fbpx

Mobil tua atau mobil klasik tentu masih banyak dianggap remeh oleh sebagian orang, terutama yang masih awam soal otomotif. Padahal, meski tahun produksinya mungkin bisa melebihi umur kita, namun dari segi performa mobil klasik tidak dapat diremehkan begitu saja. Demikian juga dengan tampilan luarnya.

Tak jarang, mobil tua memiliki model dan penampilan yang tak kalah keren dengan mobil-mobil keluaran terbaru. Bahkan beberapa di antara mobil-mobil buatan jaman dulu masih dicari hingga saat ini, terutama untuk dimodifikasi dan dijadikan barang koleksi yang berharga. Hal tersebut yang membuat semakin hari justru semakin banyak penggemar mobil klasik.

Selain karena murah, mobil tua juga memiliki unsur artistik yang lebih menonjol dibandingkan mobil-mobil buatan tahun 2000-an ke atas. Meski kebanyakan memang performa mobil tua cenderung menurun, namun tak sedikit juga yang performanya masih cukup bagus sehingga tidak perlu dimodifikasi terlalu banyak dan dapat digunakan sehari-hari.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Akan tetapi bagi Anda yang merasa kurang puas dengan tampilan standar mobil tua Anda, Anda dapat melakukan beberapa perombakan pada mobil Anda.

Tips Modifikasi Mobil Tua agar Tampil Lebih Gaya

Rencanakan Desain atau Konsep

Sebelum Anda memodifikasi mobil tua Anda, tentukan terlebih dahulu seperti apa desain yang Anda inginkan. Ini biasanya berkaitan dengan tampilan luar mobil Anda. Ada beberapa jenis aliran dalam modifikasi mobil, di antaranya adalah Luxury, Elegant, Classic, Itasha, Retro, dan sebagainya.

Selain dengan riset melalui internet, Anda juga dapat berkonsultasi dengan modifikator mobil dan menerima masukan tentang desain modifikasi yang terbaik.

Persiapkan Anggaran

Baik untuk mobil klasik maupun mobil terbaru sekalipun, budget merupakan hal yang paling utama. Perencanaan keuangan yang salah justru akan menyebabkan berbagai hal yang kurang mengenakkan seperti mobil yang tak kunjung jadi, kualitas modifikasi yang tak sesuai harapan dan sebagainya.

Untuk memodifikasi mobil klasik biasanya memang terkadang memerlukan budget yang lebih tinggi daripada untuk memodifikasi mobil keluaran terbaru. Yang paling penting sebisa mungkin jangan memodifikasi mobil klasik melebihi harga mobil itu sendiri.

Siapkan List Komponen yang Diperlukan

Tak hanya daftar biaya saja yang perlu disiapkan, daftar komponen juga perlu. Mungkin saja ada beberapa komponen yang sulit ditemukan di kota Anda sehingga harus membeli secara online atau memesan dari luar kota dan luar negeri.

BACA LAGI  4 Informasi Lengkap Modifikasi Mobil Avanza Yang Perlu Agan Ketahui

Ingat, komponen yang dipesan dari luar daerah juga dapat membuat pengeluaran semakin membengkak. Oleh sebab itu, utamakan membeli komponen yang lebih mudah didapat sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat sebelumnya.

Mulailah dari Mesin

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, mobil tua seringkali sudah menurun performanya sehingga perlu perhatian lebih. Oleh sebab itu, sebelum memodifikasi tampilan luar atau eksterior mobil, sebaiknya mulailah dengan memodifikasi mesin. Tujuannya adalah untuk upgrade performa mesin mobil tua.

Namun, berhati-hatilah. Jangan memodifikasi mesin mobil terlalu ekstrim. Untuk para pemula, sebaiknya pilih modifikasi yang sederhana seperti ganti busi atau koil agar sistem pengapian lebih baik. Selain itu, Anda juga dapat memberi lapisan krom atau karbon pada mesin agar tampak lebih mengkilap. Namun, krom juga harus dirawat dan dibersihkan agar tidak berkarat.

Modifikasi atau Perbaharuan Suku Cadang

Untuk menjaga performa mobil tua Anda agar tetap nyaman dikendarai, Anda juga harus memperhatikan mengenai modifikasi atau pembaharuan suku cadang atau spare part. Sebab spare part pada mobil klasik rata-rata telah aus dan perlu penggantian.

Modikasi Lainnya

Setelah memodifikasi bagian mesin dan suku cadang, sekarang Anda bisa melakukan modifikasi lainnya. Seperti pada sektor kaki-kai (velg), bumper, spoiler, side skirt dan sebagainya.

Tidak perlu harus semua Anda modifikasi. Jika memungkinkan untuk mengecat ulang, maka cat ulang saja, tidak perlu harus diganti body kit-nya. Selain memodifikasi bagian luar, Anda juga dapat memodifikasi bagian interior mobil.

Aksesoris Lain

Nah, setelah memodifikasi mesin, tampilan luar dan kabin mobil, Anda juga dapat mempertimbangkan pemberian aksesoris lain yang berguna, seperti port USB, audio, GPS, LCD dan sebagainya. Pastikan saja itu tidak akan melebihi anggaran.

Satu lagi aksesoris mobil yang perlu masuk ke dalam skala prioritas Anda: cover mobil. Cover penutup mobil ini akan membantu Anda mempertahankan tampilan luar mobil tua kesayangan Anda yang sudah dimodifikasi supaya tahan lama.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!