Kabin mobil adalah hal yang pertama kali dilihat ketika Anda membuka mobil. Ruangan tersebut menjadi salah satu daya tarik terbesar bagi para penikmat mobil.

Beberapa perusahaan produsen mobil terkenal dunia bahkan memaksimalkan interior kabin mereka dengan berbagai elemen mewah untuk meningkatkan daya jual dan daya saing di antara mereka.

Contohnya, jika Mercedes S – Class memanjakan user mereka dengan cover jok mobil seperti butik di dalam mobil , maka BMW pun tampil tidak kalah keren dengan warna hitam nan elegan.

Para produsen mobil berfikir bahwa kabin mobil bahkan jauh lebih penting daripada penampilan eksterior karena di dalam kabin mobil – lah kegiatan manusia lebih banyak terjadi. Maka , produsen – produsen mobil mewah benar – benar memanjakan para usernya semaksimal mungkin.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Lalu, apa yang perlu Anda perhatikan dari kabin mobil Anda?

Meskipun mungkin mobil Anda tidak semewah , semahal , sementereng  mobil – mobil eksklusif  yang bersliweran di kota – kota besar , Anda tetap wajib kudu harus memperhatikannya semaksimal mungkin.

Di bawah ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dari kabin Anda :

#1 Menjaga kebersihan Dashboard

Dashboard adalah bagian yang paling mudah mendpatkan perhatian karena dashboard berada pada jangkauan pengendara dan penumpang seat depan.

cover jok mobil bmw

Kebersihan dashboard penting diperhatikan, karena selain terlihat oleh pengendara juga dapat terlihat oleh orang luar jika kaca mobil tidak begitu gelap.

Cara membersihkan dashboard sangat mudah. Pertama  bersihkan dashboard menggunakan kemoceng. Cara ini ditujukan untuk menghilangkan debu dari permukaan dashboard. Setelah itu, gunakan lap lembab untuk mengelap permukaan dashboard.

Gunakan juga cairan anti bakteri yang dapat disemprotkan pada dashboard setelah dibersihkan.

Selain permukaan dashboard, bersihkan juga bagian storage compartemen yang sering kali beralih fungsi dari tempat penyimpanan barang menjadi tempat penyimpanan sampah.

Cara membersihkan compartemen storage cukup dengan membuang semua sampah yang ada di dalam tempat tersebut, mengeluarkan barang – barang , membersihkan dengan kemoceng lalu dilap menggunakan kain bersih dan kering.

Setelah dibersihkan, compartement storage tersebut siap digunakan dalam keadaan bersih, bebas debu, dan sehat.

#2 Perhatikan kebersihan cover  jok mobil

Jok atau tempat duduk di dalam mobil merupakan elemen mobil yang menyita hampir 70 persen tempat di dalam kabin mobil. Bagian ini juga menjadi daya tarik terbesar yang digunakan produsen mobil memikat para calon pembeli dengan beragam keunikannya.

cover jok mobil

Jok yang menjadi tempat duduk penumpan dan pengendara menyimpan berbagai potensi kuman dan bakteri.

Oleh karna itu, ada baiknya jok mobil diberi cover jok mobil untuk memudahkan menjaga kebersihan jok original dari efek keringat yang menempel lalu menguning dan mengerak.

Menjaga kebersihan cover jok mobil dapat dilakukan dengan cara sederhana seperti rajin membersihkan dengan kemoceng lalu dilap dengan kain bersih yang lembut.

Apabila ada dana lebih, jangan lupa untuk membeli vacuum cleaner khusus mobil, sehingga debu – debu yang tersimpan di dalam selempitan cover jok mobil dapat dibersihkan dengan tuntas. 

Jangan lupa mengelap cover jok mobil dengan kanebo yang telah diberi cairan khusus untuk perawatan kulit supaya aromanya segar dan tidak berbau keringat.

Ketika melakukan pengelapan menggunakan cairan khusus, buka sebentar pintu mobil supaya udara bisa masuk dan mempercepat penyerapan cairan tersebut pada kulit cover jok mobil.

