang konsisten.

Mencium Aromanya

Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk mengetahui cover jok untuk mobil apakah terbuat dari kulit asli atau sintetis. Tahukah Anda, ternyata jok mobil kulit asli memiliki aroma yang sangat keras sehingga tidak dapat ditiru oleh kulit sintetis. Namun cara yang satu ini hanya bisa digunakan bagi Anda yang sudah terbiasa dalam mencium aroma berbahan kulit.

Karena mungkin cara ini akan sedikit sulit digunakan bagi konsumen yang tidak terbiasa dalam membeli produk produk berbahan kulit asli. Oleh karena itu, jika memang Anda tidak bisa menggunakan cara yang ini, Anda bisa menggunakan cara-cara sebelumnya yang dijelaskan untuk membedakan mana jok mobil kulit asli dan mana yang dari sintetis.

Demikian itulah yang bisa kami sampaikan tentang bagaimana cara membedakan cover jok mobil bahan kulit asli dan berbahan sintetis. Anda bisa menggunakan cara tersebut ketika membeli cover jok mobil Surabaya, cover jok mobil Bandung, cover jok mobil Jogja maupun daerah lainnya.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!