fbpx

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang sangat menggemari kegiatan-kegiatan penjelajahan alam. Itu artinya Anda adalah orang yang berjiwa bebas dan menyukai tantangan.

Orang dengan karakter seperti itu biasanya akan sangat menyukai jenis aktivitas yang akan bisa membuatnya mengekspresikan diri bisa melalui olahraga atau dengan melakukan perjalanan petualangan menjelajah alam. Mereka akan sangat menyenangi kegiatan offroading.

Offroading adalah kegiatan petualangan dengan menggunakan mobil dimana trek atau medan jalan yang harus dilalui bukanlah jalanan yang halus dan mudah dilalui. Dalam offroading seseorang akan menghadapi medan kasar, berkelok-kelok, berlumpur dan mungkin juga berbukit-bukit.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Hal semacam ini akan memacu adrenalin dan memberikan kepuasan kepada orang dengan jiwa bebas. Dengan melihat medan jalanan yang harus dilalui tentu saja tidak sembarang jenis dan tipe mobil bisa dipakai untuk aktivitas petualangan offroad ini.

Bagi Anda yang tertarik dengan hobi offroad maka sebaiknya mulai dari sekarang mencari info tentang kegiatan petualangan tersebut termasuk jenis dan tipe mobil apa yang cocok untuk dipakai offroad. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Ciri Mobil Yang Pas Untuk Petualangan Atau Offroading

Memiliki Bodi Yang Gagah Dan Kuat

Karena nantinya akan digunakan untuk melewati jalur yang cukup berat maka jenis mobil yang cocok adalah mobil-mobil dengan bodi yang terlihat gagah dan kuat. Tidak mungkin menggunakan mobil dengan bodi kecil untuk offroad. Contoh dari mobil dengan bodi gagah dan kuat antara lain Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, atau Jeep.

Memiliki Kabin Yang Nyaman

Karena saat berpetualang atau melakukan offroad Anda melalui jalanan yang tak jarang akan menimbulkan goncangan maka kenyamanan dalam kabin mobil sangat penting. Jika mobil tidak nyaman maka Anda akan cepat merasa kelelahan.

Memiliki Mesin Handal Dan Penerangan Yang Cukup

Medan yang berat tentu saja membutuhkan mesin yang kuat dan handal. Bayangkan jika Anda sedang berada di tengah medan yang jauh dari kawasan penduduk kemudian mesin tekor dan ngadat tentunya akan menjadi masalah.

Selain mesin hal lain yang harus diperhatikan adalah lampu pada mobil apakah memiliki performa yang cukup bagus untuk menerangi medan yang gelap pada malam hari atau tidak.

BACA LAGI  Cover Krisbow Bekas Berbagai Macam Ukuran

Memiliki Kemampuan Untuk Menjelajahi Segala Bentuk Medan

Kita tidak akan bisa secara tepat memperkirakan seperti apa nantinya medan offroad yang dilalui. Bisa saja lebih berat dari perkiraan atau lebih ringan. Kita juga tidak bisa menghindari cuaca, kemungkinan hujan turun, jalanan yang licin dan sebagainya.

Untuk itu pilihlah mobil yang memberikan performa bagus dalam segala medan berat. Misalnya kemampuan untuk mengerem secara mendadak yang akan sangat membantu saat melewati jalanan yang licin. Jika sudah mengetahui jenis mobil bagaimana yang cocok untuk melakukan hobi offroad maka Anda juga harus tahu hal apa saja yang harus diperhatikan.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Offroad

Siapkan Dana Yang Cukup

Harga mobil yang sesuai untuk aksi petualangan dan offroad mayoritas tidak murah. Dana yang harus disiapkan tidaklah sedikit. Kisaran harga mobil-mobil dengan bodi besar yang pas untuk offroad ini mayoritas dibanderol sebesar Rp. 500 jutaan. Itu belum biaya untuk melakukan modifikasi pada mobil yang tak jarang bisa menghabiskan dana sekitar Rp. 400 juta hingga Rp. 500 juta.

Perlengkapan Mobil Offroad

PTO Atau Winch

Ini adalah peralatan offroad yang sangat penting ada pada mobil karena berfungsi sebagai penarik mobil saat kendaraan kita terjebak di dalam lubang atau medan lainnya yang membuatnya tidak bisa bergerak. PTO ini biasanya dipasang di bumper mobil.

Tool Kits

Saat melakukan offroad jangan tinggalkan tool kits yang berisi kunci-kunci di rumah karena Anda akan sangat membutuhkannya. Kunci L, kunci tang dan kunci yang lain akan sangat dibutuhkan saat mobil mengalami gangguan.

Cover Mobil

Karena Anda tidak mungkin akan selalu berada di dalam mobil selama perjalanan offroad maka Anda harus menyiapkan perlindungan bagi mobil yaitu cover mobil outdoor. Gunakan saat Anda sedang beristirahat di suatu tempat dalam waktu yang cukup lama sehingga mobil yang Anda parkir di tempat terbuka bisa terlindungi dari kotoran dan hal lain yang bisa merusak bodi.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!