fbpx

Anda pasti tidak menginginkan jika mobil Anda ternoda oleh baret. Goresan pada mobil ini juga dialami hampir pemilik mobil. Meskipun terkadang mobil sudah mendapat penjagaan yang super ketat bahkan sudah ditutup dengan selimut mobil pun, namun yang namanya baret seringkali datang baik goresan ringan, sedang, atau dalam.

Pastinya goresan ini akan mengganggu tampilan mobil Anda dan tidak enak dipandang. Goresan di mobil biasanya disebabkan oleh kecelakaan kecil atau juga bisa karena ketidaksengajaan tangan manusia yang mengenai bodi mobil. Penggunaan sehari-hari juga bisa menyebabkan goresan karena banyak kerikil dan debu yang mengenai bodi mobil.

Namun jangan khawatir, karena goresan mobil ini bisa dihapus dengan mudah menggunakan cara-cara tertentu meskipun tidak mudah menghilangkannya. Cara menghilangkannya juga tergantung dari kedalaman goresan pada mobil Anda. Anda tidak perlu ke bengkel karena ini masih bisa ditangani sendiri. Namun bagi Anda yang masih awam di dunia otomotif maka harus memahami tips-tips berikut ini.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Tips Menghilangkan Baret Mobil

Mengukur Kedalaman Goresan

Bodi mobil memiliki 4 lapisan yang terdiri dari lapisan bening, lapisan warna, lapisan primer, dan lapisan baja. Goresan pada mobil akan lebih mudah dihilangkan jika mencapai kedalaman pada lapisan bening dan lapisan warna. Biasanya lecet ini disebabkan oleh kerikil yang mengenai bodi mobil dan juga bisa karena goresan tangan manusia yang tidak disengaja.

Namun jika Anda menemukan goresan yang lebih dalam, maka solusinya supaya Anda membawa kendaraan ke bengkel untuk ditangani oleh ahlinya.

Goresan Ringan

Ada beberapa tipe goresan pada mobil. Goresan ringan ini adalah tipe yang goresan biasa yang tidak mengenai lapisan cat. Goresan jenis ini yang paling mudah dihilangkan karena masih tergolong ringan. Untuk menghilangkannya cukup menggunakan produk-produk pemoles seperti wax, compound, touch pen, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan produk tersebut pada bodi mobil kemudian gosok hingga goresan hilang. Lalu, Anda juga bisa memolesnya menggunakan pengkilat cat mobil.

Goresan Sedang

Goresan ini biasanya sudah mencapai bagian dasar mobil. Goresan ini bisa saja disebabkan oleh beberapa beda yang memiliki kekuatan lebih seperti kawat, ranting pohon, dan benda lainnya. Jika Anda ingin membersihkan goresan ini, maka sebaiknya Anda membersihkan bodi mobil Anda terlebih dahulu menggunakan wax dan remover.

Goresan Dalam

BACA LAGI  Tren Mobil Listrik, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk goresan ini lebih dalam jika dibandingkan yang lain, dan cara menghilangkannya pun sedikit lebih susah. Biasanya goresan ini disebabkan oleh kecelakaan. Goresan ini sudah menembus bagian dasar cat sehingga cara yang harus Anda lakukan yaitu dengan melakukan pengecatan ulang. Namun sebelum melakukannya sebaiknya Anda mengamplasnya terlebih dahulu.

Untuk masalah ini mungkin tidak semua orang bisa melakukannya. Jadi sebaiknya Anda membawa mobil Anda ke bengkel untuk mendapatkan perawatan yang baik.

Benda Penghilang Baret Mobil

Untuk menghilangkan baret mobil ini, Anda bisa memanfaatkan benda-benda yang mungkin tersedia di rumah Anda seperti pasta gigi, minyak rem, dan yang lainnya. Pasta gigi merupakan benda yang multifungsi.

Untuk menghilangkan goresan, maka Anda hanya perlu menyiapkan kain yang lembuh untuk menuangkan pasta gigi yang kemudian menggoreskannya ke bodi mobil. Sebelumnya, pastikan juga bahwa bodi mobil Anda dalam keadaan bersih.

Langkahnya, Anda harus membasahi kain terlebih dahulu sebelum menuangkan pasta gigi tersebut. Setelah itu, Anda bisa melakukan pemolesan secara merata pada seluruh bagian yang terkena baret.

Begitu juga dengan menggunakan minyak rem, sama-sama mudah diaplikasikan.  Cara penggunaannya menggunakan minyak rem ini harus dituangkan pada kain kering yang Anda gunakan. Namun, perlu dihindari untuk menuangkannya secara langsung pada bodi mobil. Sifat minyak rem ini sangat keras sehingga bisa saja justru akan merusak bodi mobil Anda.

Demikian itu beberapa tips yang bisa Anda pelajari untuk sewaktu-waktu digunakan saat mobil Anda terkena lecet. Untuk pencegahan terjadinya lecet ini, sebaiknya ketika tidak digunakan Anda bisa memakai mantel mobil agar terhindar dari goresan-goresan ringan sekali pun.

Sebelum Anda harus membersihkan goresan tersebut, ada baiknya jika pencegahan goresan dan perawatan yang maksimal dilakukan. Lalu, Anda juga harus berhati-hati saat menggunakannya.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!