fbpx

Cover mobil sudah hampir menjadi seperti wajib dimiliki oleh para pemilik kendaraan roda empat. Bahkan tidak segan orang membeli sebuah cover untuk menutupi bodi mobilnya dengan harga yang tidak murah. Karena meyakini bahwa cover atau selimut mobil tersebut akan menjaga kondisi dari kendaraannya terutama pada permukaan catnya dari kotoran, panas dan hujan yang berasal dari luar.

Karena sudah terlanjur memiliki persepsi bahwa pemakaian cover mobil akan menguntungkan bagi kendaraan itu sendiri maka sebagai pemilik mobil akan berusaha juga mencari cover dengan harga yang dirasa menjamin kualitasnya. Harga mahal tak masalah asal mobil terlindungi mungkin begitu yang terlintas di dalam pikiran. Tetapi apakah pendapat bahwa cover atau disebut juga selimut mobil selalu akan memberikan keuntungan terhadap kendaraan.

Selimut mobil atau sarung mobil sebenarnya lebih dibutuhkan untuk kendaraan yang terpaksa harus diparkir diluar terlebih tidak terlindungi atap sama sekali. Mobil yang diparkir secara full outdoor tentunya akan langsung terkena terpaan sinar matahari dan air hujan juga kotoran-kotoran seperti kotoran hewan misalnya sehingga keberadaan dan penggunaan cover memang sangat dibutuhkan. Tetapi ternyata banyak juga cover yang ditawarkan untuk penggunaan indoor meskipun mobil sudah terlindungi oleh garasi yang tertutup.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Sebagaimana hukum anomali bahwa setiap hal hampir tidak mungkin hanya memiliki sisi baik dan keuntungan saja. Pasti ada juga sisi negatifnya atau kerugiannya walaupun hanya sedikit termasuk dalam penggunaan cover mobil. Apa sebenarnya keuntungan dan kerugian yang mungkin terjadi jika selalu menggunakan cover pada mobil? Berikut ulasannya.

Manfaat Menggunakan Cover Mobil

Sebagian banyak orang pasti sudah mengetahui apa manfaat dari penggunaan cover untuk mobilnya. Meskipun mungkin beberapa orang hanya ikut-ikutan trend memakai sarung mobil tanpa mengetahui manfaat yang diperoleh untuk kendaraannya. Yang diketahui hanya sebatas melindungi bodi mobil saja.

Melindungi Bagian Permukaan Cat Mobil

Yang paling jamak diketahui orang dari manfaat menggunakan cover penutup bodi mobil adalah melindungi mobil dari cuaca panas atau hujan dan juga kotoran seperti debu dan lainnya. Tetapi sebenarnya yang lebih utama adalah melindungi permukaan cat dari efek buruk sinar ultraviolet matahari. Permukaan cat yang terkena paparan sinar UV dari matahari secara terus menerus dan dalam jangka waktu lama akan rusak bahkan bisa mengalami pengelupasan. Kalau sudah begitu mobil anda akan terlihat sangat buruk dan anda harus menyiapkan anggaran untuk melakukan pengecatan ulang mobil anda.

BACA LAGI  Apakah Merk Cover Mobil Terbaik Pilihan Pecinta Otomotif

Untuk Menjaga Kondisi Dari Bodi Mobil

Anda mungkin pernah mengalami tiba-tiba menemukan ada bagian dari bodi mobil anda yang lecet karena bergesekan dengan sesuatu tetapi anda tidak merasa telah mengalami tabrakan atau sejenisnya. Lalu darimana bekas itu berasal? Bisa jadi ada sesuatu yang tidak sengaja menyerempet atau mengenai bodi mobil anda sehingga meninggalkan bekas goresan di bodinya.

Hal ini bisa diminimalisasikan dengan cara menggunakan cover mobil untuk menutupi bodi kendaraan yang sedang diparkir. Karena bisa saja saat anak-anak ingin bermain sepeda dan mengeluarkan sepeda yang diparkir didekat mobil anda karena kurang hati-hati sepeda tersebut mengenai bodi mobil milik anda.

Kerugian Menggunakan Cover Mobil

Menurut Iwan Abdurrahman sebagai Manager Service dari Toyota Astra Motor, menggunakan sarung mobil secara terus menerus dalam kondisi tertentu justru akan mendatangkan masalah bagi mobil itu sendiri. Jadi memang perlu benar-benar dipahami situasi dan kondisinya sebelum memutuskan untuk memberikan selimut pada mobil atau tidak.

Kurang Baik Untuk Cat

Ternyata tidak disarankan untuk menggunakan cover atau sarung mobil secara terus menerus saat musim hujan. Saat terjadi hujan mobil memang terlindungi oleh cover tersebut tetapi bagaimanapun hujan membuat cover menjadi basah. Jika kondisi cover mobil basah dan didiamkan dalam jangka waktu tertentu maka lama kelamaan selimut mobil tersebut akan menempel pada permukaan cat dan ini bisa merusak permukaan cat dari mobil tersebut.

Yang harus dilakukan setiap kali mobil anda sehabis kehujaan, cuci atau basuh mobil anda kemudian lap hingga benar-benar kering baru bisa ditutup dengan cover kembali. Dengan begitu mobil tidak tertutup dalam kondisi lembab terlalu lama apalagi air hujan bersifat asam yang bisa menyebabkan korosi pada logam. Anda tentunya tidak ingin mobil anda mengalaminya kan?

Membuat Cat Jadi Belang

Tidak selalu karena air hujan tetapi juga panas matahari yang mengenai permukaan cover secara terus menerus akan membuatnya menempel pada permukaan bodi mobil. Jika terjadi dalam waktu lama bukan tidak mungkin sedikit demi sedikit permukaan cover mobil akan tertinggal di permukaan cat dan membuatnya menjadi belang.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!