BACA LAGI  Tempat Jual Cover Mobil Krisbow Dengan Harga Menarik

#3 Bersihkan selalu kaca depan dan samping bagian dalam

Pentingnya menjaga kebersihan dan kekinclongan bagian dalam kaca depan dan samping sangat erat kaitannya dengan keamanan berkendara.

cover jok mobil audi

Jarak pandang pengendara akan sangat terganggu apabila kaca depan kotor dan berdebu.

Cara membersihkan kaca depan bagian dalam ini sangat mudah. Gunakan cairan khusus untuk kaca dan usapkan dengan kain lembut pada permukaan kaca lalu bersihkan menggunakan kain lembut supaya permukaan kaca tidak tergores.

Sebelum dibersihkan menggunakan cairan khusus, bersihkan permukaan kaca tersebut dari debu – debu terlebih dahulu.

#4 Periksa Kebersihan bagian pedal atau pijakan kaki

Pedal atau pijakan kaki pada mobil adalah elemen mobil yang cukup tersembunyi. Di tempat ini biasanya terdapat kerikil – kerikil kecil yang menempel pada sandal atau sepatu pengendara.

Cara membersihkan pedal cukup mudah. Sapu bagian pedal dan ruangan sekitar pedal menggunakan sapu khusus. Atau, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot kerikil – kerikil kecil tersebut.

Ada baiknya jika Anda akan menginjak pedal, gesekkan alas sepatu kanan ke alas sepatu kiri Anda beberapa kali supaya kerikil yang menempel bisa lepas sebelum kaki anda menginjak pedal atau pijakan kaki mobil.

Rutin membersihkan bagian pedal atau pijakan kaki ini juga memberikan manfaat jika Anda menemukan kondisi pedal dalam keadaan tidak baik, Anda dapat segera melakukan perbaikan pada bagian tersebut.

$5 Rutin membersihkan bagian stir

Steering wheel atau stir mobil adalah benda utama yang ada sentuh dan pegang ketika Anda mengendarai kendaraan beroda empat ini.

Kebersihan bagian stir sangat wajib dijaga mengingat benda ini adalah benda yang paling memungkinkan menyimpan keringat, bakteri, kuman dari keringat ,  debu ,  dan lain – lain, dari pengendara.

Cara membersihkan bagian stir cukup gampang. Gunakan kanebo lembab, bersihkan area kemudi lalu semprot dengan cairan anti bakteri. Ketika membersihkan stir, jangan lupa untuk mengecek fungsi tombol yang tersemat pada stir tersebut.

#6 Menjaga kebersihan lubang ventilasi AC

AC adalah salah satu bagian penting mobil. Jika sebuah mobil tidak memiliki AC, kabin akan terasa panas dan pengap dan juga bau bensin.

Kebersihan lubang  ventilasi AC ini kadang terlewat mengingat banyaknya bagian mobil yang harus diperhatikan.

Cara membersihkan lubang ventilasi ini sebenarnya mudah, cukup dibersihkan dengan kemoceng. Akan tetapi , apabila menginginkan udara yang lebih dingin dan bersih, maka buka bagian AC dan bersihkan perlahan dengan kemoceng dan lap bersih.

Melakukan perawatan ringan seperti ini tampak menyita waktu dan tenaga meskipun sesungguhnya hal tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga mobil dalam keadaan prima.  

Selain itu, melakukan perawatan interior secara rutin juga menjaga kesehatan pengendara dan penumpang, yaitu Anda dan anggota keluarga Anda.  

Jika mobil adalah kendaraan sehari – hari Anda, maka secara logika, Anda menghabiskan banyak waktu terperangkap di dalamnya. Tidak dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika Anda tidak menjaga kebersihan interior mobil dengan baik.

Pada akhirnya, ketika Anda memilih untuk membeli mobil sebagai kendaraan sehari – hari, maka sediakan pula waktu untuk membersihkannya jika Anda belum dapat menggaji orang lain untuk membersihkan interior mobil Anda.

Jangan lupa, setelah bagian interior dibersihkan dengan baik, tutup mobil Anda dan cover mobil yang khusus dibuat untuk mobil Anda. Ukurannya yang pas body mobil akan dapat mengurangi jumlah debu yang masuk ke dalam mobil karna terbawa angin.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!